Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya Lengkap

Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya
Komponen - Komponen Komputer

Komponen - komponen komputer dan fungsinya - Komputer yang kita gunakan terdiri dari bagian - bagian yang saling bersinergi membentuk kesatuan sehingga komputer dapat berjalan dan dioperasikan. Ada banyak bagian komputer yang perlu kita ketahui sehingga bisa membantu kita dalam memahami sistem dan cara kerja pada komputer yang kita gunakan. Nah, bagian - bagian komputer inilah yang disebut komponen komputer. 

Komponen komputer adalah  semua piranti elektronik yang terdapat di dalam sebuah komputer. Piranti elektronik ini biasa disebut sebagai perangkat keras komputer atau computer hardware. Perangkat keras komputer ini bisa kita beli secara terpisah di toko komputer untuk kemudian kita rakit sendiri menjadi sebuah komputer. Jika sebelumnya telah dibahas mengenai Jenis jenis komputer dan fungsinya, maka pada kesempatan ini saya akan di artikel ini akan membahas mengenai komponen komputer beserta fungsinya.

Komponen utama pada sebuah komputer ada 3 yaitu
 hardware, software dan brainware, dan berikut ini adalah penjelasan ketiga komponen utama pada komputer :

1. Hardware


Pengertian hardware (perangkat keras) adalah komponen yang dapat diraba dan dilihat yang membentuk suatu kesatuan. Adapun contoh hardware pada komputer adalah prosesor, RAM, flashdisk dan lain-lain.

2. Software

Pengertian software (perangkat lunak) adalah program-program komputer yang berfungsi untuk menjalankan suatu pekerjaan dan program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti komputer. Software merupakan data elektronik yang disimpan komputer bisa berupa program yang berguna untuk menjalankan suatu perintah. Contoh software pada komputer adalah sitem operasi windows, microsoft word, flv dan lain-lain.

3. Brainware

Pengertian brainware (user) adalah orang-orang yang menggunakan komputer. Contoh brainware adalah user, admin, sistem analis, programmer, operator atau yang lainnya. Pada intinya brainware adalah manusia yang menggunakan atau mengoperasikan komputer.

Dari ketiga komponen diatas secara garis besar ada 2 komponen yang sangat mempengaruhi sebuah komputer yaitu hardware dan software dan pada kesempatan ini akan dibahas secara detail mengenai hardware dan software.


Hardware Pada Komputer


Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa hardware adalah perangkat keras pada komputer. Hardware secara garis besar terbagi atas 3 bagian yaitu bagian input, piranti proses, peralatan output. Untuk lebih bisa memahami ketiganya silahkan disimak pembahasan dibawah ini :


1. Bagian Input

 
Pada bagian input ini merupakan komponen yang yang digunakan untuk masukan perintah, komponen komputer yang umum di gunakan untuk inputan adalah keyboard, mouse, flopy disk drive, flashdisk (USB) dan perangkat optik. Untuk membahas hardware pada bagian input silahkan perhatikan penjelesan dibawah ini:

a. Keyboard

Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya
Gambar Keyboard

Keyboard  merupakan sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, juga terdapat angka 3, 4, 5, 8, 3, 3 dan lain-lain, serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard berfungsi sebagai penginputan data dari luar dengan cara diketikkan pada keyboard. Keyboard biasanya menyerupai mesin ketik manual (untuk susunan peletakkan hurufnya). Saat ini dipasaran telah beredar keyboard dengan mengadopsi sitem wireless.

b. Mouse
Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya
Gambar Mouse
Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer selain papan tombol. Mouse berfungsi untuk mengarahkan pointer pada layar monitor komputer. Dengan keberadaan mouse maka akan membuat kita akan semakin untuk mengatur posisi pointer sesuai dengan keinginan kita dengan cepat.

c. Floppy Disk Drive
Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya
Gambar Floppy Disk
Floppy Disk Drive merupakan hardware yang menghubungkan disket dengan komputer, Jadi kita dapat melakukan pemindahan data dari komputer satu dengan komputer yang lain dengan menggunakan disket. Tapi untuk zaman sekarang pemakaian disket erkikis oleh perkembangan teknologi komputer. Karena ukuran disket hampir sebesar CD dan hanya dapat menyimpan memori yang lebih kecil, maka disket sudah ditinggalkan oleh sebagian besar penggunanya. Saat ini alat yang lebih ngetren adalah dengan menggunakan flashdisk.

d. USB Flash Drive
Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya
Gambar Flashdisk
USB Flash Drive atau lebih dikenal dengan Flash disk adalah alat penyimpanan data memory kilat yang memiliki alat penghubung USB yang telah terintegrasi. Penggerak kilat ini biasanya memiliki ukuran yang kecil, ringan dan bisa dibaca dan ditulis dengan mudah. Flask Disk ini sangat praktis dan memiliki daya tamping yang sudah cukup besar.

