Pengertian dan Jenis - Jenis Topologi Jaringan Komputer dibahas Lengkap

Topologi jaringan komputer - Ketika membicarakan jaringan komputer berarti kita membicarakan komputer - komputer yang saling terhubung. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa pengertian jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer. Teknik menghubungkan komputer inilah yang disebut dengan topologi jaringan komputer. Nah, pada kesempatan ini kita akan belajar mengenai topologi jaringan komputer.


Topologi jaringan komputer

Pembahasan mengenai topologi jaringan komputer dalam artikel ini meliputi pengertian topologi jaringan komputer, jenis - jenis topologi jaringan komputer, kelebihan dan kekurangan dari setiap topologi jaringan komputer.

Pengertian topologi jaringan komputer


Pengertian topologi jaringan komputer adalah suatu konsep untuk menghubungkan beberapa komputer menjadi suatu jaringan yang saling terkoneksi. Jadi bisa dikatakan bahwa topologi jaringan komputer adalah pola yang digunakan untuk membentuk jaringan pada komputer.

Jenis - jenis topologi jaringan komputer


Konsep menghubungkan komputer yang berbeda ini menghasilkan beberapa topologi jaringan komputer. Dalam jenisnya jaringan akan dikelompokan sesuai dengan topologi yang digunakan. Perangkat jaringan komputer yang digunakan pada setiap topologi ini berbeda - beda dan juga setiap topologi jaringan mempunyai kelebihan dan kekurangan

Jaringan komputer jika dilihat dari topologinya jaringan dibagi menjadi 6 bagian :
1. Topologi bus
2. Topologi bintang
3. Topologi cincin
4. Topologi mesh
5. Topologi pohon
6. Topologi linier


1. Topologi Bus


Topologi jaringan komputer bus  adalah sebuah topologi yang menggunakan kabel tunggal sebagai media transmisinya atau kabel pusat tempat dimana seluruh client dan server dihubungkan. Pada  topologi bus ini memakai kabel BNC dan di bagian kedua ujungnya harus diberi terminator. Topologi bus merupakan topologi yang sederhana dan mudah diterapkan dalam sebuah jaringan komputer. Dalam perkembangannya jenis topologi bus saat ini telah banyak ditinggalkan karena padatnya lalulintas data dan jika terdapat satu node yang rusak maka seluruh jaringan tidak bisa berfungsi.


Topologi Jaringan Bus
Jika di analogikan topologi jaringan bus ini digambarkan sebagai transmisi yang menggunkaan transportasi bus, bus akan menaikan dan menurunkan penumpang di halte bus. Oleh karena itu topologi ini digolngkan sebagai komunikasi data bersama.

Ciri - Ciri Topologi Jaringan Bus

  1. Topologi bus menggunakan teknologi lama yaitu dihubungkan dengan satu kabel dalam satu jalur.
  2. Tidak membutuhkan peralatan aktif untuk menghubungkan terminal/komputer
  3. Sangat berpengaruh pada unjuk kerja komunikasi antar komputer, karena hanya bisa digunakan oleh satu komputer
  4. Menggunakan kabel jenis cut dan menggunakan konektor BNC tipe T.
  5. Pada ujung kabel dipasang 50 ohm konektor.
  6. Sangat tergantung pada kabel utama, jika kabel utama putus maka komputer lain tidak dapat berkomunikasi dengan komputer yang lain.
  7. Susah dalam melakukan pelacakan masalah pada jaringan.
  8. Discontinue Support

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Jaringan Komputer Bus 

Topologi jaringan komputer jeni bus ini mempunyai kelebihan dan kekurangan, adapun kelebihan dan kekurangan topologi jaringan komputer bus adalah sebagai berikut. 

Kelebihan topologi bus :

  • Pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain.
  • Topologi bus hemat dapalm penggunaan kabel karena menggunakan kabel tunggal sebgai transmisi.
  • Rancangan layout kabel sederhana sehingga mudah diterapkan pada jaringan komputer

Kekurangan topologi bus :

  • Rentang gangguan pada seluruh jaringan komputer, bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.
  • Kepadatan pada jalur lalu lintas pada media trasmisi sangat besar karena menggunakan jalur tunggal.
  • Diperlukan Repeater untuk jarak jauh sebgai penguat sinyal. Repeater adalah alat yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercover oleh sinyal dari server agar bisa menangkap sinyal WIFI. 

Topologi jaringan komputer bus merupakan topologi yang sederhana dan mudah di terapkan. Pada topologi bus ini mempunyai master bus jaringan yang menjamin data mengaliri pada arah yang benar dan tertip.


2. Topologi star (bintang)


Topologi jaringan komputer star (bintang) membentuk seperti bintang, karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub atau switch menggunakan kabel UTP. Hub atau Switch menjadi pusat dari jaringan yang bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, misal komputer 1 ingin mengirim data ke komputer 4, data akan dikirim ke switch dan langsung di kirimkan ke komputer tujuan tanpa melewati komputer lain. Dalam perkembangannya topologi jaringan komputer star inilah yang paling banyak digunakan hingga sekarang karena mempunyai banyak kelebihan.



