Sistem Komputer dan Komponen Utama Pada Sistem Komputer Lengkap

Sistem Komputer dan Komponen Pada Sistem Komputer

Sistem Komputer dan komponen utama pada sistem komputer - Komputer yang kita gunakan bisa berjalan karena pada komputer terdapat sistem komputer yang berjalan dan mempunyai komponen penyusun yang membentuk suatu kesatuan sistem. Untuk membantu Anda dalam memahami apa itu sistem komputer ? dan komponen apa yang saja yang menyusun sistem komputer ? pada kesempatan ini saya bagikan artikel yang membahas sistem yang berjalan pada komputer.

Pengertian Sistem


Kata sistem berasal dari bahasa Yunani yaitu syestema, dan juga bersala dari bahasa Latin sustema. Dari kedua bahasa inilah diserap menjadi bahasa Indonesia menjadi sistem. Pengertian sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan.

Pengertian Komputer


Pengertian komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data secara prosedur dan sesuai dengan yang dirumuskan. Komputer membantu menyelesaikan pekerjaan manusia dalam berbagai bidang. Dengan adanya komputer pekerjaan manusia diselesaikan dengan sangat cepat. Pada saat ini komputer tidak hanya dijadikan alat yang menyesaikan pekerjaan manusia tapi juga menjadi media komunikasi.

Pengertian Sistem Komputer


Pengertian sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras) yang melakukan tugas tertentu seperti menerima input data, memproses input data, menyimpan data, dan menampilakn output dalam bentuk informasi. Jika ditinaju dari kinerjanya sistem komputer merupakan sistem yang bekerja secara fungsional dalam sebuah kinerja komputer. 

Dalam menjalankan sistem komputer ini membutuhkan perangkat komputer yang mendukun satu sama lain. Adapun perangkat dalam sistem komputer tersebut antara lain adalah  set instruksi (instruction set), perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware) dan pengguna komputer (brainware). 

Dalam pengoperasianya perangkat-perangkat komputer bekerja secara bersamaan dengan saling mendukung. Dengan adanya sistem komputer ini maka komputer digunakan untuk membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-harinya seperti pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.

Pengertian Komponen komputer


Pengertian komponen komputer adalah  semua piranti elektronik yang terdapat di dalam sebuah komputer. Piranti elektronik pada komputer biasa disebut dengan perangkat keras komputer (computer hardware). Secara garis besar komponen komputer terbagi menjadi 3 yaitu perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) dan pengguna (brainware).

Semua perangkat ini saling bersinergi satu sama lainya, jadi perangkat keras (hardware) yang bekerja tanpa perangkat lunak (software) ataupun penggunanya sendiri (brainware) maka kinerja dari perangkat keras tadi tidak berarti apa-apa karena komponen utama dalam komputer ini merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.


Komponen Penyusun Sistem Komputer


Dalam sistem komputer ini mempunyai komponen – komponen dalam yang terbagi dalam 3 bagian yaitu :
1. Hardware ( Perangkat Keras )
    a. Input Device
    a. Processing Device
    c. Output Device
    d. Storage Device
2.Software ( Perangkat Lunak )
    a. Operating System
    b. Application Program
    c. Language Program
3. Brainware ( Orang Yang MengoperasikanKomputer )

Untuk membantu Anda dalam memahami komponen yang menyusun sistem komputer silahkan perhatikan gambar dibawah :
Sistem Komputer dan Komponen Pada Sistem Komputer
Komponen Sistem Komputer

Dalam pembahsan berikutnya akan dijelaskan lebih detail mengenai komponen sistem komputer dengan lebih terperinci.


1. Perangkat Keras (Hardware)


Perangkat keras (hardware) adalah perangkat dalam sebuah komputer yang wujudnya terlihat dan berbentuk fisik. Contoh dari perangkat keras pada komputer antara lain  prosesor, motherboard, power supply, RAM, harddisk dan lain-lain. Perangkat keras dibagi menjadi 4 bagian yaitu proecssing device, input device, output device, dan storage.

a. Input Device (Perangkat input)

Bagian pertama dari hardware komputer adalah input device atau perangkat inputan. Input Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh perangkat input adalah :
1. Keyboard
3. Mouse 
3. Pointing Device 
4. Touch screen
5. Digitizer Grapich Tablet
6. Scanner
7. Microphone

b. Processing Device (Perangkat proses)