e. Perangkat Optik

Perangkat optik adalah perangkat komputer yang biasa digunakan untuk untuk membaca inputan dari CD atau DVD dengan menggunakan teknologi laser optik. Berikut adalah beberapa perangkat optik pada komputer :

  1. CD ROM, adalah alat optic membaca inputan dari CD. Kekurangan dari alat ini adalah tidak dapat me-rewrite diCD (memasukkan data ke CD).
  2. CD RW, adalah alat optic yang dapat berfungsi membaca dan me-rewrite file CD. Dengan alat ini maka Anda dapat membuat CD dengan memasukkan file ke dalamnya.
  3. Optik DVD, adalah alat yang fungsinya hampir sama dengan CR ROM, bedanya jika CD ROM untuk CD maka Optik DVD untuk membaca DVD dan CD.
  4. DVD RW (DVD COMBO), bisa digunakan untuk semua jenis aplikasi yang berhubungan dengan optic baik digunakan untuk CD maupun DVD.


2. Piranti Proses



Pada bagian piranti proses ini adalah bagian yang digunakan untuk pemprosesan data atau perintah. Pada piranti proses bagian pusat proses dinamakan CPU (Central Prosesing Unit) yang merupakan unit proses utama dan terpenting dalam komputer yang mengendalikan seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca data dari peralatan input, mengolah atau memproses sampai pada mengeluarkan informasi (Output) ke peralatan Output.


Rangkaian dari komponen komputer ini biasanya disebut CPU (Central Prosesing Unit). Perlu diketahui bawah pada bagian CPU sendiri terdiri 3 komponen penting yaitu :
  1. Register berfungsi menyimpan data sementara yang akan diproses di ALU.
  2. CU (Control Unit) berfungsi untuk melakukan pengendalian semua peralatan lainya
  3. ALU (Arithmetic Logical Unit) berfungsi melakukan semua proses yang membutuhkan perhitungan matematika dan perbandingan secara logika

Pada CPU (Central Prosesing Unit) mempunyai beberapa peralatan penting seperti yang ada dibawah ini :

a. Memory (RAM)
Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya
Gambar RAM

RAM adalah komponen komputer yang berfungsi untuk penyimpanan data sementara ketika kita menjalankan program komputer. Misal kita sedang mengetikan document pada microsoft word maka data yang sedang berjalan pada saat kita mengitik di microsoft word ini tersimpan pada RAM. RAM ini merupakan penyimpanan data sementara jadi ketika komputer mati medadak maka data yang ada pada RAM ini akan hilang.

b. Hardisk

Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya
Gambar Hardisk
Hardisk adalah komponen perangkat keras (hardware) pendukung komputer yang menyediakan ruang untuk menyimpan data atau output dari proses data yang dilakukan oleh komputer. 

c. Mainboard atau Motherboard



Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya
Gambar Matherboard

Mungkin mainboard bisa di bilang sebagai badannya. Karena di mainboard banyak diletakkan komponen-komponen penting seperti processor (beserta kipasnya), RAM, VGA dll. Motherboard memiliki beberapa fungsi penting yaitu untuk menentukan dan mengatur alat yg akan dipasangkan di komputer, selain itu juga komponen komputer dan menentukan kemampuan sistem. Motherboard memiliki komponen penting seperti soket, chipset sistem dan bermacam slot seperti slot prosesor, slot RAM, slot Ekspansi, dan juga port-port seperti port USB, mouse, keyboard, port untuk printer firewire, dsb. Matherboard ini merupakan induk dari hardware-hardware CPU.

d. Processor 

Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya
Gambar Procesor
Pengertian Processor adalah salah satu komponen komputer yang fungsinya untuk memproses perintah yang diinputkan oleh user melalui input device seperti keyboard, mouse dan lain-lain, dan setelah di proses maka akan memberikan hasil yang di keluarkan melalui output device seperti monitor, printer atau mungkin hasil dari pemrosesan processor disimpan di tempat penyimpanan seperti harddisk, flashdisk dll.Processor bisa dibilang inilah otaknya komputer dan terdiri dari jutaan transistor.

e. Kartu VGA
Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya
Gambar VGA

Sering disebut kartu video dan kartu grafis. Kartu Video ini berguna untuk mengolah tampilan (display) pada layar komputer kita.Kartu video sangatlah penting karena menentukan kualitas gambar. Kartu Suara Kartu suara juga memegang peranan penting. Karena kartu ini berfungsi sebagai input dan output suara.

f. Power Supply

Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya
Gambar Power Supplay
Power suplay adalah sebuah piranti elektronika yang berguna sebagai sumber daya untuk piranti lain, terutama daya listrik. Komputer baru sekarang ini membutuhkan daya yang lebih besar karena semakin tingginya pula keinginan untuk memasang beragam peripheral. Didalam sebuah power supply sudah terintegrasi setidaknya sebuah cooling atau kipas pendingin.

g. Soundcard
Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya
Soundcard
Soundcard adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya Sound Card dibuat hanya sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card menjadi perangkat wajib di setiap komputer. Adapun fungsi soundcard ini adalah perangkat yang menangani input suara atau output suara.


