Cara Menampilkan File Yang Disembunyikan Virus di Flashdisk Menggunakan CMD

Cara menampilkan file yang disembunyikan virus di flashdisk menggunakan CMD - Virus komputer merupakan program yang merusak dan mengganngu kinerja komputer, bahkan sebagian virus digunakan untuk spywer atau mata - mata dengan tujuan mencuri data seperti password , file penting dan lain - lain. Salah satu varian virus komputer adalah virus shortcut yang biasa menginfeksi flashdisk, biasanya kita mengistilahkan flashdisk kena virus hidden, karena file atau folder di flashdisk hilang dan beribah menjadi shortcut.

Cara menampilkan file yang disembunyikan virus di flashdisk menggunakan CMD

Cara kerja virus ini adalah menyembunyikan file asli dan menggatinya dengan file duplikat atau shortcut, nah cara mengembalikan data yang terkena virus shortcut ini bisa dilakukan dengan menggunakan command prompt atau lebih dikenal dengan CMD. Sebagian orang menggunakan antivirus smadav untuk membersihkan virus ini, namun jika tidak mempunyai antivirus ini cara mudahnya adalah menggunakan CMD (Command Prompt). Kelebihan menggunakan CMD adalah bisa menampilkan file atau folder yang disembunyikan virus shortcut, nah kalau smadav dalam beberapa kasus hanya menghilangkan virus shortcut tanpa mengembalikan file atau folder yang disembunyian virus shortcut.

Dalam artikel ini kita akan mebahas cara mengembalikan file yang disembunyikan virus shortcut di flashdisk lewat cmd, namu sebelum itu kita akan mengenal dahulu apa itu virus shortcut ? 

Pengertian virus shortcut


Virus Shortcut merupakan sebuah virus yang membuat junction dan shortcut dari file atau folder tertentu dan membunyikan file atau folder aslinya. Virus shortcut dilengkapi dengan folder recycler, untuk folder recycled tergantung dari jenis virusnya. Virus hortcut juga disisipi virus trojan dan virus worm untuk melakukan eksploitasi pada sistem windows terutama explorer.exe dan cmd.exe sehingga virus ini bisa menyerang sitem operasi windows yang digunakan .

Baca juga : Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Komputer Secara Permanen

Virus shortcut mempunyai beberapa varian, untuk pendahulu viirus ini adalah dadan yang mempunyai ciri - ciri terdapat folder recycler pada media penyimpanan. Selanjuntanya disusul dengan virus Ramit dengan ciri-ciri membuat folder recycled. Untuk varian virus shortcut terbaru adalah Autoit.anaj. Autoit.anaj berciri-ciri bisa membuat folder recycler dikompresi menjadi recycler.exe. Persamaan dari tingkah laku virus ini adalah menyembunyikan file, membuat junction / shortcut untuk menjebak pengguna mengaktifkan virus secara tidak sengaja, membuat link dengan ekstensi lnk.


Ciri-ciri dari virus shortcut


Pada dasarnya setiap virus komputer ini mempunyai ciri - ciri tertentu begitu juga dengan virus shortcut, berikut ini adalah ciri - ciri dari virus hortcut yang menginfeksi komputer atau laptop Anda.

1. Virus shortcut setelah menginfeksi komputer akan membuat file induk dengan nama database.mdb yang berada di folder MyDocuments. 

2. Virus shortcut ketika menginfeksi komputer akan membuat file autorun.inf pada setiap drive dan folder anda.

3. Virus shortcut akan membuat file thumb.db yang serupa dengan file chace bawaan windows, untuk itu harus berhati - hati ketika akan menghapus file thumb.db yang ada pada komputer.

4. Virus shortcut untuk menjebak user yang menggunakan komputer maka virus ini akan membuat file microsoft.ink dan extensi.ink disetiap folder drive. Ketika file ini diklik maka langsung akan mengaktifkan virus tersebut. 

5. Terdapat file wscript.exe yang berjalan di system komputer, untuk mengeceknya bisa dilihat pada task managerdan  jika ada matikan saja, karena dalam keadaan normal tidak ada file wscript.exe.

Cara menampilkan file yang disembunyikan virus di flashdisk menggunakan CMD


Cara mengembalikan atau menampilkan file yang terkena virus shortcut bisa menggunakan CMD (Command prompt), Berikut ini adalah cara menampilkan file yang disembunyikan virus pada flashdisk :

1. Klik start kemudian pilih RUN atau tekan tombol Windows + R
2. Ketik: cmd lalu enter
3. Ketik nama drive misal G: lalu enter
4. Ketik: attrib -s -h -r *.* /s /d
5. Tunggu sampai muncul G:\>
6. Selesai

Keterangan:

  • attrib adalah salah satu perintah pada cmd
  • -s adalah perintah untuk menghilangkan attribut pada system file
  • -h adalah perintah untuk menghilangkan attribut pada hidden file
  • -r adalah perintah untuk menghilangkan attribut pada Read Only File
  • *.* adalah ekstensi untuk semua file (.jpg, .png, .mp3 dsb)
  • /s adalah sub directory
  • /d adalah directory

Untuk lebih jelasnya kami coba praktekan cara menghilangkan virus shortcut di flashdisk dengan lengkap disertai gambar sehingga mudah untuk di ikuti, berikut caranya :

1. Klik start lalu pilih RUN atau cara mudahnya klik tombol berlambang windows + R

2. Selanjutnya ketikan cmd lalu tekan enter

Cara menampilkan file yang disembunyikan virus di flashdisk menggunakan CMD

3. Ketik nama drive misal G: lalu enter (Disesuikan dengan letak flashdisk lihat di exploler)

Cara menampilkan file yang disembunyikan virus di flashdisk menggunakan CMD

5. Ketikan attrib –s –h –r *.* /s /d

Cara menampilkan file yang disembunyikan virus di flashdisk menggunakan CMD

6. Tunggu sampai muncul; G:\>

Cara menampilkan file yang disembunyikan virus di flashdisk menggunakan CMD

7. Selesai

Demikianlah pembahasan mengenai cara menampilkan file yang disembunyikan virus di flashdisk menggunakan CMD semoga dapat membantu Anda dalam membersihkan virus shortcut yang menginfeksi flashdisk Anda.
loading...




0 Response to "Cara Menampilkan File Yang Disembunyikan Virus di Flashdisk Menggunakan CMD"