Pengertian Topologi Mesh Beserta Kelebihan dan Kekuranganya



Jika pada kesempatan sebelumnya kami telah membahas tentang topologi ring, maka pada kesempatan ini kami akan membagikan artikel yang membahas mengenai topologi mesh.

Pengertian Topologi Mesh


Topologi mesh disebut juga dengan topologi jala karena bentuknya yang menyerupai jala. Untuk pengertian topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat saling terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang berada dalam satu jaringan. 

Pada topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi secara langsung dengan perangkat lain karean perangkat saling terhubung secara langsung atau bisa disebut dengan istilah dedicated links. Komunikasi yang ada pada topologi mesh berjalan relatif cepat dan biasanya digunakan untuk membangun jaringan dengan skala yang tidak terlalu besar.

Dalam membangun topologi mesh kita dapat melakukan beberapa perhitungan dengan menggunakan rumus n(n-1)/2 , misalnya terdapat 6 buah komputer dalam satu jaringan, maka kabel yang akan digunakan untuk membangun jaringan dengan topologi mesh adalah 6 (6 - 1) / 2 = 15 koneksi, kemudian masing - masing komputer diharuskan memiliki Port I/O sejumlah 6-1= 5 Port I/O rumaus yang digunakan adalah n-1.

Ciri - Ciri Topologi Mesh


Topologi mesh ini mempunyai karakteristik atau ciri - ciri, dan berikut ini adalah ciri - ciri dari jaringan komputer yang dibangun dengan menggunakan topologi mesh :
  1. Perangkat saling terhubung satu sama lain.
  2. Kabel yang digunakan untuk berkomunikasi langsung dengan node lain dalam jaringan terbilang cukup banyak. 
  3. Pada setiap node setidaknya memiliki lebih dari 2 Port Input/Output.
  4. Konfigurasi pada setiap node yang berbeda dalam berkomunikasi.
Dengan memahami ciri - ciri pada topologi jaringan mesh maka kita bisa membantu dalam menganalisa topologi sebuah jairngan. Nah, pada sub bab selanjutnya akan membahas bagaimana cara kerja topologi mesh.

Cara Kerja Topologi Mesh


Secara sederhana cara kerja topologi mesh adalah setiap node pada jairngan akan saling tehubung karena menggunakan kabel yang langsung menuju node yang dituju. Jadi, data yang yang mengalir akan langsung menuju ke node yang dituju sehingga data yang mengalir pada topologi mesh sangat cepat. Data yang mengalir ini langsung menuju node tujuan tanpa harus melalui node yang lain.

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Mesh


Setiap topologi mempunyai keunggulan dan kelemahannya masing - masing, begitu juga dengan topologi mesh. Nah, inilah beberapa keunggulan dan kelemahan topologi mesh.

Kelebihan Topologi Mesh


Berikut ini adalah kelebihan atau keunggulan yang dimiliki oleh topologi mesh :

  1. Topologi mesh memiliki hubungan dedicated link yang menjamin data langsung dikirim ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lain sehingga data yang mengalir dapat berjalan lebih cepat.
  2. Topologi mesh memiliki sifat Robust, yaitu jika terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena kerusakan kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan memengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya.
  3. Pada topologi mesh privacy dan security terjamin karena komunikasi yang terjadi antara dua komputer tidak dapat diakses oleh komputer yang lain.
  4. Mudah dalam mengidentifikasi masalah kerusakan koneksi antar jaringan komputer.

Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh topologi mesh yang membuat topologi mesh patut untuk diterapkan ketika memabangun sebuah jaringan. 

Kekurangan Topologi Mesh


Selain mempunyai kelebihan topologi mesh juga mempunyai kekurangan, dan berikut ini adalah kekurangan atau kelemahan yang dimiliki oleh topologi mesh :

  1. Membutuhkan banyak kabel dan Port I/O, jadi semakin banyak komputer di dalam topologi mesh maka diperlukan banyak kabel links dan port I/O.
  2. Sulit untuk melakukan installasi dan konfigurasi karena setiap komputer harus terkoneksi secara langsung. 
  3. Jaringan komputer dengan topologi mesh sangat banyak menggunakan kebel dan diperlukan ruangan yang cukup besar pada untuk membangu jaringan komputer.

Nah, itulah kekurangan yang ada pada topologi mesh tentunya hal ini menjadi bahan pertimbangan ketika akan membangun jaringan dengan topologi mesh.

Contoh Topologi Mesh


Pada dasarnya dalam penerapannya topologi mesh ini merukan gabungan dari topologi ring dan star, dan berikut ini adalah contoh dari topologi Mesh.


Pengertian Topologi Mesh Beserta Kelebihan dan Kekuranganya
Contoh Topologi Mesh

Jadi dapat disimpulkan bahwa topologi mesh ini merupakan gabungan dari topologi ring dan star yang mana setiap perangkat terhubung secara langsung.

Artikel Terkait :


Demikianlah pembahasa mengenai topologi jaringan komputer mesh, semoga dapat membantu Anda dalam memahami jaringan komputer yang dibangun dengan menggunakan topologi mesh.
loading...




1 Response to "Pengertian Topologi Mesh Beserta Kelebihan dan Kekuranganya"