Perbandingan, Kelebihan, Kekuranagan Blogger dengan Wordpress

Perbandingan, Kelebihan, Kekurangan Blogger dengan Wordpress - Saat ini ada dua platform yang banyak digunakan dalam aktivitas blogging yaitu wordpress dan blogger / blogspot. Membicarakan kedua platform (blogspot atau wordpress) tersebut tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, untuk itu artikel ini kan mengulas mengenai kekurangan dan kelebihan blogger dengan wordpreess atau lebih kerennya blogger vs wordpress. 

Yang sering menjadi pertanyaan apa kelebihan dan kekurangan wordpress ? dan lebih baik wordpress atau blogger ? 

Baiklah jika Anda ingin mengetahui lebih bagus blogspot atau wordpress silahkan disimak penjelasan dibawah ini.

Wordpress


Wordpress adalah  adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress merupakan salah satu aplikasi Content Management System (CMS), Versi instan bisa didapatkan dengan mendaftar di situs WordPress.com, sedangkan versi instal atau WordPress self-hosted bisa didapatkan dengan mengunduhnya dari  situs resmi WordPress.org. Keduanya bisa digunakan gratis.



perbedaan antara wordpress.com dan wordpress.org. Secara singkatnya yaitu, wordpress.com gratis dan Anda hanya fokus menulis saja, sedangkan di wordpress.org Anda akan menggeluti dan memakai hosting, dan tentunya jelas akan mengeluarkan biaya. Bisa dibilang akan berfikir sana-sini dan berpusing ria. Anda bisa melihat penjelasan resmi mengenai perbedaan wordpress.com dengan wordpress.org di situs resminya support.wordpress.com

Membuat blog di wordpress didukung oleh plugin plugin yang sangat membantu dalam pengaturan konten dan SEO,

Kelebihan Wordpress :
  1. Terintegrasi dengan berbagai Produk Automattic lain seperti akismet dan gravatar.
  2. Proses Sign up mudah
  3. Bisa memiliki banyak blog dalam satu account
  4. Fitur My Comments. Jika anda memberikan komentar di blog wordpress.com lainnya, anda dapat mlihatnya di dashboard blog anda
  5. Fitur BlogStat. Anda dapat melihat statistik blog anda. Berapa pengunjung yang datang, search term apa yang mereka pakai, Post paling diminati pengunjung, dan lain – lain.
  6. Tampilan dashboard blog yang fancy.
  7. Tersedia navigasi dalam bahasa Indonesia
  8. Template bawaan yang disediakan oleh wordpress sangat banyak

Kekurangan Wordpress :
  1. Tidak bisa pasang script adsense untuk wordpress yang gratis 
  2. Tidak bisa edit CSS. Sebenarnya bisa sih, tapi anda harus upgrade layanan ke versi berbayarnya. 
  3. Tampilan dashboard sedikit kompleks.
  4. Tidak bisa menambah plugin

sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). Tutorial ini akan membahas cara membuat blog di wordpress gratis dan terbaru.

Blogspot / Blogger


Blogger adalah suatu media Internet yang menyediakan sebuah catatan pribadi yang bisa dilihat oleh semua pengguna Internet dan menjadi sebuah media untuk berbagi informasi dengan mudah dan gratis


Nah jika sebelumnya telah diterangkah kelebihan dan kekurangan wordpress, lalu apa si kelebihan dan kekurangan blogger ?



Blogger adalah suatu media Internet yang menyediakan sebuah catatan pribadi yang bisa dilihat oleh semua pengguna Internet dan menjadi sebuah media untuk berbagi informasi dengan mudah dan gratis


Kelebihan Blogger
  1. Terintegrasi dengan Google Account. Jika anda memiliki account di gmail atau Google reader, otomatis anda sudah memiliki account blogger.com
  2. Proses Sign Up yang mudah.
  3. Bisa memasang script AdSense.
  4. Panel Kontrol yang sangat sederhana dan mudah dimengerti.
  5. Tersedia navigasi dalam bahasa Indonesia.
  6. File CSSnya dapat diedit.
  7. Navigasi admin sederhana, dan mudah dimengerti : posting, Pengaturan, Tata Letak
  8. Ada widget untuk polling
  9. Bisa memiliki banyak blog dalam satu account
Kekurangan Blogger
  1. Tampilan dashboard terlalu sederhana. kurang fancy
  2. Pilihan template bawaan terlalu sedikit, sehingga banyak blog dengan tampilan sejenis. Hey, siapa yang suka menjadi generik?
  3. Jika pengunjung hendak memberikan komentar, pengunjung perlu membuka halaman baru. Ini cukup menjengkelkan.
  4. Tidak bia melihat statistik pengunjung. jumlah pengunjung, search term yang mereka pakai, dari mana mereka berasal, dan berbagai statistik lain. ( kecuali anda memasang script tracker Google Analytics di widget anda. sedang kami uji coba nih.
Jadi sekarang yang menjadi pertaanyaan lagi adalah pilih wordpress atau blogger ?

pada artikel diatas telah dijelaskan kelebihan blogger dan wordpress serta kekurangan yang ada pada blogger dan wordpress.

Kalau sepengalaman saya untuk pemula silahkan gunakan blogger karena fiturnya gratis pengaturan navigasi dan setting template mudah, jadi sangat cocok bagi para pemula yang akan memulai aktivitas bloggin. 

Nah bagi anda yang ingin full dalam mengantur blog anda silahkan gunakan wordpress , namu siapkan dulu domain dan hosting sendiri. disini yang saya maksud adalah wordpress.org yang menggunakan hosting dan domain sendiri, jika anda menggunakan wordpress.com yang gratis maka anda akan dibatasi mengunakan thema dan pluginnya.

Terima kasih telah menyimak artikel Perbandingan, Kelebihan, Kekuranagan Blogger dengan Wordpress, silahkan tinggalkan komentar anda jika menemukan kelebihan dan kekurangan blogger dengan worpress lainnya atau share mengenai keduanya.

loading...




1 Response to "Perbandingan, Kelebihan, Kekuranagan Blogger dengan Wordpress"