Hardware Komputer (Perangkat Keras) dan Fungsinya Beserta Gambarnya

Hardware Komputer  (Perangkat Keras)

Hardware komputer  atau perangkat keras dan fungsinya - Komponen penyusun sistem komputer secara umum terdiri dari 3 bagian yaitu hardware, software dan brainware. Ketiga komponen inilah yang dapat menjalankan komputer. Komputer tanpa ketiga komponen tersebut tidak dapat dijalankan, ketiga komponen tersebut merupakan suatu kesatuan yang dapat membuat komputer hidup dan dapat dijalankan untuk bekerja dengan komputer tersebut.

Pengertian Hardware komputer (perangkat keras)


Pengertian hardware komputer (perangkat keras) adalah komponen fisik yang dapat dilihat, disentuh dan mempunyai wujud atau bentuk yang nyata yang digunakan untuk menjalankan dan memproses perintah pada komputer. Nah, bisa dibilang hardware komputer ini adalah komponen atau perangkat elektronik pada komputer.

Selain menjelaskan mengenai pengertian hardware disini saya uga akan menjelaskan mengenai software dan brainware komputer. Untuk pengertian software komputer (perangkat lunak) adalah kumpulan data elektronik yang sisimpan dan diatur oleh komputer, untuk data elektronik yang disimpan pada komputer ini dapat berupa prgram atau instruksi yang dapat menjalan suatu perintah

Pengertian brainware (pengguna) adalah orang yang menggunakan komputer, jadi komputer tidak akan berjalan jika komputer tidak dijalan oleh manusia. 

Pada kesempatan ini akan dibahas secara lebih spesifik mengenai hardware komputer (perangkat keras) dan juga pembagian hardware komputer tersebut.

Pembagian hardware komputer (perangkat keras)


Ada banyak hardware yang ada pada komputer, untuk memudahkan memahami apa saja hardware komputer itu maka hardware komputer ini dikelompokan menjadi 4 bagian yaitu :

1. Input Device (Perangkat masukan)
2. Process Device (Perangkat proses)
3. Output Device (Perangkat keluaran)
4. Storage Device (Perangkat penyimpanan)

Untuk lebih terperinci lagi dalam memahami keempat bagian dari hardware komputer maka saya akan jelaskan lagi secara terperinci lagi keempat hardware komputer pada pembahasan dibawah ini.

1. Input Device (Perangkat masukan)


Pengertian input device adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk memberikan perintah pada komputer. Fungsi dari input device adalah memberikan perintah pada komputer, untuk contoh perangkat keras yang digunakan untuk memberikan perintah pada komputer adalah keyboard, mouse, scaner, stick dan lain-lain.

a. Keyboard

Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Keyboard komputer

Keyboard adalah perangkat keras komputer yang mempunyai macam-macam tombol yang terdiri dari huruf, angka dan simbol dimana setiap tombol ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.

b. Mouse
Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Mouse komputer

Mouse komputer merupakan perangkat keras komputer yang digunakan untuk memindahkan pointer atau kursor serta menjalankan perintah klik kanan dan klik kiri.

c. Scanner


Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Scanner

Scanner adalah alat yang digunakan untuk mengcopy atau menyalin gambar atau teks yang selanjutnya disimpan pada memori komputer. Hasil dari scanner ini bisa berupa image berformat PNG, JPG atau dokumen yang berformat PDF.

d. Optical Disc Drive


Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Optical disk drive

Optical disk drive (ODD) adalah sebuah penggerak cakram yang didalamnya menggunakan sinar laser atau gelombang elektromagnetik yang digunakan untuk proses membaca atau menulis data ke dalam atau dari cakram optis. Fungsi dari ODD adalah untuk membaca CD/DVD atau untuk memburning file ke CD/DVD.

d. Joystick 


Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Joystick

Joystick dalah perangkat masukan pada komputer yang berbentuk tuas atau tongkat yang dapat bergerak ke segala arah yang dilengkapi dengan tombol untuk mengatur pergerakan objek pada komputer.


