Tutorial PHP Pemula Bagian 20 : Menggunakan Logika IF ELSE di PHP

Pada tutorial belajar PHP untuk pemula sebelumnya kita telah mempelajari Logika IF di PHP, dan untuk tutorial ini kita akan membahas mengenai contoh IF ElSE dalam pemrograman PHP.


Pengertian If Else di PHP


Perintah IF ELSE digunakan untuk memilih salah satu pernyataan berdasarkan kondisi tertentu. Perintah ini akan menjalankan peryataan tertentu jika kondisi bernilai benar namun bila kondisi tidak memenuhi  maka perintah akan menjalankan pernyataan yang lain

Perlu diketahui bahwa struktur IF digunakan untuk percabangan alur program dengan 1 pilihan saja, maka dengan struktur IF ELSE kita dapat membuat percabangan kedua, yakni percabangan ketika kondisi IF tidak terpenuhi, atau expressi IF menghasilkan nilai FALSE.

Untuk statemen IF ELSE ini memiliki bentuk penggunaan seperti berikut :

<?php
if (expression)
  statement1;
else
  statement2;
?> 

Jika statemen yang akan dieksekusi lebih dari satu maka bentuk penggunaan IF ELSE adalah sebagai berikut :

<?php
if (expression) 
{
  statement1;
  statement1;
}
else
{
  statement2;
  statement1;
}
?>

Perlu diperhatikan bahwa kondisi dalam IF ELSE ini harus berada dalam kurung, jika tidak didalam kurung maka akan terjadi error. Perintah IF – ELSE digunakan untuk memilih salah satu pernyataan berdasarkan kondisi tertentu. Perintah ini akan menjalankan peryataan tertentu jika kondisi bernilai benar namun bila kondisi tidak memenuhi  maka perintah akan menjalankan pernyataan yang lain.


Contoh Logika IF ELSE di PHP


Untuk lebih jelas dalam memahami contoh IF ELSE di dalam bahasa pemrograman PHP silahkan Anda simak kemudian tulis kode dibawah ini :


Simpan dengan nama formifelse.html Kemudian buka file baru dan tuliskan kode dibawah ini:


Simpan dengan nama prosesifelse.php kemudain Jalankan file yang dibuat dengan mengetikan localhost/bwphpdasar/formifelse.html maka hasilnya adalah sebagai berikut :


Contoh Logika IF ELSE di PHP

Setelah itu coba masukan nilai 85 dan klik tombol Submit dan hasilnya akan seperti di bawah ini :


Contoh Logika IF ELSE di PHP

Kali ini kita akan mencoba lagi dengan memasukan nilai 45 dalam form seperti gambar dibawah ini :


Contoh Logika IF ELSE di PHP

Jika sudah memasukan nilai 45 silahkan klik tombol Submit maka hasilnya adalah seperti dibawah ini :


Contoh Logika IF ELSE di PHP

Penjelasannya begini ketika kita mengisi angka 85 pada form maka program akan menampilkan statemen "Selamat anda lulus" ini karena kondisi pada program terpenuhi yaitu 85 nilainya lebih dari 60. Namun jika kita menginputkan nilai 45 maka program akan menampilkan "Maaf Anda belum lulus, nilai anda kurang dari 60 nilai anda 45" ini karena kondisi pada program tidak terpenuhi yaitu nilai 45 kurang dari 60. Untuk bisa menampilkan statemen "Selamat anda lulus" nilai yang di masukan minimal 60 atau di atas 60.

Pada tutorial belajar PHP untuk pemulan kali ini kita telah selesai membahas mengenai menggunakan logika IF ELSE di PHP. Untuk melanjutkan ke pembahasan selajutnya silahkan disimak artikel tentang Tutorial PHP Pemula Bagian 21 : Menggunakan Logika ELSE-IF di PHP.

Demikianlah pembahasan mengenai logika IF ELSE di bahasa pemrograman PHP semoga dapat membantu Anda dalam memahami cara kerja logika IF ELSE di PHP.
loading...




0 Response to "Tutorial PHP Pemula Bagian 20 : Menggunakan Logika IF ELSE di PHP"