Tutorial Belajar HTML Bagian 2 : Pengertian Fungsi dan Contoh HTML

Pengertian Fungsi dan Contoh HTML - Pada tutorial belajar HTML ini kita akan berkenalan dahulu dengan yang namanya HTML dan contoh dari pada HTML. Tentunya bagi Anda yang baru belajar membuat website akan bertanya-tanya Apa itu HTML ? Apa fungsi HTML ? Lalu bagaimana contoh dari pada HTML itu ? . Untuk menjawab semua rasa penasaran Anda ini saya telah membuat artikel tentang pengenalan HTML yang akan membahas pengertian dan contoh HTML.

Pengertian HTML


HTML adalah singktan dari Hyper Text Markup Language yaitu sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language. Tapi mengetahui singkatannya saja tidak akan cukup. Karena itu saya akan menyajikan arti dari kata kata tersebut.
  • HyperText adalah metode dimana kita "berpindah" disekeliling web, dengan mengeklik sebuah teks yang bernama hyperlink. Hyperlink adalah sebuah teks khusus di internet, dimana saat teks tersebut diklik, akan membawa kita ke halaman web selanjutnya/halaman web lain yang telah ditentukan.
  • Markup adalah hal yang dilakukan oleh tag HTML kepada teks yang ada didalamnya. HTML menandai teks yang berada didalamnya sebagai tipe teks tertentu. Misalnya saja jika kita menandai sebuah teks dengan tag html , maka teks tersebut akan berubah menjadi italic (huruf yang miring). Sedangkan jika kita menandainya dengan , maka teks tersebut akan berubah menajadi bold (huruf tebal).
  • Language yang berarti bahasa. HTML adalah sebuah bahasa, yang memiliki kata kata berupa kode dan syntax seperti bahasa yang lain.
Nah perlu Anda ketahui juga HTML disebut hypertext karena di dalam HTML sebuah text biasanya dapat berfungsi lain, kita dapat membuatnya menjadi link yang dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya dengan hanya meng-klik text tersebut. Kemampuan text inilah yang dinamakan hypertext, walaupun pada implementasinya nanti tidak hanya text yang dapat dijadikan link.

Belajar html - Pengertian dan Contoh HTML

HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee Robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).

Disebut Markup Language karena bahasa HTML menggunakan tanda (mark), untuk menandai bagian-bagian dari text. Misalnya, text yang berada di antara tanda tertentu akan menjadi tebal, dan di antara tanda lainnya akan tampak besar. Tanda ini akan kita kenal di HTML sebagai tag

HTML merupakan bahasa dasar pembuatan web. Disebut dasar karena dalam membuat web, jika hanya menggunakan HTML, tampilan web kita akan terasa hambar. Terdapat banyak bahasa pemograman web yang ditujukan untuk memanipulasi kode HTML, seperti JavaScript dan PHP. Namun sebelum anda belajar JavaScript maupun PHP, memahami HTML merupakan hal yang paling awal.

HTML bukan bahasa pemograman (programming language), tetapi bahasa markup (markup language), hal ini terdengar sedikit aneh, tapi jika anda telah mengenal bahasa pemograman lain, dalam HTML tidak akan ditemukan struktur yang biasa di temukan dalam bahasa pemograman seperti IF, LOOP, maupun variabel. HTML hanya sebuah bahasa struktur yang fungsinya untuk menandai bagian-bagian dari sebuah halaman.

Selain HTML, dikenal juga xHTML yang merupakan singkatan dari eXtensible Hypertext Markup Language. xHTML merupakan versi tambahan dari HTML. Untuk tahap ini anda boleh menyebut bahwa xHTML itu juga HTML. Jadi HTML ini merupakan pondasi dasar untuk membuat tampilah sebuah website yang wajib dikuasai oleh seseorang yang ingin membuat atau mengembangkan website.

