Tutorial PHP Pemula Bagian 28 : Pengertian dan Cara Menggunakan Fungsi di PHP

Pengertian dan Cara Menggunakan Fungsi di PHP -  Jika pada tutorial sebelumnya kita telah mempelajari Cara menggunakan foreach pada php, maka pada  tutorial dasar php yang ditujukan untuk pemula ini kita akan membahas mengenai pengertian fungsi di php dan bagaimana cara menggunakan fungsi di pemrogrman PHP. 

Pengertian Fungsi di PHP


Fungsi adalah blok program yang didefinisikan dengan nama tertentu dan digunakan untuk melaksanakan tugas-tugas yang spesifik. Berapa kalipun kita memanggil fungsi, fungsi tersebut hanya akan dikompilasi sekali oleh compiler. Fungsi berguna untuk membuat kode program lebih bersifat modular dan lebih mudah dibaca.

Pernakah anda mendengar istilah 'lazy progamming' ? apakah artinya programmer yang malas, tentu saja tidak, tetapi kita menggunakan fungsi yang telah dibuat oleh programmer lain daripada membuat kode program umum dari dasar yang kita bisa . Nah PHP menyediakan ribuan fungsi bawaan yang tersedia untuk membantu kita dalam merancang program. Dengan mengunakan fungsi, program php yang kita buat akan lebih praktis dan mudah dibaca.

Jika kita mengetahui cara penggunaan fungsi ini akan menghemat waktu pembuatan program dan membuat kode program menjadi lebih efisien. Bagi para programming, Lazy programming is smart programming, lalu bagaimana dengan anda ?

Jenis Fungsi dalam PHP


Dalam bahasa pemrograman PHP fungsi dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :

  1. Fungsi yang tidak mengembalikan nilai (sering disebut void function).
  2. Fungsi yang mengembalikan nilai.

Ciri fungsi yang mengembalikan nilai adalah, dalam fungsi tersebut selalu terdapat kunci return, dan kata kunci return ini bisanya terletak pada bagian akhir / baris akhir.

Berikut ini adalah contoh fungsi yang tidak mengembalikan nilai :


Berikut ini adalah contoh fungsi yang mengembalikan nilai :


Sebagai perbandingan bahasa pemrograman PHP dengan bahasa pemrograman lainnya:

  • Fungsi yang tidak mengembalikan nilai pada pemrograman pascal disebut prosedure.
  • Fungsi yang tidak mengembalikan nilai pada pemrograman C/C++ disebut void function.
  • Fungsi yang tidak mengembalikan nilai pada pemrograman java disebut void method.

Pada kedua fungsi mempunyai perdaan dalam pemanggilannya, oleh karena selanjutnya akan dibahas bagaimana cara memanggil fungsi yang mengembalikan nilai maupun yang tidak mengembalikan nilai.


Mendefinisikan dan Memanggil Fungsi di PHP


Bentuk umum dalam mendefinisikan fungsi di php adalah sebagai berikut :

function NamaFungsi(parameter1, paramneter2, ....]) {
   //Daftar statemen
   .....
}

Untuk statemen pada function tidak harus berupa kode PHP , bisa juga berupa kode html, sebagai contoh :


Badan fungsi diatas berisi kode HTML murni, bukan PHP. Untuk selanjutnya adalah contoh fungsi yang menggunakan kode PHP murni seperti di bawah ini :


Fungsi diatas memiliki 2 buah parameter yaitu $x dan $y. Untuk operator yang digunakan adalah perkalian ( * ) , jadi kedua nilai yang dilewatkan melalui parameter tersebut akan dikalikan nilainya. Variabel $hasil adalah variabel local yang berfungsi sebagai variabel temporari sebgai penampung nilai dan untuk memudahkan proses pembacaan algoritma.

Sebenarnya kita bisa menyederhanakan lagi fungsi diatas menjadi :


Nah pada bentuk function diatas kita tidak lagi menggunakan variabel local, ini artinya di dalam badan fungsi , nilai parameter akan di proses dan hasilkan langsung dikembalikan.

Untuk menggunkan menggunakan fungsi yang telah didefinisikan diatas, kita perlu memanggil fungsi yang telah dideklarasikan. Adapun cara untuk memanggil fungsi adalah sebagai berikut :

1. Fungsi yang tidak mengembalikan nilai

Untuk fungsi yang yang tidak mengembalikan nilai, cukup tuliskan nama fungsinya dan daftar parameternya, sebagai contoh :


2. Fungsi yang mengembalikan nilai 

Untuk fungsi yang mengembalikan nilai, sediakan variabel bantu untuk menampung nilai kembali fungsi. bisa juga dengan langsung memproses hasil dari fungsi tersebut, sebagai contoh :


Untuk lebih memahami kedua fungsi yang dijelaskan diatas marilah kita praktikan dengan menggunakan contoh fungsi lengkap dibawah ini :


  • Simpan kode diatas denang nama contohfungsi.php 
  • kemudian jalakan di browser anda maka hasilnya akan seperti dibawah ini :
Pengertian dan Cara Menggunakan Fungsi di PHP

Dalam program diatas kita mendefinisikan 2 buah fungsi, fungsi yang pertama adalah judul() dan fungsi kedua adalah kaliAngka() . Fungsi pertama yaitu judul() adalah untuk menampilkan text, dengan pemanggilan langsung tanpa menggunakan variabel local. Kemudian fungsi kedua yaitu kaliAngka() adalah fungsi yang digunakan untuk mengalikan nilai parameter dengan menggunakan operator kali ( * ) , pada fungsi ini digunakan variabel local $hasil untuk menampung nilai sebelum ditampilkan. 

Baiklah pada kesempatan kali ini kita telah selesai membahas Pengertian dan Cara Menggunakan Fungsi di PHP , Untuk tutorial selanjutnya akan membahas lebih dalam lagi mengenai contoh fungsi, untuk itu silahkan disimak Tutorial PHP Pemula Bagian 33 : Cara Penulisan dan Pembuatan Fungsi PHP
loading...




0 Response to "Tutorial PHP Pemula Bagian 28 : Pengertian dan Cara Menggunakan Fungsi di PHP"