2. Process Device (Perangkat proses)


Pengertian process device adalah perangkat keras yang digunakan untuk memproses data atau perintah menjadi suatu informasi yang bermanfaat bagi manusia. Untuk fungsi dari process device ini adalah memproses data yang telah di inputkan dan untuk contoh dari proces device seperti motherboard, prosesor, RAM, power supplay dan VGA.

a. Motherboard


Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Motherboard

Motherboard adalah komponen elektronik komputer yang berbentuk sirkuit PCB (Printed Circuit Board) yaitu komponen yang penuh dengan komponen-komponen elektronik yang saling terhubung dan menjadi tempat komponen lain seperti RAM, Prosesor, VGA dan lain-lain. Untuk fungsi dari motherboard ini sebagai penghubung komponen penyusun komputer.

b. Prosesor


Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Prosesor

Prosesor adalah komponen komputer yang menjadi otak dari komputer itu sendiri yang bertugas menjalankan dan mengendalikan kerja komputer. Untuk satuan kecepatan prosesor ini adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) dimana semakin besar kecepatan dari prosesor ini maka semakin cepat kinerja komputer ini.

c. RAM


Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
RAM

RAM (Random Acces Memory) adalah suatu komponen komputer berupa memori penyimpan data sementara ketika komputer bekerja atau sedang dijalankan dan dapat diakses secara acak (random). Maksud penyimpanan sementara ini adalah data ini akan hilang ketika terjadi mati lampu, misal Anda sedang mengetik menggunakan microsoft word maka ketika anda mengetik data  Anda disimpan sementara pada RAM, nah ketika mengetik dan kemudian mati lampu maka data ketikan tadi akan hilang.

d. Power supplay


Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Power supplay
Power supplay atau pencatu daya adalah komponen komputer yang digunakan untuk mensupplay listrik ke komponen komputer yang membutuhkan daya listrik seperti moterboard, hardisk, kipad dan lain-lain.

e. VGA


Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
VGA

VGA (Video Graphic Accelerator) adalah komponen komputer yang melakukan rendering atau pemprosesan output berupa visual yang hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer. Fungsi dari VGA ini untuk menampilkan ouput di layar monitor komputer.


3. Output Device (Perangkat keluaran)


Pengertian output device adalah perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan atau mencetak data yang telah dilakukan oleh CPU. Fungsi dari output device ini adalah perangkat untuk menampilkan hasil pengolahan data. Contoh dari output device ini seperti monitor, printer, plotter dan proyektor.  

a. Monitor


Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Monitor

Monitor adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk menampilkan output data secara grafis yang telah di olah oleh CPU. 

b. Printer


Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Printer
Printer adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk mencetak data dalam bentuk teks atau gambar yang biasanya menggunakan kertas.

c. Plotter


Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Plotter
Plotter adalah mesin cetak gradi yang menggunakan pena-pena tinta yang dapat mencetak output dalam skala besar seperti poster, gambar banner dan lain-lain.

d. Proyektor


Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Proyektor

Proyektor adalah perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan dan memperbesar layar komputer dengan mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optik, elektronik dan display yang tujuannya untuk memproyeksikan layar komputer ke dinding atau layar.

4. Storage Device (Perangkat penyimpnan)


Pengertian storage device adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk media penyimpan data yang diproses oleh CPU. Contoh storage device seperti hardisk, flasdisk, CD, DVD.

a. Hardisk


Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Hardsik
Hardisk adalah perangkat keras komputer yang menyediakan ruang untuk penyimpanan data yang telah di proses oleh CPU. Hardisk merupakan penyimpanan sekunder pada komputer yang artinya data yang sudah disimpan di hardisk ini tidak hilang ketika mati lampu atau komputer dimatikan. Jadi begini ketika Anda mengetik di mocrosoft word data masih disimpan di RAM, dan ketika Anda selesai kemudian mensave data tersebut maka data tersebut disimpan di hardisk dan data tersebut tidak hilang ketika Anda mematikan komputer.

b. Flashdisk
Hardware Komputer  (Perangkat Keras)
Flasdisk
Flashdisk biasa disebut USB Drive adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data komputer secara ekternal, artinya data tersebut dapat dipindah atau dibuka di komputer lain.

c. CD

Demikianlah pembahasan mengenai hardware atau perangkat keras yang ada pada komputer, semoga dapat membantu Anda dalam memahami materi tentang hardware komputer

0 Response to "Hardware Komputer (Perangkat Keras) dan Fungsinya Beserta Gambarnya"