Sistem operasi komputer dan jenis-jenis sistem operasi pada komputer

Sistem operasi komputer dan jenis-jenis sistem operasi pada komputer - Jika pada tutorial sebelumnya kita membahas mengenai Sistem Komputer dan komponen utama pada sistem komputer maka pada artikel ini akan dibahas tentang sistem operasi  komputer  dan jenis-jenis yang digunakan pada sistem operasi komputer. Pengertian sistem operasi dan contohnya akan dijelaskan secara lengkpa pada artikel ini sehingga dapat memberikan pemahaman kepada anda mengenai seluk beluk sistem operasi pada komputer. Lalu apa itu apa itu operating system ? Untuk penjelasan sistem operasi adalah sebagai berikut.

Pengertian Sistem Operasi



Definisi sistem operasi menurut wikipedia Sistem operasi Komputer adalah komponen pengolah piranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting. Fungsi sistem operasi komputeri sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu sistem operasi menjadi tempat tertanamnya program atau aplikasi-aplikasi yang di install di komputer. Untuk memahami maksud sistem operasi cobalah amati gambar berikut :
 
Sistem operasi komputer dan jenis-jenis sistem operasi pada komputer
 
Sistem Operasi mempunyai beberapa bagian seperti Mekanisme Boot, Command Interpreter atau Shell, Driver, Resource Allocator dan Handler. Contoh sistem operasi komputer yang populer adalah windows dan linux. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bagian dari sistem operasi dapat dilihat pada penjelsan di bawah ini :

1. Mekanisme Boot

Mekanisme Boot adalah meletakan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari Sistem Operasi.

2.Command Interpreter atau Shell

Pada Command Interpreter atau Shell ini bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupub piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah : Command Prompt pada Windows XP (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).

3.Driver 

Driver digunakan untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.

4.Resource Allocator

Resource Allocator adalah sistem operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.

5.Handler

Handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.


Sejarah sistem operasi komputer dan Perkembanganya


Menurut Tanebaum, Sistem Operasi mengalami perkembangan yang dapat dibagi ke dalam 4 generasi.

1.Generasi Awal

Perkembangan awal Sistem Operasi masih dilakukan secara manual dalam artian belum muncul adanya Sistem Operasi yang secara otomatis artinya belum mendukung layanan pekerjaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian.

2.Generasi Kedua

Di generasi ini sudah diperkenalkannya perkejaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian atau biasa disebut dengan Batch Proccessing System.

3.Generasi Ketiga

Pada generasi ketiga, Sistem Operasi sudah mendukung layanan Multi-User, Multi-Programming dan Batch Proccessing System (Multi-Task).

4.Generasi Keempat


Di masa ini, sudah diperkenankannya GUI (Graphical User Interface) yang artinya Sistem Operasi memiliki tampilan dan dengan bermodalkan mouse, End-User dapat menjalankan aplikasi/porgram atau piranti lunak.

5.Generasi Selanjutnya

Pada generasi selanjutnya diperkenalkan Sistem Operasi yang berada dalam sebuah Sistem Operasi, ini adalah contoh sebuah Sistem Operasi berbasikan Website yang berkerja di dalam sebuah Sistem Operasi. Dan generasi selanjutnya diperkenalkanlah Sistem Operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti : PDA, Poket PC, dan lain sebagainya. Di generasi selanjutnya diperkenalkan juga teknologi Sistem Operasi jaringan yang sifatnya virtual, sehingga dalam 1 jaringan hanya diinstal 1 buah Sistem Operasi pada Perangkat yang bertugas menjadi Server. Selain itu, diperkenalkan pula Cross Platform Operating System yang artinya dapat menggabungkan 2 Sistem Operasi berbeda seperti : Linux dan Windows.