3. Peralatan Output

 
Untuk peralatan output adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menghasilkan output contohnya kita memutar musik maka diperlukan speaker untuk menghasilkan suara. Lagi, misal kita mengetik di microsoft ward maka untuk mencetak dibutuhkan perangkat printer untuk mencetak documen word yang kita ketik. Monitor akan meghasilkan output visual yang akan menampilakanproses yang sedang dikerjakan menggunakan komputer.


Nah, peralatan output ini dibedakan menjadi 3 bagian yaitu output visual, output suara dan output cetakan. Untuk lebih memahami ketiga bagian tersebut silahkan simak penjelasan dibawah ini :

a. Perangkat output visual
Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya
Gambar Monitor
Dalam tampilah visual monitor memegang peranan yang amat penting. Dalam penampilan visual di monitor sangat dipengaruhi oleh kapasitas VGA.

b. Perangkat output suara

Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya
Gambar Speaker

Output selanjutnya adalah berupa suara yang di hasilakn oleh speaker, jadi ketika kita memutar musik pada komputer mengeluarkan output berupa suara yang menggunakan perangkat speaker.


c. Perangkat output cetakkan

untuk hal ini dapat berupa printer dan plotter. Ploter adalah peralatan keluaran yang digunakan untuk keperluan sistematis seperti mencetak atau menggambar berupa grafik, skematik, dan dapat membuat diagram lainya. Sedangkan printer adalah alat output untuk mencetak file yang biasanya file dokumen, seperti hasil ketikan di office microsoft word.


Software Pada Komputer


Software adalah perangkat lunak yang ada pada komputer, untuk lebih memudahkan memahami software kita menyebut apalikasi untuk menjalan program komputer. Untuk software komputer ini terdiri dari 5 jenis yaitu:

1. Sistem operasi


Sistem operasi adalah software yang berfungsi mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehinga dapat saling berinteraksi. Tanpa sistem operasi, komputer tidak dapat berfungsi sama sekali. Contoh: DOS,Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows, Mac OS, dll.

2. Program utility


Program utility adalah software yang berfungsi untuk mengisi kekurangan dari sistem operasi. Contoh: Norton utility, Scandisk, PC Tools, dll.

3. Program aplikasi


Program aplikasi adalah program yang hanya melakukan pekerjaan tertentu. Biasanya program aplikasi dibuat oleh seorang programmer sesuai permintaan dan kebutuhan seseorang atau lembaga atau perusahaan untuk keperluan intern.

4. Program paket


Program paket adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang untuk berbagai kepentingan. Contoh: Microsoft Office, Adobe Photoshop, Macromedia Studio, Open Office, dll.

5. Bahasa Pemrograman


Bahasa pemprograman adalah software khusus yang digunakan untuk membuat program komputer, seperti sistem operasi, program paket, program aplikasi, dll. Bahasa pemrograman dibagi menjadi tiga tingkat yaitu :

  • Low Level Language yaitu bahasa pemrograman yang sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin.
  • Middle Level Language yaitu bahasa pemrograman tingkat menengah yang instruksinya sudah mendakati bahasa sehari-hari, namun masih sulit untuk dimengerti. Contoh pada level ini adalah  Assembler, ForTran.
  • High Level Language yaitu bahasa pemrograman tingkat tinggi menggunakan bahasa sehari-hari sehingga mudah dimengerti. Contoh dari level ini adalah BASIC, Pascal, C, dll.

Jadi dapat dsimpulakan bahwa komponen bagian-bagian komputer yang membentuk suatu kesatuan. Komponen penting dari komputer ada 3 yaitu hardware , software dan brandware.

Baca juga:

Demikianlah pembahasan mengenai komponen komputer dan fungsinya, semoga pembahasan pada artikel ini dapat membantu Anda dalam memahami komponen komputer. 
loading...




1 Response to "Komponen - Komponen Komputer dan Fungsinya Lengkap"

  1. thanks gan untuk informasinya.. blognya keren dan lengkap

    kunjungi juga By Blog

    ReplyDelete