Sejarah Singkat HTML


Untuk menambah wawasan kita dalam mengenala HTML ada baiknya kita mengetahui sejarah HTML. Nah sejarah HTML dimuali pada tahun 1980 dimana seorang ahli fisika, Tim Berners-Lee, dan juga seorang kontraktor di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) mengusulkan dan menyusun ENQUIRE, sebuah sistem untuk ilmuwan CERN dalam membagi dokumen. Sembilan tahun kemudian, Berners-Lee mengusulkan adanya sistem markah berbasis internet. Berners-Lee menspesifikasikan HTML dan menulis jaringan beserta perangkat lunaknya di akhir 1990. 


Pada tahun yang sama, Berners-Lee dan Robert Cailliau, insinyur sistem data CERN berkolaborasi dalam sebuah permintaan untuk pendanaan, namun tidak diterima secara resmi oleh CERN. Di catatan pribadinya sejak 1990 dia mendaftar "beberapa dari banyak daerah yang menggunakan hypertext" dan pertama-tama menempatkan sebuah ensiklopedia.


Kemudaian HTML pertama kali diciptakan oleh IBM pada tahun 1980. Saat itu tercetus ide untuk menempatkan elemen elemen yang berguna untuk menandai bagian suatu dokumen seperti judul, alamat dan isi dokumen. Pada akhirnya elemen element tersebut dibentuk menjadi suatu program untuk melakukan pemformatan dokumen secara otomatis.

Penjelasan pertama yang dibagi untuk umum dari HTML adalah sebuah dokumen yang disebut "Tanda HTML", pertama kali disebutkan di Internet oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1991. Tanda ini menggambarkan 18 elemen awal mula, versi sederhana dari HTML. Kecuali untuk tag hyperlink, yang sangat dipengaruhi oleh SGMLguid, in-house Standard Generalized Markup Language (SGML) berbasis format dokumen di CERN. Sebelas elemen ini masih ada di HTML 4.

HTML adalah bahasa markah yang digunakan peramban untuk menafsirkan dan menulis teks, gambar dan bahan lainnya ke dalam halaman web secara visual maupun suara. Karakteristik dasar untuk setiap item dari markah HTML didefinisikan di dalam peramban, dan karakteristik ini dapat diubah atau ditingkatkan dengan menggunakan tambahan halaman web desainer CSS. 


Banyak elemen teks ditemukan di laporan teknis ISO pada tahun 1988 TR 9537 Teknik untuk menggunakan SGML, yang pada gilirannya meliputi fitur bahasa format teks awal seperti yang digunakan oleh komandan RUNOFF dikembangkan pada awal 1960-an untuk sistem operasi: perintah-perintah format ini berasal dari perintah yang digunakan oleh pengetik untuk memformat dokumen CTSS secara manual. Namun, konsep SGML dari markah umum didasarkan pada unsur-unsur daripada hanya efek cetak, dengan pemisahan struktur dan markah juga, HTML telah semakin bergerak ke arah ini dengan CSS.

Fungsi HTML


Sebagai bahasa markup HTML memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Beberapa manfaat atau fungsi dari HTML diantaranya :
  • HTML berfungsi untuk Membuat Halaman Web. Bahasa HTML digunakan untuk membuat halaman web. Semua halaman web pasti dibuat dengan menggunakan HTML.
  • HTML Sebagai Pondasi Bagi Sebuah Website. Sebuah rumah jika tidak memiliki pondasi maka akan cepat roboh. Begitu juga dengan website. Jika tidak memiliki HTML sebagai pondasi, kita tidak dapat mengimplementasikan bahasa lainnya seperti CSS (bahasa untuk mendesain website), Javascript (bahasa untuk menambah prilaku website), dan PHP (bahasa pemrograman server website). 
  • HTML berfungsi untuk menandai teks pada halaman web. Misalnya, kita dapat menandai sebuah teks menjadi bergaris bawah dengan menggunakan tag html
  • HTML berfungsi untuk menandai elemen/bagian pada halaman web. Sebuah website memiliki beberapa bagian seperti header, navigasi, main dan footer. Kita dapat menandai setiap bagiannya dengan HTML.
  • HTML berfungsi untuk menampilkan informasi dalam bentuk tabel
  • HTML berfungsi untuk menambahkan objek seperti audio, video, gambar, dll dalam halaman web
  • HTML berfungsi untuk membuat online form dihalaman website
Jadi dapat disimpulkan bahawa Fungsi HTML adalah untuk membuat sebuah halaman website dan juga memperlihatkan  berbagai informasi yang di inputkan ke dalam HTML tersebut seperti teks, gambar, video, dan lainnya sehingga bisa ditampilkan melalui web browser. Selain itu HTML juga bisa digunakan untuk membuat sebuah link/alamat yang kemudian menuju ke sebuah halaman website lainnya dengan kode tertentu. 

