Tutorial PHP Pemula Bagian 27 : Cara menggunakan foreach pada php

Cara menggunakan foreach pada php - Pada tutorial sebelumnya kita telah memperlajari tengtang cara Menggunakan Logika Do While di PHP, maka untuk selanjutnya pada  tutorial dasar php untuk pemula ini kita akan membahas mengenai cara menggunakan foreach pada php dalam pemrograman PHP.

Pengertian Perulangan Foreach dalam PHP


Statemen foreach digunakan untuk mengakses pengulangan pada saat mengakses elemen-element dalam array. Array merupakan tipe data yang sering digunakan dalam membuat program menggunakan PHP. Kemampuan array dalam menyimpan banyak data dalam satu variabel akan sangat berguna untuk menyederhanakan dan menghemat penggunaan variabel.

Bentuk Umum dari statemen foreach
foreach ($nama_array as $value)
{
    statement (...$value...)
} 
penjelasan :
  • $nama_array adalah nama dari array yang telah didefenisikan sebelumnya.
  • $value adalah nama ‘variabel perantara’ yang berisi data array pada perulangan tersebut. Anda bebas memberikan nama untuk variabel perantara ini, walaupun pada umumnya banyak programmer menggunakan $value, atau $val saja.   

 

Contoh Perulangan Foreach dalam PHP


Untuk memahami statemen foreach ini marilah kita bandingkan dan amati pengaksesan data array menggunakan for dan foreach . kemudian amati juga penggunaan key dalam array.

Menggunakan for untuk mengakses data array
Pertama untuk menampilkan dan memproses data dari array, kita bisa menggunakan perulangan for. Penggunaan for dalam mengakses data di array dapat dilihat pada contoh berikut ini:
<?php
$hari = array("Senin","Selasa","Rabu","Kamis","Jumat","Sabtu","Minggu");
 
for ($i=0; $i <7; $i++)
{
   echo "$hari[$i]";
   echo "<br />";
}
?> 
Bila dijalankan pada browser hasilnya adalah sebagai berikut :
 

Jika kita lihat contoh diatas kita membuat perulangan for sebanyak 7 kali, dengan variabel counter $i dimulai dari angka 0 (karena index array dimulai dari angka 0) sehingga akan menampilkan data dalam array.

Menggunakan foreach untuk mengakses data array

Kedua untuk menampilkan array, saya akan mengubah kode diatas dengan menggunakan perulangan foreach. Adapun penggunaan foreach dalam mengakses data di array dapat dilihat pada contoh berikut ini:
<?php
$hari = array("Senin","Selasa","Rabu","Kamis","Jumat","Sabtu","Minggu");
 
foreach ($hari as $tampil)
{
   echo "$tampil";
   echo "<br />";
}
?> 
Bila dijalankan pada browser hasilnya adalah sebagai berikut :


Pada perulangan foreach diatas akan menampilkan semua isi array dengan perintah yang lebih singkat daripada menggunakan perulangan for. Tentunya menggunakan foreach lebih di rekomendasikan dari pada menggunakan for.

Menggunakan key dalam foreach
 
Ketiga jika anda membutuhkan nilai key dari array untuk dapat diproses, maka PHP menyediakan bentuk kedua dari perulangan foreach, dengan format dasar penulisan sebagai berikut:
foreach ($nama_array as $key => $value)
{
    statement ($key...$value...)
}
Perbedaan dengan format sebelumnya, disini PHP menyediakan variabel perantara kedua, yaitu variabel $key. Variabel $key ini menampung nilai key dari array.

Untuk pembasan key dapat kembali disimak pada tutoril array sebelumnya yaitu Pengenalan Tipe Data Array dan Cara Penulisan Array di 
 
Perhatikan contoh berikut ini:
<?php
$hari = array(
        1=>"Senin",
        2=>"Selasa",
        3=>"Rabu",
        4=>"Kamis",
        5=>"Jumat",
        6=>"Sabtu",
        7=>"Minggu");
 
foreach ($hari as $key =>$isi)
{
   echo "Hari ke-$key adalah $isi";
   echo "<br />";
}
?> 
Bila dijalankan pada browser hasilnya adalah sebagai berikut :



Pada program diatas pertama variabel array $hari didefenisikan menggunakan key yang berbeda-beda. Pada perulangan foreach, saya membuat variabel perantara $key =>$isi, sehingga didalam perulangan, variabel $key akan berisi key dari array, dan variabel $isi akan berisi nilai dari array. Hasil akhir dari program ini adalah menampilkan data array ke halaman browser.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian Cara menggunakan foreach pada php. Tutorial selanjutnya akan membahas fungsi dalam php, untuk itu silahkan disimak Tutorial PHP Pemula Bagian 32 : Pengertian Fungsi di PHP
loading...




0 Response to "Tutorial PHP Pemula Bagian 27 : Cara menggunakan foreach pada php"