Bagian kedua dari hardware komputer adalah processing device atau perangkat proses. Dalam perangkat pemrosesan ini CPU (Central Processing Unit) mempunyai peranan untuk memproses inputan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi sistem komputer. Piranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan storage dan melaksanakan arahan-arahan yang saling berkaitan.

c. Output Device (Perangkat keluaran)

Bagian ketiga dari hardware komputer adalah output device atau perangkat keluaran. Output Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data sehingga bisa ditampilakan pada layar komputer atau bisa dicetak melalui printer. Hasil output ini dapat berupa hard-copy (ke ertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Contoh output device antara lain adalah :
1. Monitor
2. Printer
3. Speaker

d. Storage Device (Perangakat penyimpaanan)

Bagian keempat dari hardware adalah storage device atau media penyimpanan data. Storage device adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menyimpan data komputer. Sorage device ini terbagi menjadi 2 yaitu :

- Penyimpanan Primer

Penyimpanan Primer (memory utama) adalah media penyimpanan utama yang akan meyimpan data sementara dan digunakan untuk meyimpan data ketika diproses. Contoh dari peyimpanan primer adalah RAM, dimana RAM digunakan untuk menyimpan data dan instruksi dalam waktu sementara, dalam artian data itu dan instruksi itu akan hilang ketika komputer dimatikan. Jadi ketika data masih tersimpan di RAM dan tiba-tiba komputer mati maka daa tersebut hilang.

- Penyimpanan Sekunder 

Penyimpanan Sekunder (penyimpanan pembantu) adalah media peyimpanan pembantu yang digunakan untuk menyimapan data secara permanen dalam artian ketika data akan tetap tersimpan walau komputer dimatikan. Jadi alurnya ketika data diproses itu tersimpan di penyimpanan primer dan ketika data sudah jadi maka tersimpan di peyimpanan sekunder. Contoh dari peyimpanan skunder adalah hardisk, nah ketika data sudah tersimpan dalam hardisk maka ketika komputer dimatikan maka data masih tetap tersimpan dan bisa dibuka kemali untuk di olah atau dicetak.


2. Perangkat Lunak (Software)


Perangkat lunak yang memiliki istilah asing software ini merupakan perangkat yang bekerja dalam konteks pemrograman. Dalam artian, perangkat lunak ini tidak berbentuk fisik seperti hardware. Perangkat lunak hanyalah sebuah program tak terlihat dalam sebuah komputer. Contoh komponen dari perangkat lunak adalah sistem operasi, aplikasi dan bahasa.

a. Operating System (Sistem operasi)

Sistem operasi adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem operasi ini adalah software yang menampung semua aplikasi yang berjalan dalam komputer. Contoh sistem operasi pada komputer diantaranya adalah :
2. Windows
2. Linux
3. Mac OS 

Nah, untuk tugas sistem operasi adalah mengurus penjalanan program di atasnya, koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori, serta  penginstalan dan pembuangan software, jadi semua program atau aplikasi dalam komputer berjalan di sistem operasi komputer. 

b. Application Program (Program Aplikasi )

Aplikasi komputer adalah suatu perangkat lunak komputer yang memiliki fungsi tertentu yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan oleh pembuat aplikasi (Programer). Contoh aplikasi komputer diantaranya adalah :
1. Microsoft Word 
2. Microsoft Excel
3. CorelDraw X4 
4. Photoshop
5. VLC
6. dan lain - lain 

c. Language Program (Bahasa pemrograman)

Bahasa pemrograman adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar mempunyai fungsi tertentu. Bahasa pemrograman digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan komputer karena komputer memiliki bahasa sendiri untuk berkomunikasi. Contoh bahasa pemrograman diantaranya adalah :
1. C++
2. Java
3. PHP 
4. Visual basic 
5. Turbo pascal 

6. dan lain - lain

3. Brainware (Orang yang menggunakan komputer)

Brainware adalah orang yang mengoperasikan atau lebih mudahnya brainware adalah user, nah apabila komputer tidak dioperasikan sama sekali oleh manusia, sama saja komputer tidak berfungsi. 

Artikel terkait :

Demikinlah pembahasan mengenai sistem komputer dan komponen komputer yang bisa membantu Anda dalam memahami sistem dan komponen pada komputer.
loading...




1 Response to "Sistem Komputer dan Komponen Utama Pada Sistem Komputer Lengkap"

  1. artikel nya sungguh menarik membahas mengenai sistem komputer. saya juga memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai hal tersebut yang bisa di kunjungi http://ps-tsi.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete