Pengertian dan Fungsi Joomla Serta Bagian - Bagian dari Joomla

Pengertian dan Fungsi Joomla Serta Bagian - Bagian dari Joomla - Joomla merupakan salah satu CMS ( Content Management System) terbaik saat ini yang memungkinkan Anda untuk membangun website dengan cepat, mudah, dan dapat diandalkan. Banyak kelebihan yang dimiliki Joomla! sehingga menjadi salah satu software website paling populer, termasuk di dalamnya adalah kemudahan dalam penggunaan dan pengembangannya. Saat ini joomla banyak digunakan untuk membuat website perusahaan, sekolah dan blogging. Nah jika Anda bisa mengusai joomla maka Anda bisa membuat website sendiri dengan mudah tanpa harus menjadi web master dahulu. Dalam mempelajrai joomla skill yang dibutuhkan cukup materi dasar HTML, PHP, CSS dan MySQL.
Pengertian dan Fungsi Joomla Serta Bagian - Bagian dari Joomla

Pengertian Joomla


Pengertian joomla menurut wikipedia Joomla adalah Sistem manajemen konten (SMK atau CMS) yang bebas dan terbuka (free opensource) ditulis menggunakan PHP dan basisdata MySQL untuk keperluan di internet maupun intranet. Joomla pertamakali dirilis dengan versi 1.0.0. Fitur-fitur Joomla! diantaranya adalah sistem caching untuk peningkatan performansi, RSS, blogs, poling, dll. Joomla! menggunakan lisensi GPL. Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Swahili jumla yang mengandung arti "kebersamaan". Anda bisa download joomla di https://www.joomla.org/download.html 

Joomla! merupakan software Open Source yang dibutuhkan banyak orang sebagai solusi tepat untuk memiliki website yang dapat diandalkan dan dapat diperoleh secara gratis oleh siapa saja di muka bumi ini. Anda bisa mulai belajar joomla menggunakan local server dengan membaca artikel pada link bawah ini. 

Baca : Cara terbaru install joomla 3 di localhost menggunakan xampp

Fungsi Joomla


Fungsi utama joomla adalah untuk membangun sebuah website dengan cepat dengan teknologi terbaru. Joomla digunakan penjuru belahan dunia untuk membangun berbagai jenis website dengan skala kecil, menengah, atau pun besar. Joomla biasa digunakan untuk membuat website seperti website-website individu, sekolahan, portal komunitas, organisasi non profit, bisnis berskala kecil, pemerintahan, publikasi online, intranet dan ekstranet, layanan online dan e-commerce, majalah  dan website perusahaan-perusahaan besar. 

Berikut beberapa jenis website yang dapat dibangun dengan CMS Joomla :

1.  Website corporate atau portal
2.  Website e-commerce
3.  Website untuk perusahaan kecil
4.  Website untuk organisasi Non-profit
5.  Website untuk Pemerintah
6.  Website untuk keperluan internet
7.  Website untuk sekolah dan Perguruan Tinggi
8.  Website Pribadi atau blog
9.  Website untuk komunitas dan portal
10. Website untuk majalah, koran, dan tabloid
11. Dan Lain-lain

Dalam perkembangannya banyak aplikasi yang dapat dibangun menggunakan Joomla. Selain aplikasi website joomla bisa digunakan untuk membuat dan mengembangkan aplikasi mobile yaitu dengan menggunakan joomla mobile. Joomla mempunyai banayk keunggulan dan kemudahan dalam mengembangkan website maka dari itu joomla menjadi pilihan banyak orang dalam pembuatan website-nya. Di samping itu, Joomla juga mudah di installasi, mudah dalam pengelolaannya dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan kita. Dalam perjalanan perkembangannya joomla mempunyai prinsip, fleksibel, simple, elegant, customizable, dan powerful.

Dalam sejarahnya joomla merupakan pengembangan dari open source project Mambo, yang dahulu sering  disebut  sebagai  Mambo  Open  Source  atau MOS. Mambo sendiri sebenarnya dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Miro. Miro memberikannya kepada komunitas open source (komunitas pengembang) sebuah variant WCMS yang gratis untuk dikembankan. Setelah menyerahkannya pada komunitas, MOS berkembang dengan baik. 

Setelah mengalami perkembangan yang sangat pesat pada bulan Agustus 2005 terjadi perselisihan prinsip antara pihak komunitas pengembang MOS dengan MIRO. Akibat dari perselisihan dan perbedaan prinsip ini, beberapa orang tim MOS keluar dari project tersebut dan akhirnya membentuk project open source baru yang diberi nama Joomla. Nah, kata Joomla sendiri diambil dari kata Jumla, bahasa Suaheli dari penduduk Kenya dan Tanzania di benua Afrika yang berarti "all this together" yang artinya adalah kebersamaan.

Tepatnya pada tanggal 17 September 2005, resmi dirilis Joomla versi 1.0.0. Versi ini merupakan versi alias dari Mambo versi 4.5.3 Joomla  secara  terus menerus dikembangkan  melalui  berbagai  aktivitas  oleh komunitas yang sangat aktif dan tertarik dengan system ini. Untuk melihat versi terbaru dari joomla silahkan kunjungi joomla.org

Interface Joomla


Interface merupakan tampilan antarmuka sebuah aplikasi jadi ketika disebutkan interface joomla berarti tampilan website joomla. Website yang dibangun menggunakan joomla mempunyai dua user interface (tampilan antarmuka) yaitu : 

1. Halaman Depan (Front End)

Halaman depan website yang juga biasa disebut front end adala sebuah sisi atau bagian halaman depan sebuah situs tempat pengunjung mengakses website kita. Jadi, halaman depan adalah halaman pengunjung website.

2. Halaman Administrator (Back End)

Halaman aministrator atau biasa disebut back end adalah sebuah bagian dimana admin melakukan pengaturan website seperti mengisi artikel (konten) menginstal (dan uninstall) aplikasi (extentions) tambahan joomla, menghapus data, menghapus user dan lain-lain semua dilakukan di sisi ini. Hanya seorang dengan status (akses level) Super Administrator saja yang bisa masuk ke halaman ini. Jadi, halaman administrator adalah halaman untuk admin website.

Bangian - Bagian Joomla


Pengertian dan Fungsi Joomla Serta Bagian - Bagian dari Joomla

1. Komponen

Komponen adalah ekstensi yang paling besar dan kompleks dari semua yang ada. Ciri pokok dari component joomla adalah selalu berada menempati ruang bagian body content. Ruang body content maksudnya adalah isi konten dari sebuah website.

2. Module

Module adalah ekstensi yang ringan dan fleksibel yang dipakai guna pembuatan halaman. Modul-modul ini biasa dikenal sebagai "kotak-kotak" yang tersusun disekitar komponen, contohnya: modul masuk (login). 

3. Plugin

Plugin merupakan tool penunjang suatu komponen atau modul yang berkaitan pada joomla. Plugin tersebut menyatu dengan komponen atau modul joomla. Biasa digunakan untuk memperkaya format tampilan komponen atau modul untuk spesifikasi fungsi tertentu sesuai kebutuhan user/pengguna.

4. Template

Template pada dasarnya adalah desain situs web Joomla. Template merupakan pilihan tampilan Joomla, secara default (standar ) ketika kita melakukan instalasi awal joomla terdapat tiga pilihan template yang dapat dipakai, diuninstall atau ditambah lagi pilihan template terebut.

5. Language (Bahasa)

Language (Bahasa) adalah pilihan bahasa yang dapat dipakai dalam system web joomla, jadi bukan pada masalah translation (terjemahan) isi / konten website Contoh pada joomla terdapat pilihan read more pada artikel akan berubah menjadi baca selengkapnya jika kita menginstal dan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa default

Nah demikialah tadi pembahasan mengenai Pengertian dan Fungsi Joomla Serta Bagian - Bagian dari Joomla, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin mempelajari joomla. Untuk mempelajari lebih lanjut silahkan baca Fitur-fitur baru dalam joomla 3.
loading...




0 Response to "Pengertian dan Fungsi Joomla Serta Bagian - Bagian dari Joomla"