Tutorial PHP Pemula Bagian 25 : Menggunakan Logika Perulangan While di PHP

Menggunakan Logika Perulangan While di PHP - Pada tutorial sebelumnya kita telah memperlajari logika Perulangan For di PHP, maka untuk selanjutnya pada  tutorial ini kita akan membahas mengenai logika perulangan dengan menggunakan perulangan while di pemrograman PHP.

Pengertian dan Contoh Logika Perulangan While di PHP


Perlu diketahui bahwasannya untuk situasi dimana kita membutuhkan kondisi perulangan yang tidak dapat dipastikan berapa kali perulangan akan dilakukan, maka solusi yang paling tepat adalah menggunakan perlangan dengan while. ini karena perulangan ini digunakan ketika banyaknya perulangan tidak kita ketahui atau ketika kita tidak ingin menuliskan banyaknya perulangan (pada expression). Lalu bagaimana bentuk dari struktur logika perulangan dengan menggunakan while ?

Berikut ini adalah bentuk struktur dasar perulangan While di dalam pemrograman PHP:
while (condition)
{
    statement;
} 
Selanjutnya untuk memahami struktur dasar dari perulangan While ini silahkan pahami poin-poin penting dibwah ini :
  • Yang pertama adalah Condition yaitu kondisi yang harus dipenuhi agar perulangan berlangsung. Selama condition bernilai TRUE, maka perulangan akan terus dilakukan. Condition ini akan diperiksa pada tiap perulangan, dan hanya jika hasilnya FALSE, maka proses perulangan berhenti.
  • Statement adalah kode program yang akan diulang. Kita bisa membuat beberapa kode program untuk menampilkan perintah seperti echo, atau perintah yang lebih kompleks. Namun di dalam bagian ini harus ada baris program yang digunakan sebagai ’penghenti’ perulangan. Misalkan pada bagian condition kita menggunakan variabel counter $i, maka di bagian statement harus ada baris program yang membuat condition bernilai FALSE, atau kalau tidak proses perulangan tidak akan pernah berhenti (infinity loop).
  • Tanda kurung kurawal diperlukan untuk membatasi blok program yang akan diulang. Jika statement hanya terdiri dari 1 baris, maka tanda kurung kurawal tidak diperlukan.

Jika kode diatas dijalankan, maka PHP akan mengecek expression (baris 2), jika kondisi bernilai:
  1. true, maka blok statement (baris 3) akan dijalankan, selanjutnya PHP akan kembali lagi mengecek nilai expression, jika bernilai TRUE, PHP kembali menjalankan statement, begitu seterusnya.
  2. false, maka PHP perulangan berhenti.

PHP (dan juga bahasa pemograman lain) menyediakan stuktur perulangan while untuk kondisi perulangan dimana banyaknya perulangan tidak dapat dipastikan pada saat penulisan program.

Misalkan kita ingin membuat program tebak angka, dimana user akan menebak 1 angka dari 1 sampai 10. Untuk kondisi ini, kita tidak dapat mengetahui berapa kali user akan ’mencoba’ untuk menebak angka tersebut. Bisa saja user mencoba sebanyak 1, 5, atau 10 kali sebelum angka tersebut berhasil diterka.

Proses Perulangan While ini adalah ketika pertama tercapai, maka ekspresi dievaluasi. Jika salah, maka kode blok akan dilewati & Jika benar, maka blok control akan dijalankan & kemudian kembali ke atas pada pengecekan kondisi lagi selama persyaratan terpenuhi atau bernilai true. 

Selanjutnya untuk lebih memahami contoh logika While di dalam PHP silahkan tulis kode dibawah ini dan simpan dengan nama contohwhile.php :
<?php
$i=1;
while ($i <= 10)
{
  echo "Angka ke $i";
  echo "<br />";
  $i=$i+1;
}
?>  
Bila dijalankan dibrwoser hasilnya adalah sebagai berikut :


Jika kita menjalankan kode program yang telah dibuat, maka di web browser akan tampil perulangan angka 1 sampai dengan 10. Dalam tutorial ini, kita akan membahas cara penulisan struktur while ini secara lebih dalam.

Pada baris ke-2 saya membuat sebuah variabel $i, dan memberikan nilai 1. Variabel $i inilah yang akan digunakan sebagai counter untuk kondisi while.

Setelah penulisan while, selanjutnya didalam tanda kurung adalah condition yang harus dipenuhi agar perulangan berjalan. Saya membuat kondisi ($i <= 10) sebagai penanda akhir while, yang berarti selama variabel $i bernilai kurang dari 10, maka lakukan perulangan.

Penting untuk diperhatikan adalah logika pemograman untuk condition. While ($i <= 10) juga berarti bahwa jika nilai variabel $i = 11, maka perulangan akan berhenti. Di dalam kode program, kita harus membuat sebuah baris statement yang digunakan untuk terus menambahkan nilai $i supaya nilai $i bisa mencapai angka lebih dari 10 untuk menghentikan perulangan.

Setelah membuat beberapa baris kode echo untuk menampilkan angka ke web browser pada baris ke-5 dan 6, saya menambahkan kode $i=$i+1 pada baris ke-7 Baris inilah yang akan menambahkan nilai variabel counter $i sebanyak 1 angka pada tiap perulangan, sehingga pada perulangan ke 10, nilai $i akan menjadi 11. Dan kondisi while akan menghasilkan FALSE, sehingga proses perulangan berhenti.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian Logika Perulangan While di PHP. Tutorial selanjutnya akan membahas logika perulangan Do While, untuk itu silahkan disimak Tutorial PHP Pemula Bagian 26 : Menggunakan Logika Do While di PHP

loading...




0 Response to "Tutorial PHP Pemula Bagian 25 : Menggunakan Logika Perulangan While di PHP"