Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Jenis Jaringan Komputer | Lengkap

Jaringan Komputer - Dalam kehidupan sehari - hari kita familiar mendengarkan istilah jaringan komputer, dan saya yakin diantara Anda ada yang jago dalam jaringan komputer. Tapi saya juga yakin ada juga yang masih belajar mengenal jaringan pada komputer. Sebenarny kita tidak bisa terlepas dengan yang namanya sebagai contoh smartphone yang kita gunakan terkoneksi dengan internet maka sesungguhnya kita telah menggunakan jaringan. Ingin tau kenapa ? ini karena internet juga merupakan jaringan yang menghubungkan komputer diseluruh dunia.

Jaringan komputer

Pada kesempatan ini kita akan membahas jaringan komputer dimulau dari pengertian komputer, pengertian jaringan komputer, fungsi jaringan komputer, tujuan jaringan komputer, manfaat jaringan komputer dan jenis-jenis jaringan komputer.

Pengertian Komputer


Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.


Komputer bisa dihubungkan satu sama lainnya sehingga kita bisa melakukan sharing hardware seperti printer, scaner dan lain - lain. Menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya itulah yang dinamakan jariangan. Nah untuk membahas pengertian jaringan komputer akan dijelaskan pada sub bab dibawah ini.

Pengertian Jaringan Komputer


Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.

Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan 

Sejarah Singkat Jaringan Komputer


Sejarah jaringan komputer dimulai pada tahun 1940-an dimana Amerika mengadakan sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan sebuh perangkat komputer secara bersamaan. Proyek ini akan mengabungkan beberapa komputer menjadi suatu kesatuan. Kemudaian pada tahun 1950-an ketika jenis komputer membesar sampai tercipta super komputer, karena mahalnya harga perangkat komputer maka ada tuntutan sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. Dari sini maka mulcul konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama Time Sharing System (TSS), bentuk pertama kali jaringan komputer diaplikasikan. 

Pada system TSS beberapa terminal terhubung secara seri kesebuah host komputer. Konsep ini berkembang menjadi proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer.


Ketika harga-harga komputer kecil mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan komputer dan jaringannya mulai beragam, dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer(Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan Local Area Network (LAN). Demikian pula ketika internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa ditingkat dunia yang disebut dengan Wide Area Network (WAN)

Fungsi Jaringan Komputer


1. Membagi sumber daya

Fungsi dari jaringan komputer dapat digunakan sebagai sarana untuk membagi sumber daya. Jadi satu sumber daya bisa digunakan bersama - sama oleh komputer dalam satu jaringan. Adapun sumber daya tersebut bisa berupa printer, atau sumber daya berupa data-data, software dan lain- lain. Nah, dengan adanya jaringan komputer ini maka sumber daya dapat dikurangi dan efisiensi dalam penggunaanya.
 

2. Reliabilitas tinggi

Fungsi jaringan komputer selanjutnya adalah memungkinkan kita untuk mengkopi data-data ke dua atau tiga computer, bahkan lebih. Nah jika salah satu komputer rusak, data-data yang didalamnya hilang, jangan kwatir, kita masih dapat menggunaakan data yang tersimpan di komputer lain.
 

3. Menghemat uang

Fungsi jaringan komputer yang lain adalah dapt menghemat uang, dengan menggunakan jaringan komputer, perusahaan dapat menghemat peralatan yang harus digunakan, misalnya printer. Jaringan komputer dapat digunakan untuk sahring perangkat, misal satu printer dapat di gunakan oleh lebih dari satu komputer.
 

4. Sarana komunikas

Fungsi jaringan komputer juga dapat dimanfaatkan untuk komunikasi, misal didala perusahaan akan memberikan pengumuman rapat kepada karyawan, dengan menggunakan jaringan komputer pimpinan tidak perlu repot mencetak pengumuman. Pimpinan tinggal mengirimkan pengumuman kepada karyawan dengan jaringan komputer 


Tujuan dari jaringan komputer


Jaringan komputer yang dibuat ini mempunyai tujuan, adapau tujuan dari jaringan komputer adalah sebagai berikut :
  • Jaringan komputer bertujuan untuk membagi sumber daya, misalnya membagi printer, CPU, memori, ataupun harddisk. 
  • Jairingan komputer bertujuan sebagai sarana komunikasi, misalnya e-mail, instant messanging, chatting. 
  • Jaringan komputer bertujuan sebagai sarana akses informasi, misalnya web browsing di internet.


Manfaat Jaringan Komputer


Membicarakan manfaat dari jaringan komputer tentunya sangat banyak sekali yang kita memperoleh dari manfaat jaringan komputer. Adapun manfaat jaringan komputer diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Dengan menggunakan jaringan komputer kita dapat mengakses file yang kita miliki secara bersamaan dengan orang lain. Kemudian file atau dokumen kita bisa diseberluaskan melalui suatu jaringan, semisal jaringan internet. 
  • Jaringan komputer dapat kita perguankan untuk melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien. 
  • Dengan jaringan komputer dapat membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah, misall dengan media chatting atau social media. 
  • Jaringan komputer juga dapat digunakan untuk mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time. 
  • Dengan jairngan komputer kita dapat mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah melalui internet dikarenakan internet merupakan salah satu contoh jaringan komputer. 
  • Misalkan dalam suatu kantor memerlukan printer, kita tidak perlu membeli printer sejumlah dengan komputer yang terdapat pada kantor tersebut. Kita cukup membeli satu printer saja untuk digunakan oleh semua karyawan kantor tersebut dengan bantuan jaringan komputer.

