Pengertian Konsep MVC (Model View Controller) Pada Web

Pengertian MVC (Model View Controller) Pada Web - Dalam dunia programming sering sekali kita mendengarkan istileh MVC. Istilah MVC ini semakin familiar seiring dengan perkembangan framework PHP seperti Yii, Codeigniter, laravel dan lain - lain. Hampir seluruh framework PHP ini menggunakan konsep MVC. Selain framework PHP konsep MVC juga digunakan pada CMS atau Content Management System seperti joomla, wordpress, elgg, prestashop dan lainnya. Bagi Anda yang sedang belajar web programming atau Anda yang sudah mejadi developer web sudah tahukan Anda tentang MVC ?


Apa itu MVC ?


MVC merupakan singakatan dari model view controller, adapun Pengertian MVC adalah sebuah bentuk pemrograman yang memisahkan berdasarkan logika penanganan tampilan, logika pengontrolan dan logika model. MVC bertujuan supaya pada pengembangan perangkat lunak yang besar mudah untuk dilakukan maintenance (perbaikan/penambahan atau pengurangan code).


Aplikasi yang dibangun menggunakan metode MVC maka akan lebih mudah untuk dirawat dan dikembangkan. Mudah dirawat dan dikembangkan karena kode program dikelompokan pada bagian masing - masing sehingga lebih mudah bagi para developer untuk menanganinya. Untuk bisa memahami metode pengembangan aplikasi menggunakan konsep MVC diperlukan pengetahuan tentang pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming).

Bagian - bagian dari MVC


1. Model

Model adalah bagian kode program yang menangani query atau database. Jadi isi dari model merupakan bagian (fungsi-fungsi) yang berhubungan langsung dengan database untuk memanipulasi data seperti memasukkan data, pembaruan data, hapus data, dan lain-lain, namun tidak dapat berhubungan langsung dengan bagian view.

2. View 

View adalah bagian kode prgram yang mengatur tampilan website. Pada aplikasi web bagian view biasanya berupa file template HTML, yang diatur oleh controller. Bagian ini tidak memiliki akses langsung terhadap bagian model namu berhubungan langsung dengan controllerView berfungsi untuk menerima dan merepresentasikan data kepada pengguna. Jadi bisa di katakan bahwa viiew merupakan halaman web.

3. Controller 

Controller merupakan bagian yang menjembatani model dan view. Controller berisi perintah-perintah yang berfungsi untuk memproses suatu data dan mengirimkannya ke halaman web. Controller berfungsi untuk menerima request dan data dari user kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi.


Dari penjelasan MVC diatas dapat disimpulkan bahwa Model berisi kode - kode program yang berhubungan dengan database, View berisi kode - kode program yang berhubungan dengan tampilan dan Controller berisi kode - kode program yang menghubungkan model dengan view.

Jika kita lihat dibutuhkan banyak langkah hanya untuk menampilkan satu halaman web ketika menggunakan metode MVC, namun dengan penggunaan metode MVC kita dapat mendapatakan keuntungan ketika membuat kode program, yaitu setiap bagian memiliki tanggung jawab masing-masing. Misal kita ingin mengubah query (databe) maka kita langsung saja edit kode pada bagian Model. Lagi, misal kita mau merupabah desai tampilan pada web maka kita langsung menuju bagian bagian view. Karena setiap bagain ada yang bertanggun jawab maka hal seperti ini akan mempercepat dan mempermudah pengembangan web.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian konsep MVC (Model View Controller) pada web , semoga dapat membantu Anda dalam memahami MVC guna untuk pengembangan website. Terima kasih.
loading...




1 Response to "Pengertian Konsep MVC (Model View Controller) Pada Web"