Pada topologi jaringan bus terpusat pada hub atau switch dimana fungsi dari hub atau switch adalah sebagai pengatur lalu lintas data diseluruh jaringan komputer.

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Jaringan Komputer Star (bintang)

Topologi jaringan komputer jeni bus ini mempunyai kelebihan dan kekurangan, adapun kelebihan dan kekurangan topologi jaringan komputer bus adalah sebagai berikut. 

Kelebihan topologi star (bintang) :

  • Topologi star memiliki tingkat keamanan yang tinggi jadi tidak cemas mengkwatirkan keamanan pada jaringa.
  • Jika terjadi kerusakan pada satu saluran maka tidak mempengaruhi saluran yang lain.
  • Jenis topologi ini tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
  • Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
  • Mempunyai akses kontrol yang terpusat.
  • Mudah dalam mendeteksi kesalahan / kerusakan pada jaringan.
  • Topologi star merupakan topologi yang paling fleksibel.

Kekurangan topologi star (bintang) :

  • Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh rangkaian akan berhenti.
  • Membutuhkan biaya mahal karena boros dalam pemakaian kabel.
  • Sangat tergantung pada HUB/SWITCH karena menjadi elemen kritis karena kontrol terpusat.
  • Peran hub sangat sensitif sehingga ketika terdapat masalah dengan hub maka jaringan tersebut akan down.
  • Pada topologi ini jaringan tergantung pada terminal pusat.
  • Jika menggunakan HUB dan lalu lintas data padat dapat menyebabkan jaringan lambat.

Topologi jaringan komputer star merupakan topologi yang mudah diterapkan dan mempunyai fleksibilitas tinggi, namun topologi ini sangat tergantung pada hub atau switch sehingga jika terjadi kerudakan pada hub atau switch akan menyebabkan kerusakan pada seluruh jaringan. 


3. Topologi ring (cincin)


Topologi jaringan komputer ring (cincin) setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk lingkaran sehingga disebut ring, topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data, misalnya komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 sampai di terima oleh komputer 4, jadi sebuah komputer akan melanjutkan pengiriman data jika yang dituju bukan IP Address dia.



Kelebihan dan kekuranga topologi ring (cicin)

Topologi jaringan komputer jenis ring ini mempunyai kelebihan dan kekurangan sebagai berikut :

Kelebihan topologi ring

  • Mudah untuk dirancang dan diimplementasikan
  • Memiliki performa yang lebih baik daripada topologi bus, bahkan untuk aliran data yang berat sekalipun.
  • Mudah untuk melakukan konfigurasi ulang dan instalasi perangkat baru.
  • Mudah untuk melakukan pelacakan dan pengisolasian kesalahan dalam jaringan karena menggunakan konfigurasi point to point
  • Hemat kabel
  • Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data (collision), karena pada satu waktu hanya satu node yang dapat mengirimkan data


            Kekurangan topologi ring

              • Peka kesalahan, sehingga jika terdapat gangguan di suatu node mengakibatkan terganggunya seluruh jaringan. Namun hal ini dapat diantisipasi dengan menggunakan cincin ganda (dual ring).
              • Pengembangan jaringan lebih kaku, karena memindahkan, menambah dan mengubah perangkat jaringan dan mempengaruhi keseluruhan jaringan.
              • Kinerja komunikasi dalam jaringan sangat tergantung pada jumlah titik/node yang terdapat pada jaringan.
              • Lebih sulit untuk dikonfigurasi daripada Topologi bintang
              • Diperlukan penanganan dan pengelolaan khusus bandles

              4. Topologi mesh


              Topologi jaringan komputer mesh setiap komputer akan terhubung dengan komputer lain dalam jaringannya menggunakan kabel tunggal, jadi proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melalui komputer lain ataupun switch atau hub. Topologi mesh memiliki kemampuan yaitu dapat berkomunikasi dengan perangkat yang dituju dengan cepat. Topologi mesh biasa digunakan pada sebuah jaringan komputer yang tidak besar.



              Kelebihan dan kekuranga topologi mesh

              Topologi mesh ini mempunyai kelebihan - kelebihan dalam penerapannya, namun juga mempunyai beberapa kelemahan, adapun kelebihan dan kekurangan topologi mesh adalah sebgai berikut :

              Kelebihan topologi mesh

              • Hubungan dedicated links menjamin data langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lainnya sehingga dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusus untuk berkomunikasi dengan komputer yang dituju saja (tidak digunakan secara beramai-ramai/sharing).
              • Memiliki sifat Robust, yaitu Apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan memengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya.
              • Privacy dan security pada topologi mesh lebih terjamin, karena komunikasi yang terjadi antara dua komputer tidak akan dapat diakses oleh komputer lainnya.
              • Memudahkan proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.

