Pengertian Yii Framework | Sejarah dan Fitur - Fitur pada Yii

Pengertian Yii Framework | Sejarah dan Fitur - Fitur pada Yii - Yii saat ini banyak digunakan oleh para developer website untuk membangun website. Yii Framework juga memiliki dukungan komunitas yang aktif diseluruh dunia jadi tidak perlu khawatir jika mendapatkan masalah dalam belajar Yii Framewok karena bisa menanyakan masalah tersebut di komunitas. Nah, pada pembahasan petama ini akan mengenal dahulu apa itu Yii ? pada kesempatan ini kita akan membahas pengertian yii framework, sejarah singkat Yii, kebutuhan dalam belajar Yii dan fitur - fitur pada Yii.



Pengertian Yii Framework


Pengertian Yii framework adalah kerangka kerja PHP berbasis-komponen dengan performansi tinggi untuk pengembangan aplikasi web berskala-besar. Ia menyediakan resuabilitas maksimum dalam pemrograman web dan bisa mengakselerasi proses pengembangan secara signifikan. Nama Yii (dieja sebagai /i:/) singkatan dari easy, efficient dan extensible (mudah, efisien, dan bisa diperluas).

Sumberhttp://www.yiiframework.com/doc/guide/1.0/id/quickstart.what-is-yii

Nama Yii sendiri merupakan kepanjangan dari kata "Yes It Is" yang artinya arinya mampu atau tepat, Jadi ketika ada yang bertanya kepada Anda Is it fast ? maka Anda menjawab Yes it is. Lagi, ketika Anda yang bertanya Is it secure ? maka jawabannya Yes it is . Jadi Yii sendiri mempunyai makna bawah Yii mampu untuk melakukan segala projek website.


Sejarah Singkat Yii Framework


Untuk pertama kalinya proyek Yii dimulai pada tanggal 1 januari 2008 oleh  Qiang Xue programmer asal china , yang pada awalnya bertujuan untuk memperbaiki beberapa kekurangan yang ada pada Framework PRADO. Pada versi awal framework PADRO berjalan lambat ketika menangani halaman - halaman yang kompleks. Pada waktu itu framework PADRO kurang diminati karena banyak kontrol yang sulit untuk melakukan penyesuaian dengan kebutuhan. 

Nah pada waktu itu Qiang Xue mencoba membangun Yii framework yang lebih stabil, selain itu dia juga mengadopsi teknik-teknik yang dipakai pada Prado untuk mengembangkan Yii. Yii ini terinspirasi oleh PADRO, dan Yii juga terinspirasi oleh framework luar yaitu Ruby On Rails terutama pada mekanisme ORM nya. Disamping itu masih banyak lagi yang menginspirasi Yii framework seperti Symfony dan Joomla. Untuk versi alpha secara resmin Yii dirilis pada tanggal 3 Desember 2008 yaitu Yii 1.0 dan sampai sekarang Yii sudah mencapai versi v1.1.12 yang dirilis pada bulan 19 Agustus 2012.


Apa yang dibutuhkan dalam mempelajari Yii Framework ?


Dalam mempelajari Yii skill yang dibutuhkan adalah menguasai object oriented programming (OOP) atau dalam bahasa indonesianya pemrograman berbasis objek (PBO). Untuk kebutuhan hardware dan software adalah sebagai berikut :

1. Laptop / komputer
2. Web server seperti XAMPP
3. File Yii bisa di download di www.yiiframework.com/download/
4. Editor web seperti notepad++ atau sublimeText


Fitur - Fitur Dalam Yii Framework


1. MVC (Model View Controller)

Pada framework Yii menggunakan arsitektur programing MVC yaitu menggunakan konsep Model, View, Controller. Hampir seluruh framework PHP menggunakan konsep MVC termasuk CMS (Content management system).


2. ORM(Object Relational Mapping)

Salah satu fitu di Yii framework adalah Object Relational Mapping atau ORM yang mengurusi pengelolaan database, jika kita lihat secara spesifik maka Yii sebenarnya menyediakan mekanisme seperti DAO (Data Access Object), Query Builder, Active Record (ORM) dan Database Migration. Dengan ORM pekerjaan developer menjadi terbantu karena tidak lagi menulis query SQL yang rumit, cukup dengan memanggil fungsi-fungsi tertentu di dalam library Yii.

3. Form input dan Validasi

Untuk pembuatan form Yii framework mempunyai fitur form input dan validasi form.

4. Widget

Yii framework mempunyai fitur widget. Widget merupakan konsep Yii yang menyediakan komponen-komponen user interface yang siap pakai, misalnya data grid, autocomplete, tree view dan lain-lain. Sebagian widget-widget ini ada yang terintegrasi dengan library Jquery sehingga memungkinkan untuk mekanisme AJAX.

5. Extension

Yii framework memiliki segudang extensions. Extension merupakan kontribusi dari pengguna-pengguna Yii dengan membuat widget, library ataupun component yang bisa dipakai dan belum ada di Yii secara built-in.

6. Autentikasi dan Autorisasi

Yii framework mempunyai fitur autentikasi hak akses dan autorisasi loging dan logout.

7. Thema

Untuk tampilan (view) Yii famework menggunakan konsep skinning kita bisa meng-costumize tampilan komponen user interface pada aplikasi menggunakan CSS. Sedangkan dengan konsep theming kita bisa merubah seluruh tampilan aplikasi.

8. Security

Untuk fasilitas keamanan Yii mempunyai security yang dapat mencegah serangan-serangan seperiti SQL Injection, XSS, CSRF, Cookie Tampering dll.

9. Web service

Yii framework mempunyai fasilitas Web service sehingga dapat meng-generate spesifikasi WSDL service secara otomatis.

10. Translate

Yii menyediakan fitur translate (penterjemah) untuk pesan, tanggal dan format waktu sesuai zona waktu dan daerah.

9. Caching 

Yii mempunyai fitus caching sehingga aplikasi yang dibangun menggunakan Yii akan berjalan ringan ketika diakses.

11. Autentikasi error 

Yii menyediakan pesan error dan logging yang bisa memilih untuk menampilkan langsung ataupun disimpan ke suatu file di server.

12. 3rd Part (Pihak ketiga)

Pada Yii framework di desain sedemikian rupa sehingga kita bisa memasang library external dari pihak ketiga untuk di sematkan dalam aplikasi, kita bisa memasang teknologi bootstap untuk teknologi tampilan yii.

13. Totorial

Yii framework mempunyai dokumentasi yang bisa digunakan untuk mempelajari cara kerja yii. 

Setelah mengetahui pengertian , sejarah dan fitur pada yii framework, Adan dapat belajar mengistall yii dengan menyimak tutorial pada link dibawah ini :

Baca juga : Cara Menginstall Yii Framework Menggunakan XAMPP

Demikialah pembahasan mengenai pengertian Yii Framework, sejarah dan fitur - fitur pada Yii Framework semoga dapat membantu Anda dalam mengenal Yii Framework. Terima Kasih.
loading...




0 Response to "Pengertian Yii Framework | Sejarah dan Fitur - Fitur pada Yii"