Tutorial PHP Pemula Bagian 26 : Menggunakan Logika Do While di PHP

Menggunakan Logika Do While di PHP - Pada tutorial sebelumnya kita telah memperlajari logika Perulangan While di PHP, maka untuk selanjutnya pada  tutorial belajar php ini kita akan membahas mengenai logika perulangan dengan menggunakan perulangan do while dalam pemrograman PHP.

Pengertian dan Contoh Logika Perulangan Do While dalam PHP


Berbeda dengan while, pada struktur perulangan do-while kondisi akan diperiksa dibagian akhir blog, hal ini mengakibatkan statemen dalam bada pengulangan minimal akan diperiksa satu kali, meskipun kondisi yang didefinisikan ternyata tidak terpenuhi
 
Pengertian do-while dengan while pada dasarnya hampir sama. perbedaan while dan do while pada php terletak pada ’lokasi’ pengecekan kondisi perulangan.Dalam struktur while, pengecekan untuk kondisi perulangan di lakukan di awal, sehingga jika kondisi tidak terpenuhi, maka perulangan tidak akan pernah dijalankan.

Namun pada perulangan do-while, pengecekan kondisi akan dilakukan di akhir perulangan, sehingga walaupun kondisi adalah FALSE, perulangan akan tetap berjalan minimal 1 kali.

Berikut ini adalah bentuk struktur dasar perulangan Do-While di dalam pemrograman PHP:
do {
    statement;
    statement;
} while (condition); 
Setelah perintah do, di dalam blok kurung kurawal adalah statement. Statement adalah kode program yang akan diulang. Kita bisa membuat beberapa kode program untuk menampilkan perintah seperti echo, atau perintah yang lebih kompleks. Namun di dalam bagian ini harus ada baris program yang digunakan sebagai ’penghenti’ perulangan.

Condition adalah kondisi yang harus dipenuhi agar perulangan berlangsung. Selama condition bernilai TRUE, maka perulangan akan terus dilakukan. Condition ini akan diperiksa pada tiap perulangan, dan hanya jika hasilnya FALSE, maka proses perulangan berhenti.

Sebagai contoh sederhana perulangan do-while, berikut adalah kode perulangan untuk menampilkan angka 1 sampai dengan 10 pada web browser:

<?php
$i=1;
do
{
  echo "$i";
  echo "<br />";
  $i=$i+1;
} while ($i <= 10);
?>  
Bila dijalankan dibrwoser hasilnya adalah sebagai berikut :


Pada contoh di atas, statemen pada blok pengulangan akan dieksekusi terlebih dahulu sebelum kondisinya diperiksa.Selanjutnya dari kode diatas marilah kita analisa cara kerja struktur perulangan do-while diatas :

1. Mula-mula nilai variabel $i (variabel pencacah dalam perulangan) diinisialisasi dengan 0  
2. Program akan masuk kebadan perulangan dengan mengeksekusi statemen-statemen yang ada didalamnya
    pada saat eksekusi baris pertama, program akan mencetak nilai 0 ke layar browser Baris ke-0
    Pada saat eksekusi baris kedua, nilai $i akan dinaikan sebesar 1, sehingga nilai $i sekarang 1.
3. Program akan memeriksa kondisi ($i < 10>. Karena nilai $i sama dengan 1 maka program akan kembali kebagian awal pengulangan, dan akan kembali melakukan pengulangan statemen-statemen yang ada dalam badan pengulangan. Kali ini, karena $i bernilai 1, maka hasil yang akan diperoleh adalah :

   Baris ke-0
   Baris ke-1
Selanjutnya  nilai $i akan dinaikan lagi menjadi 2. begitu seterusnya sampai $i bernilai 9 sehingga akhir yang akan diperoleh adalah : 
   Baris ke-0
   Baris ke-1
   Baris ke-2
   Baris ke-3
   Baris ke-4
   Baris ke-5
   Baris ke-6
   Baris ke-7
   Baris ke-8
   Baris ke-9
   Baris ke-10
4. Ketika $i bernilai 10, program akan menghentikan proses pengulangan karena kondis ($i < 10) sudah tidak terpenuhi lagi (bernilai false).       
Untuk lebih memahami perulangan do-while dalam tutorial belajar php ini marilah kitah lihat contoh do while php dibawah ini : 

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
 <title>Form Do While di PHP</title>
</head>
<body>
 <h2>Form Do While di PHP</h2>
 <form action="prosesdowhile.php" method="post">
  Masukan Bilangan bulat positif :
  <input type="text" name="nilai">
  <input type="submit">
 </form>
</body>
</html>  
  • Simpan kode diatas dengan nama formdowhile.html
  • Buatlah file baru kemudian tuliskan dibawah ini :
<?php
$nilai = $_POST['nilai'];
if (isset($nilai)){
 $jumlah = 0;
 $i = 1;
 do {
  if($i != $nilai){
   echo "$i + ";
  }else{
   echo "$i = ";
  }
  $jumlah +=$i;
  $i++;
 }while ($i <= $nilai);
 echo $jumlah;
 
}
?>  
  • Simpan dengan nama prosesdowhile.php
  • Jalankan dibrwoser anda maka hasilnya adalah sebagai berikut :
  

 Klik submit maka hasilnya :


Pada contoh script perulangan do while pada php diatas hasil yang diperoleh ternyata sama dengan pengulangan dengan menggunakan while. perbedaan while dan do while pada php yang mendasar adalah masalah penempatan kondisinya saja. Pada logika perulangan while, pemeriksaan kondisi dilakukan diawal, sedangkan pada struktur logika perulangan do-while pemeriksaan kondisi ditempatkan pada bagian akhir.

belajar do while dalam pemrograman php sama seperti perulangan while, dalam perancangan perulangan do-while ini kita harus memahami alur logika program yang dibuat. Karena tidak seperti perulangan for dimana jumlah perulangan telah di tentukan di awal, untuk struktur do-while banyak perulangan di tentukan pada saat program mencapai kondisi FALSE. Kesalahan dalam alur logika akan membuat PHP tidak pernah berhenti memproses perulangan.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian Logika Perulangan Do-While di PHP. Tutorial selanjutnya akan membahas logika perulangan foreeach, untuk itu silahkan disimak Tutorial PHP Pemula Bagian 27 : Cara menggunakan foreach pada php

loading...




0 Response to "Tutorial PHP Pemula Bagian 26 : Menggunakan Logika Do While di PHP"