Pengertian Internet, Sejarah, Manfaat dan Dampak Internet Secara Lengkap


Pengertian internet


Internet merupakan singkatan dari interconnection-networking dan untuk pengertian internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan standar sistem global transmission control protocol / Internet protocol suite (TCP/IP) yang berfungsi sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani pengguna diseluruh dunia.

Pada dasarnya internet adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer di seluruh dunia. Internet ini merupakan komputer yang menghubungkan jutaan bahkan milyaran komputer yang ada di dunia yang menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan sejenisnya. 

Sebenarnya komputer yang terhubung dengan internet itu terhubung dengan komputer yang ada diseluruh dunia sehingga komputer bisa saling berkomunikasi dan saling bertukar data. Internet dapat digambarkan seperti jaring laba-laba yang menyelimuti bumi yang terhubung melalui node , node ini bisa berupa komputer atau perangkat peripheral lainnya. 

Kata internet ini berasal dari bahasa latin "inter" yang berarti "antara", jadi kata internet dapat berati jaringan antara atau penghubung. Internet akan menghubungkan berbagai macam jaringan sehingga dapat saling berkomunikasi tanpa memandang sistem operasi yang digunakan, artinya sistem operasi berbasi windows atau UNIX tidak menjadi masalah.

Sejarah singkat internet


Awal ditemukannya internet ketika Departemen Petahanan Amerika Serikat pada tahun 1968 membuat proyek ARPA yang disebut dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka mencoba untuk mendemonstrasikan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX dapat melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga dengan menggunakan saluran telepon.

Pada proyek ARPANET terdapat rancangan bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan sehingga semua standar ini yang menjadi cikal bakal pembangunan protocol baru yang sekarang ini dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocil/Internet Protocol). 

Tujuan dari proyek ARPANET ini adalah untuk keperluan militer dimana Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada waktu itu membuat sistem jaringan komputer yang tersebar untuk menghubungkan daerah-daerah vital untuk mengatasi maslah jika terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari informasi yang terpusat pada satu daerah saja.

Dalam perjalanannya proyek jaringan pada ARPANET ini juga digunakan oleh umum atau komersil sehingga inilah yang merupakan cikal bakal dari internet. Pada tahun 1969 ARPANET ini hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah yang mana mereka membentuk satu jaringan yang terpadu sehingga dapat saling berkomunikasi antara situs. Selanjutnya proyek ARPANET ini resmi diperkenalkan pada tahun 1972 dan mengalami perkembangan yang sangat pesat diseluruh daerah.

Perkembangan ARPANET ini sangat pesat yang membuat saerah dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung sehingga membuat pihak ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET pada waktu itu dipecah menjadi dua yaitu "MILNET" dan "DARPA Internet". MILNET ini digunakan untuk keperluan militer sedangkan DARPA Internet digunakan untuk keperluar non-militer seperti universitas atau perusahaan, selanjutnya dalam perkembangannya DARPA Internet ini disederhanakan menjadi Internet.

Fungsi internet


Fungsi internet secara umum adalah sebagai berikut :
1. Sarana mendapatkan informasi dan berbagi informasi.
2. Media untuk berkomunikasi.
3. Sebagai sumber daya dan data.

Manfaat internet


Pada awalnya internet dibuat untuk keperluan militer namun dalam perkembangannya internet dapat digunakan dalam berbagai bidang sehingga internet ini bermanfaat bagi manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari internet :

1. Internet menambah ilmu pengetahuan

Internet dapat menambah ilmu pengetahuan karena pada internet terdapat milyaran blog atau website yang menyajikan ilmu-ilmu pengetahuan, sebagai contoh situs wikihow.com yang menyajikan ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang.

2. Dapat digunakan untuk bisnis

Internet dapat berfungsi sebagai sarana bisnis misalkan untuk toko online seperti lazada.co.id yang memasarkan dan menjual produk melalui internet.

3. Dapat digunakan untuk pemasaran produk / iklan

Internet juga dapat digunakan untuk memasarkan produk yang kita miliki misalnya kita memasarkan produk kita melalui situs olx.co.id yaitu situs yang bisa memasarkan produk kita.

4. Dapat digunakan untuk pendidikan

Internet dapat digunakan untuk sarana pendidikan seperti e-learning atau kuliah online, yang membuat kita mudah untuk mendapat ilmu dan melakukan pembelajaran dalam jarak jauh.

5. Sarana hiburan

Internet juga dapat dijadikan untuk media hiburan karena bisa menonton film, bermain game atau menonton video-video yang ada di youtube.

6. Media komunikasi

Internet dapat dijadikan media komunikasi dengan menggunakan social media seperti facebook, twitter dan lainnya.
7. Mendapatkan pekerjaan

Dengan menggunakan internet Anda dapat mencari lowongan pekerjaan atau Anda bisa menjadi pekerja freeleacer, banyak situs yang menyediakan pekerjaan freeleacer seperti upwork.com, freelancer.co.id dan lain-lain.

8. Tempat mencari dan mendapatkan informasi

Internet dapat berfungsi sebagai media informasi misalnya kita bisa membaca berita update secara online di internet melalui situs detik.com atau protal berita lainnya.

9. Mengembangkan bisnis

Internet juga dapat dijadikan sarana untuk mengembangkan bisnis seperti memasarkan produk melalui website atau penggunaan internet pada pemesanan tiket  seperti traveloka.com dan lain-lain.

10. Transaksi online

Internet dapat digunakan untuk bertransaksi online seperti internet banking atau paypal yang digunakan untuk transaksi di internet.

11. Pertukaran data

Internet juga bisa digunakan untuk menyimpan dan bertukar data misalanya data disimpan dan dibagikan memalui google-drive atau lainnya.


Dampak internet


Internet memang sangat bermanfaat dan membantu manusia dalam segala bidang, namun internet juga memiliki dampak terhadap kehidupan manusia. Dampak yang ditimbulkan adalah dampak yang bersifat positif dan dampak yang bersifat negatif.


Dampak positif internet


Berikut ini adalah dampak positif dari internet :
1. Memudahkan berkomunikasi.
2. Mudah menjalankan transaksi bisnis.
3. Mudah melakukan pertukaran data.
4. Mudah mendapatkan informasi.


Dampak negatif internet


Berikut ini adalah dampak negatif dari internet :
1. Pornografi.
2. Penipuan.
3. Perjudian.
4. Kecanduan dunia maya.
5. Kekejaman dan kesadisan.

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa internet ini merupakan hubungan antar jenis komputer dan jaringan yang ada di dunia yang bisa terhubung walaupun menggunakan sistem operasi yang berbeda-beda dimana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi seperti telepon atau satelit yang menggunakan protokol standar dalam komunikasi data yaitu protokol TCP/IP.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian internet, semoga dapat membantu Anda dalam memahami apa yang dimaksud dengan internet.
loading...




1 Response to "Pengertian Internet, Sejarah, Manfaat dan Dampak Internet Secara Lengkap"

  1. mantap artikelnya....bisa juga kunjungi blog saya yang membahas seputar Info Bisnis dan Motivasi untuk para pemula bisnis

    www.bisnisdni.com

    ReplyDelete