              Kekurangan topologi mesh


              • Membutuhkan banyak kabel dan Port I/O. semakin banyak komputer di dalam topologi mesh maka diperlukan semakin banyak kabel links dan port I/O (lihat rumus penghitungan kebutuhan kabel dan Port).
              • Hal tersebut sekaligus juga mengindikasikan bahwa topologi jenis ini * Karena setiap komputer harus terkoneksi secara langsung dengan komputer lainnya maka instalasi dan konfigurasi menjadi lebih sulit.
              • Banyaknya kabel yang digunakan juga mengisyaratkan perlunya space yang memungkinkan di dalam ruangan tempat komputer-komputer tersebut berada.

              Dapat disimpulkan bahwa pada topologi mesh setiap komputer dalam jaringan saling terhubung satu sama lain dalam satu node.


              5. Topologi tree (pohon)


              Topologi jaringan komputer Tree merupakan gabungan dari beberapa topologi star yang dihubungan dengan topologi bus. Topologi star akan terhubung ke topologi star yang lain dengan menggunakan topologi bus. Dalam topologi tree terdapat beberapa tingkatan jaringan, untuk jaringan yang berada pada tingkat yang lebih tinggi akan dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat yang lebih rendah.



              Kelebihan dan keurangan topologi tree

              Sama dengan topologi lainnya topologi tree juga mempunyai kelebihan dan kekurangan, adapun kelebihan dan keurangan topologi tree adalah sebagai berikut :

              Kelebihan Topologi Jaringan Tree


              • Topologi tree cocok untuk jaringan dengan skala besar karena topologi ini akan membagi seluruh jaringan mejadi bagian - bagian yang mudah untuk diatur
              • Pada topologi tree semua komputer akan memiliki akses langsung ke node tetangga jaringan dan juga hub pusat. Pada topologi ini memungkinkan beberapa perangkat jaringan dihubungkan dengan hub pusat.
              • Topologi tree memungkinkan untuk memiliki jaringan point to point.
              • Topologi tree menyediakan ruangan yang cukup besar untuk ekspansi jaringan pada masa depan
              • Mudah untuk mendeteksi kerusakan dan kesalahan pada jaringan.

              Kekurangan Topolgi Jaringan Tree


              • Menggunakan banyak kabel sehingga biaya yang dikeluarkan mahal.
              • Rentang terhadap gangguan seluruh jaringan, jika terjadi kesalahan pada jaringan tingkat tinggi, maka jaringan tingkat rendah akan terganggu.
              • Sering terjadi tabrakan antar topologi jaringan
              • Sangat tergantung pada HUB.
              • Aliran data pada jairngan ini lambat.

              Jadi dapat disimpulkan bahwa topologi jaringan komputer jenis tree ini sangat cocok untuk jaringan dengan skala besar karena topologi ini merupakan gabungan dari beberapa topologi jaringan.


              6. Topologi linear (beruntut)


              Topologi jaringan komputer linear biasa disebut dengan topologi bus beruntut, untuk tata letak topologi ini termasuk tata letak umum. Kabel utama menghubungkan titil sambuangan komputer, penyambung yang digunakan adalah penyambung-T dan ujung dari sambungan harus diberi sebuah panamat (terminator). Jenis penyambung yang digunakan adalah BNC (British Naval Connector: Penyambung Bahari Britania). BNC adalah nama penyambung bukan nama kabelnya, kabel yang digunakan adalah RG 58 (Kabel Sepaksi Thinnet). 



              Pemasangan topologi linear ini sangat sederhana dan biaya yang dikeluarkan juga murah akan  tetapi komputer yang dapat dihubungkan hanya terdiri dari 5-7 komputer saja.
              1. Penyambung kabel BNC digunakan untuk menghubungkan kabel ke penyambung-T.
              2. Penyambung-T BNC digunakan untuk menghubungkan kabel ke komputer.
              3. Penyambung tabung BNC (BNC barrel connector) digunakan untuk menyambung 2 kabel BNC.
              4. Penamat BNC digunakan ntuk menandai akhir dari topologi bus.

              Keuntungan dan kerugian topologi bus linier (beruntut)

              Topologi jaringan linear ini mempunyai keunggulan dan kelemahan , untuk keunggulan dan kelemahan dapat disimak dibawah ini :

              Kelebihan topologi linear

              • Topologi linear ini hemat dalam penggunaan kabel
              • Dalam rangkainnya tata letak kabel sederhana
              • Topologi inii mudah untuk dikembangkan
              • Topologi linear tidak membutuhkan kendali pusat
              • Dalam penambahan dan pengurangan terminator dapat dilakukan tanpa mengganggu operasi yang berjalan
              • Biaya yang digunakan relative murah.

              Kekurangan topologi linear

              • Pendeteksian dan isolasi kesalahan pada topologi ini sangat kecil
              • Kepadatan lalu lintas pertukaran data tinggi
              • Untuk keamanan data yang menggunakan topologi linear kurang terjamin
              • Jika ada penambahan komputer maka kecepatan akan menurun
              • Topologi ini memerlukan pengulang (repeater) untuk pertukaran data jarak jauh.

              Demikianlah pembahasan mengenai topologi jaringan komputer semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam memahami materi jaringan komputer, terima kasih.
              loading...




              0 Response to "Pengertian dan Jenis - Jenis Topologi Jaringan Komputer dibahas Lengkap"