Tutorial PHP Pemula Bagian 24 : Menggunakan Logika For di PHP

Menggunakan Logika For di PHP - Pada tutorial sebelumnya kita telah mempelajari logika Switch di PHP, maka pada  tutorial ini kita akan membahas mengenai logika perulangan dengan menggunakan FOR di pemrograman PHP.

Pengertian dan Contoh Logika Perulangan FOR dalam PHP 


Pengertian dari perulangan FOR yaitu mengulang kode program dengan jumlah angka perulangan tertentu. Perulangan berhenti setelah tercapai angka perulangan yang diset pada inisialisasi FOR. Perulangan FOR dipakai jika kita sudah mengetahui berapa jumlah perulangan yang diinginkan. Perlu diketahui bahwa dalam merancang perulangan kode program, kita setidaknya harus mengetahui 3 komponen, yaitu kondisi awal dari perulangan, perintah program yang akan diulang, serta kondisi akhir dimana perulangan akan berhenti.

Fungsi FOR adalah sebuah fungsi dalam pemrograman PHP dan pemrograman lainnya yang berguna untuk melakukan perulangan, namun perulangan disini dibatasi oleh suatu kondisi tertentu hingga data yang di ulang  selesai.

Adapun bentuk struktur dasar perulangan FOR di dalam pemrograman PHP adalah sebagai berikut:
for (start; condition; increment) 
{
   statement;
} 
Selanjutnya untuk memahami struktur dasar dari perulangan FOR ini silahkan pahami poin-poin penting dibawah ini :

  • Start adalah kondisi pada saat awal perulangan. Biasanya kondisi awal ini digunakan untuk membuat dan memberikan nilai kepada variabel counter yang digunakan untuk mengontrol perulangan. Misalkan, kita akan membuat variabel counter $i, maka untuk kondisi start ini, kita juga harus memberikan nilai awal untuk variabel $i, misalnya dengan 1, maka $i=1.
  • Condition adalah kondisi yang harus dipenuhi agar perulangan dijalankan. Selama kondisi ini terpenuhi, maka PHP akan terus melakukan perulangan. Biasanya variabel counter digunakan untuk mengatur akhir perulangan. Misalkan kita ingin menghentikan perulangan jika variabel $i telah mencapai nilai 10, maka pada bagian condition ini kita membuat perintah $i<=10, yang berarti selama nilai $i kurang atau sama dengan 10, terus lakukan perulangan.
  • Increment adalah bagian yang digunakan untuk memproses variabel counter agar bisa memenuhi kondisi akhir perulangan. Biasanya, pada bagian inilah kita akan membuat kondisi dari variabel counter.
  • Statement adalah bagian kode program yang akan diproses secara terus-menerus selama proses perulangan berlangsung. Untuk statement ini, kita membuat blok program di antara tanda kurung kurawal ({ dan }) sebagai penanda bahwa bagian di dalam kurung kurawal inilah yang akan dikenai proses perulangan.

Selanjutnya untuk lebih memahami contoh logika FOR di dalam PHP silahkan tulis kode dibawah ini dan simpan dengan nama contohfor.php :
<?php
 for ($i= 1; $i <= 10; $i++)
 {
    echo $i;
    echo "<br />";
 }
?>  
Bila dijalankan dibrowser hasilnya adalah sebagai berikut :


Nah jika anda menjalankan kode dari perulangan FOR yang telah dibuat sebelumnya, maka di dalam web browser akan menampilkan urutan angka dari 1 sampai dengan 10. Hal ini dikarenakan perulangan dari FOR yang menlakukan perulangan angak yang dimulai dari 1 dan berhenti di angka 10.
 
Untuk kondisi awal dari perulangan tersebut adalah $i= 1, dimana saya memberikan nilai 1 kepada variabel $i. Variabel $i inilah yang akan menjadi counter atau penghitung dari perulangan for.

Selanjunya untuk kondisi akhir, saya membuat $i <= 10, maka selama variabel $i bernilai kurang atau sama dengan 10, maka perulangan akan terus dijalankan.

Untuk selanjutnya saya membuat increment yaitu sebuah digunakan untuk menambah nilai sebuah data. Untuk increment yang saya buat adalah $i++, dimana instruksi ini sama dengan $i=$i+1. instruksi ini akan dijalankan pada setiap perulangan, sehingga dengan kata lain, setiap proses perulangan, $i akan bertambah 1 angka.

Selain berfungsi sebagai counter, variabel $i juga dapat digunakan dalam proses perulangan, sehingga dengan membuat perintah echo $i, maka dalam setiap perulangan, kita bisa menampilkan nilai $i pada saat itu.


Demikianlah pembahasan mengenai contoh perulangan FOR di php, dan untuk tutorial selanjutnya kita akan membahas mengenai perulangan menggunakan WHILE oleh karena itu silahkan disimak  Tutorial PHP Pemula Bagian 25 : Menggunakan Logika While di PHP
loading...




0 Response to "Tutorial PHP Pemula Bagian 24 : Menggunakan Logika For di PHP"