Jenis - Jenis Jaringan Komputer


Umumnya jaringan komputer di kelompokkan menjadi 5 kategori, yaitu berdasarkan jangkauan geografis, distribusi sumber informasi/ data, media transmisi data, peranan dan hubungan tiap komputer dalam memproses data, dan berdasarkan jenis topologi yang digunakan. Berikut penjabaran lengkapnya :


A. Berdasarkan Jangkauan Geografis


1. LAN

Local Area Network merupakan kepanjangan dari LAN, LAN adalah jaringan yang hanya mencakup wilayah kecil saja, semisal warnet, kantor, atau sekolah. Umumnya jaringan LAN luas areanya tidak jauh dari 1 km persegi. Biasanya jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s. Selain menggunakan teknologi Ethernet, tak sedikit juga yang menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk jaringan LAN.

2. MAN

Metropolitan Area Network kepanjangan dari MAN merupakan jaringan yang mencakup suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi. Bisa dibilang, jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN. Jangakauan dari jaringan MAN berkisar 10-50 km. MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi membuat rancangan menjadi lebih simple.

3. WAN

Wide Area Network kepanjangan dari WAN merupakan jaringan yang jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, semisal sebuah negara bahkan benua. WAN umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun berada di lokasi yang berbebeda. Jenis jaringan WAN ini sering disebut dengan internet.



B. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/ Data


1. Jaringan Terpusat

Yang dimaksud jaringan terpusat adalah jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server dimana komputer client bertugas sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi/ data yang berasal dari komputer server.

Dalam jaringan terpusat, terdapat istilah dumb terminal (terminal bisu), dimana terminal ini tidak memiliki alat pemroses data.

2. Jaringan Terdistribusi


Jaringan ini merupakan hasil perpaduan dari beberapa jaringan terpusat sehingga memungkinkan beberapa komputer server dan client yang saling terhubung membentuk suatu sistem jaringan tertentu.



C. Berdasarkan Media Transmisi Data yang Digunakan


1. Jaringan Berkabel (Wired Network)

Media transmisi data yang digunakan dalam jaringan ini berupa kabel. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya agar bisa saling bertukar informasi/ data atau terhubung dengan internet. Salah satu media transmisi yang digunakan dalam wired network adalah kabel UTP.

2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)

Dalam jaringan ini diperlukan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi datanya. Berbeda dengan jaringan berkabel (wired network), jaringan ini tidak menggunakan kabel untuk bertukar informasi/ data dengan komputer lain melainkan menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirimkan sinyal informasi/ data antar komputer satu dengan komputer lainnya. Wireless adapter, salah satu media transmisi yang digunakan dalam wireless network.



D. Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data


1. Jaringan Client-Server

Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer server dan komputer client. Biasanya terdiri dari satu komputer server dan beberapa komputer client.Komputer server bertugas menyediakan sumber daya data, sedangkan komputer client hanya dapat menggunakan sumber daya data tersebut.

2. Jaringan Peer to Peer

Dalam jaringan ini, masing-masing komputer, baik itu komputer server maupun komputer client mempunyai kedudukan yang sama. Jadi, komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya komputer client juga dapat menjadi komputer server.



E. Berdasarkan Topologi Jaringan yang Digunakan


Topologi jaringan komputer adalah
 suatu cara atau konsep untuk menghubungkan beberapa komputer menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi satu dengan yang lainnya.

1. Jaringan Komputer Dengan Topologi Ring

Pada topologi ring setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk lingkaran sehingga disebut ring, topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data, misalnya komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 sampai di terima oleh komputer 4, jadi sebuah komputer akan melanjutkan pengiriman data jika yang dituju bukan IP Address dia..

2. Jaringan Komputer Dengan Topologi Bus

Pada topologi bus tersusun rapi seperti antrian dan  menggunakan cuma satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC, dan kedua ujung dari kabel coaxial harus diakhiri oleh terminator.

3. Jaringan Komputer Dengan Topologi Star

Pada topologi star akan membentuk seperti bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub/switch lah pusat dari jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, jadi jika komputer 1 ingin mengirim data ke komputer 4, data akan dikirim ke switch dan langsung di kirimkan ke komputer tujuan tanpa melewati komputer lain. Topologi jaringan komputer inilah yang paling banyak digunakan sekarang karena kelebihannya lebih banyak.

4. Jaringan Komputer Dengan Topologi Mesh

Pada topologi mesh setiap komputer akan terhubung dengan komputer lain dalam jaringannya menggunakan kabel tunggal, jadi proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melalui komputer lain ataupun switch atau hub.

5. Jaringan Komputer Dengan Topologi Tree

Topologi tree merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungan dengan topologi bus, jadi setiap topologi star akan terhubung ke topologi star lainnya menggunakan topologi bus, biasanya dalam topologi ini terdapat beberapa tingkatan jaringan, dan jaringan yang berada pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.

Demikilah artikel Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Jenis - jenis Jaringan Komputer Semoga bermanfaat dan membantu Anda dalam memahami materi jaringan komputer. Jangan lupa untuk berkomentar di blog ini, terima kasih.
loading...




0 Response to "Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Jenis Jaringan Komputer | Lengkap"