Dewasa ini, hampir seluruh manusia memiliki PC dan Mobile PC. Dikarenakan faktor harga yang selalu berubah dan kebutuhan manusia akan perangkat otomatis seperti : PC, maka manusia menjadikan PC sebagai kebutuhan utama. Seiring dengan perkembangan teknologi PC pun dibuat ringkas agar dapat dijadikan sebagai piranti otomatisasi yang bergerak (Bisa digunakan kapan saja, di mana saja dan oleh siapa saja). Contoh PC bergerak adalah : Laptop, Notebook dan NetBook, ketiga piranti tersebut juga memiliki Sistem Operasi layaknya PC. Dan sekarang saatnya kita bahas Sistem Operasi yang ada di PC.

Macam-macam sistem operasi komputer


Jenis-jenis sistem operasi komputer saat ini mempunyai banyak jenis atau macamnya, untuk jenis sistem operasi komputer akan dijelaskan satu persatu dibawah ini Sistem operasi disini ada yang berbayar dan ada yang gratis alias open source. Adapun macam macam sistem operasi adalah sebagai berikut:

1. DOS 

Pengertian DOS adalah singkatan dari Disk Operating System, ada beberapa versi dari sistem dos yaitu MS- Dos yang dibuat oleh Microsoft, PC DOS buatan dari IBM dan DR- DOS buatan Digital Research.

2. OS/2 

Pengertian OS/2 adalah sistem operasi yang dibuat oleh IBM, yang awal mulanya hanya ditujukan untuk pemakaian komputer sendi namun kini telah disebarkan.

3. Sunsoft

Pengertian Sunsoft adalah sistem operasi yang dibaut oleh Sun Microsystem Inc. Sistem yang merupakan versi interaktif UNIX

4. Sistem 6.x/7.x

Pengertian Sistem 6.x/7.x adalah sistem operasi yang dijalankan untuk Macintosh metode dengan menggunakan mode GUI atau Graphical User Interface

5. Windows NT

Pengertian
Windows NT Sistem yang dikembangkan oleh windows.

6. NextSTEF

NextSTEF adalah sistem operasi yang ditujukan kepada komputer neTX karena kecanggihannya

7. UNIX 

UNIXmerupakan sistem operasi yang kini banyak digunakan komputer mini atau mainframe.

8. Sistem Mac OS 

Sistem Mac OS adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang umumnya disebut dengan Mac atau Macintosh.

9. Microsoft Windows

Selanjutnya adalah Microsoft Windows yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012)).

10. Linux

Linux adalah software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. Linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras koputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC.  Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Nama "Linux" berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.

Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Intel, Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer.

Fungsi sistem operasi


Fungsi sistem operasi secara umum adalah sebagai berikut:
  1. Resource manager, merupakan pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya, Contoh: memori, CPU, Disk Drive dan perangkat lainnya.
  2. Interface / tatap muka, yaitu sebagai perantara antara pengguna dengan perangkat keras dengan menyediakan tampilan kepada pengguna yang lebih mudah dipahami dan bersahabat (user friendly)
  3. Coordinator, mengkoordinasi dan menyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang kompleks dapat diatur dan dapat diproses secara berurutan.
  4. Guardian, menyediakan akses kontrol yang bertugas untuk melindungi file dan memberi pengawasan pada data dan program.
  5. Gate Keeper, berfungsi sebagai pengendali hak akses oleh pengguna yang mengendalikan siapa saja yang berhak masuk ke dalam sistem dan mengawasi apa saja yang dilakukannya.
  6. Optimizer adalah penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi dan penggunaan.
  7. Accountant befungsi untuk mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal.
  8. Server berfungsi untuk melayani pengguna komputer.

Demikianlah penjelasan mengenai Sistem operasi komputer dan jenis-jenis sistem operasi pada komputer, yang dapat membantu anda dalam memahami sistem operasi yang digunakan dalam komputer. Untuk memahami bagaimana kegunaan komputer silahkan di simak artikel : Fungsi dan Manfaat Komputer Dalam Berbagai Bidang
loading...




0 Response to "Sistem operasi komputer dan jenis-jenis sistem operasi pada komputer"