Pengertian Serta Kelebihan dan Kekurangan Topologi Star


Pengertian Serta Kelebihan dan Kekurangan Topologi Star

Pada pembahasan sebelumnya kita telah membahas topologi BUS, dan pada kesempatan ini kita akan membahas tentang pengertian serta kelebihan dan kekurangan topologi star.


Pengertian Topologi Star


Topologi star biasa disebut dengan topologi bintang karena bentuk topologinya yang menyerupai bintang. Topologi star merupakan bentuk topologi jaringan komputer yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Jenis topologi jaringan star ini termasuk kedalam topologi jaringan dengan biaya sedang.

Ciri - Ciri Topologi Star


Setiap topoligi jaringan komputer mempunyai ciri - ciri atau mempunyai karakteristiknya masing - masing, begitu juga dengan topologi star. Berikut ini adalah ciri - ciri dari topologi star.
  1. Setiap Node pada jaringan akan berkomunikasi secara langsung dengan centra node, jadi data akan mengalir dari node ke centra node dan akan kembali lagi ke node.
  2. Topologi star mudah untuk dikembangkan karena setiap node hanya memiliki kabel yang langsung ke centra node.
  3. Jika terjadi kerusakan atau gangguan pada salah satu node maka akan berpengaruh pada node itu sendiri dan tidak mempengaruhi node lainnya.
  4. Pada installasi topologi star dapat menggunakan kabel Lower karena hanya meng-handle satu trafik node, dan biasannya mengunakan kabel UTP.
Setelah mengetahui ciri - ciri dari topologi jaringan komputer, maka selanjutnya akan dibahas keunggulan dan kerugian dari topologi star.

Cara Kerja Topologi Star


Cara kerja topologi star adalah setiap komputer akan berkomunikasi dengan hub pusat yang kemudian akan mengirimkan kembali pesan kepada semua komputer atau hanya pada komputer tujuan. Untuk Hub pada jaringan bisa aktif atau dan juga bisa pasif.


Hub aktif akan berfungsi mengulang sinyal yang diterima dan akan mengirim sinyal tersebut pada semua komputer. Sedangkan Hub pasif hanya berfungsi sebagai titik sambung dan tidak membutuhkan tenaga listrik untuk menjalankannya.

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Star


Dalam setiap topologi ini memiliki kelebihan dan kekurangan, dan pada pada sub pembahasan ini akan dibahas beberapa keunggulan dan kelemahan dari pada topologi star.

Kelebihan Topologi Star


Berikut ini adalah kelebihan - kelebihan yang dimiliki oleh topologi star :
  • Jika terjadi kerusakan pada satu saluran maka hanya akan memengaruhi jaringan pada saluran tersebut, tidak mengganggu saluran lain.
  • Topologi star memiliki tingkat keamanan yang tinggi.
  • Memiliki ketahanan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
  • Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
  • Memiliki akses kontrol yang terpusat.
  • Mudah dalam medeteksi dan isolasi kesalahan atau kerusakan pengelolaan jaringan.
Nah, itulah tadi beberapa kelemahan yang dimiliki oleh topologi star, selanjutnya kita akan membahas beberapa kelemahan yang dimiliki oleh topologi star.

Kekurangan Topologi Star


Berikut ini adalah kekurangan - kekurangan yang dimiliki oleh topologi star :
  • Jika node pada bagian tengah mengalami kerusakan, maka seluruh rangkaian akan terganggu.
  • Banyak  dalam pemakaian kabel.
  • HUB / SWITCH menjadi elemen kritis karena menjadi kontrol terpusat.
  • HUB / SWITCH memiliki peran yang sangat sensitif sehingga ketika terdapat masalah dengan hub switch maka jaringan akan down.
  • Jaringan yang dibangun tergantung pada terminal pusat.
  • Jika menggunakan HUB / SWITCH dan lalu lintas data padat maka dapat menyebabkan jaringan menjadi lambat.
  • Biaya yang dikeluarkan lebih mahal daripada topologi bus atau ring.
Itulah tadi beberapa kelemahan yang dimiliki oleh topologi star, selanjutnya akan dibahas contoh dari pada topologi star.

Contoh Topologi Star


Topologi star mempunyai bentuk seperti bintang, dimana HUB atau Switch menjadi kontol pusat dari topologi ini, dan berikut ini adalah contoh dari bentuk topologi star :

Pengertian Serta Kelebihan dan Kekurangan Topologi Star
Contoh Topologi Star

Jadi dapat disimpulkan bahwa topologi star ini mempunyai kontrol terpusat, dan  HUB / SWITCH memiliki peranan yang sangat penting pada topologi ini.

Artikel Terkait :

Demikianlah pembahasan mengenai topologi jaringan komputer jenis star, saya harapkan bisa membantu Anda dalam memahami topologi star.
loading...




0 Response to "Pengertian Serta Kelebihan dan Kekurangan Topologi Star"