Perkembangan Versi HTML


Berikut ini adalah sejarah perkemabangan versi HTML dari pertama kali rilis sampai dengan sekrang.

HTML 1.0 


HTML 1.0 adalah versi pertama dari HTML. Pada saat ini tidak banyak orang yang ikut berpartisipasi dalam pembuatannya. Fitur dari versi ini pun masih terbatas. Antar lain heading, paragraf, hypertext, list, efek tebal dan miring pada teks. Versi 1.0 juga mendukung peletakan gambar, namun tidak mendukung adanya teks disekeliling gambar.

HTML 2.0 


HTML 2.0 masih membawa fitur sebelumnya dari versi 1.0, dengan tambahan beberapa vitur baru. Fitur tersebut adalah form. Dengan form, kita dapat memasukkan data data seperti nama, alamat, serta komentar. Hadirnya fitur form ini menjadi awal terbentuknya website yang interaktif.

HTML 3.0 


Pada versi ini, mulai banyak orang yang ikut memberikan kontribusi pada HTML. Fitur baru yang hadir di versi ini salah satunya adalah tabel. Versi HTML ini tidak bertahan lama dikarenakan banyak permasalahan seperti perang antar browser. Karena itu, HTML ini segera diganti lagi menjadi versi 3.2 

HTML 3.2


Perang antar browser terus berlanjut dikarenakan mereka membuat tag HTML mereka sendiri. Untuk menghentikan hal ini, dibentuklah sebuah organisasi yang menangani standard dari HTML. Organisasi ini bernama World Wide Web Consortium (W3C). 

HTML 4.0 


Dengan hadirnya W3C sebagai standarisasi HTML, perang browser terhenti. HTML lalu berkembang menjadi HTML 4.0. Versi ini memuat banyak sekali revisi dan perubahan dari versi sebelumnya. Perubahan ini terjadi di hampir seluruh perintah HTML seperti text, link, image, imagemaps, table, form, meta, dan lain lain.

XHTML 1.0 


XHTML ini merupakan sebuah kombinasi antara HTML dan XML (Extensible Markup Language) selain itu juga merupakan bentuk sempurna dimana arti nya, lebih lengkap dan bersih dibandingkan HTML. Tujuan XHTML ini yaitu untuk menggantikan HTML. XHTML ialah bentuk HTML yang di sebutkan juga sebagai aplikasi XML yang artinya XHTML berisi semua elemen dalam HTML 4.01 yang di gabungkan dengan sintaks XML.

HTML 5 


adalah versi terakhir dari HTML saat artikel ini ditulis. HTML 5 membawa banyak sekali perubahan terhadap versi sebelumnya. Banyak tag baru yang diperkenalkan, seperti <header> , <aside> , <section> , <footer> dan tag menarik lainnya. Selain itu, HTML 5 mendukung streaming video tanpa menggunakan flash tag yang digunakan adalah <video>.

Contoh HTML


Berikut ini adalah contoh dari koding HTML dimana HTML yang digunakan adalah HTML 5

  

Nah itulah tadi penjelasan mengenai Perngertian Fungsi dan Cohtoh HTMl dan selajuntya untuk mengedit kode HTML dibutuhkan aplikasi untuk dijadikan editor HTML. Dalam tutorial belajar HTML dasar selanjutnya, kita akan membahas tentang Tutorial Belajar HTML Bagian 3 : Aplikasi Untuk Editor HTML.
loading...




0 Response to "Tutorial Belajar HTML Bagian 2 : Pengertian Fungsi dan Contoh HTML"