Sejarah Perkembangan Komputer Dari Generasi Pertama Sampai Sekarang


Sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama sampai sekarang - Pada masa sekarang komputer sudah menjadi kebutuhan banyak orang untuk menyelesaikan berbagai maca tugas atau pekerjaan. Komputer yang kita gunanakan mempunyai sejarah yang panjang, dan pada kesempatan ini oleh akan saya bagikan artikel yang akan mengulas tentang sejarah perkembangan komputer yang dimulai dari generasi pertama sampai generasi ke-empat (komputer zaman sekarang).

Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Asal Kata Komputer ini awalnya dipergunakan untuk menggambarkan seseorang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika atau perhitungan matematika, dengan atau tanpa alat bantu. Selanjutnya  kata komputer kemudian dipindahkan ke mesin yang digunakan untuk alat bantu hitung. 

Pada awalnya komputer adalah perangkat yang membantu manusia dalam melakukan berbagai macam perhitungan. Nah, awal dari komputer yang pertama adalah sempoa  yang digunakan untuk melakukan operasi artimatika dasar. Pengolahan informasi pada saat itu hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi seiring perkembanganya komputer pada saat ini dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika saja.

Sempoa atau Abacus ini merupakan awal dari lahirnya komputer dan masa dimulai sejarah komputer. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa komputer pada awal mulanya hanya digunakan untuk berhitung. Komputer dalam melakukan prosesnya berbentuk elektronik, yang memungkinkan untuk melakukan perhitungan yang lebih luas dan cepat.

Jika melihat kinerja komputer saat ini, komputer yang ada sudah dapat memproses gambar, suara, teks dan bentuk non-numerik data lainnya. Nah, yang perlu diingat semuanya itu tidak lepas dari perhitungan numerik dasar. Gambar, suara dan lainnya hanyalah sebuah abstaksi dari angka-angka yang berderak di dalam sebuah mesin dan hal ini yang disebut dengan sitem digital.

Komputer hanya mengenal   angka "1" dan angka "0" yang mewakili kombinasi listrik aktif dan non-aktif, angak-angak tersebut disebut kode biner. Jadi setiap gambar, suara, teks dan proses lainnya di dalam komputer memiliki kode biner yang sesuai. Dalam perkembangan komputer berjalan sangat cepat, pada zaman sekarang komputer telah dikembangan menjadi sebuah jaringan seperti LAN, MAN,WAN dan jaringan diseluruh dunia yang disebut internet. Pada dasarnya internet adalah jaringan komputer yang menghubungkan komuter diseluruh dunia. 

Pada pembahasan kalai ini kita bisa mengelompokan sejarah perkembangan komputer menjadi empat kategori yaitu komputer generasi pertama, komputer generasi kedua, komputer generasi ketiga dan komputer generasi keempat. Berikut ini adalah penjelasan sejarah perkembangan komputer dari generasi pertama sampai dengan generasi sekarang.

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama (1940 – 1950)


sejarah perkembangan komputer
Komputer Generasi Pertama

Yang pertama adalah perkembangan Komputer Generasi I yang diawali dengan terciptanya komputer yang disebut Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). Komputer ini dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat yang bekerja sama dengan university of Pennysylvania pada tahun 1946. ENIAC terdiri atas 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder. Merupakan mesin yang sangat besar dan membutuhkan daya sebesar 160 kW. Komputer ini dirancang oleh John P.Eckert (1919-1995) dan John W.Mauchly (1907-1980

Ciri dari komputer Generasi Pertama ENIAC ini adalah menggunakan beberapa tabung vakum yang besar dan kompleks seperti crystal diodes, relays, resistors, dan capacitors yang membutuhkan daya listrik sebesar 150 kilowatt dan mempunyai berat 30 ton. Komputer elektronik pertama yang digunakan untuk umum yaitu ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer). Sudah berbentuk digital, namun belum menggunakan kode biner sebagai prosesnya. Digunakan untuk memecahkan rangkaian lengkap tentang masalah komputasi. Diprogram menggunakan plugboard dan switch, yang sudah mendukung input dan output dari IBM card.

Berikut ini ciri-ciri komuter generasi pertama :
  • Komponen elektronikanya terbuat dari tabung hampa udara (Vacuum Tube)
  • Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer. Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
Berikut ini sifat-sifat komuter generasi pertama : 
  • Memerlukan tempat yang sangat luas karena mempunyai ukuran fisik yang sangat besar.
  • Memerlukan banyak Pendingin karena komputer generasi pertama mudah sekali panas
  • Untuk kapasitas untuk menyimpan data relatif kecil 
  • Proses berjalanya program masih sangat lambat

Untuk komputer generasi pertama ini diproduksi oleh UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL. Adapun mesin yang digunakan adalah ENIAC, MARK II, EDSAC, MARK III, UNIVAC I & II, IBM 650, ADVAC

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Kedua (1955 – 1960)


sejarah perkembangan komputer
Komputer Generasi Kedua

Generasi kedua. Tahun 1948,ada 3 orang fisikawan Amerika (Walter Houser Brattain, Jhone Barden, William Brandford penemu transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. sehingga mengakibatkan, berubahnya ukuran mesin-mesin elektrik yang tadinya berukuran besar menjadi ukuran yang lebih kecil. generasi kedua, yaitu komputer yang menggunakan Transistor sebagai Processornya (1956 - 1958 M). Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956.

Sejarah Komputer Generasi Kedua IBM1401Komputer Generasi Kedua muncul setelah ditemukannya transistor, yang kemudian mulai mengganti tabung vakum dalam desain komputer. Dengan transistor, daya, panas dan bentuk jauh lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Namun, masih jauh lebih besar dengan komputer sekarang ini.

Komputer dengan transistor pertama ini dibuat di University of Manchester pada tahun 1953. Yang paling populer dari komputer transistor generasi kedua ini adalah IBM 1401. IBM juga menciptakan drive pertama (sebuah media penyimpanan) pada tahun 1956, yang dikenal dengan IBM 350 RAMAC.


Berikut ini adalah ciri-ciri dari kompter generasi kedua:
  • Komponen elektronikanya dari Transistor
  • Program dibuat dengan Assembly Language, Common Business-Oriented
  • Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) dan ALGOL
  • Komputer generasi kedua ini menjadi awal mulanya ditemukan Mini computer. 
Berikut ini adalah sifat-sifat dari kompter generasi kedua:
  • Ukurannya relatif kecil
  • Tidak banyak mengeluarkan panas
  • Telah mengenal Magnetic Tape dan Magnetic Disk untuk menyimpan data
  • Mulai mengenal Tele Processing (time sharing yang memungkinkan beberapa user dapat memakai kokmputer secara bersama-sama)
  • Proses relatif lebih cepat
  • Kapasitas untuk menyimpan data semakin besar.
  • Tidak membutuhkan tegangan listrik sebesar generasi sebelumnya
  • Memory masih cukup kecil tapi masih lebih besar dibandingkan dengan komputer sebelumnya

Adapun prabrik yang memproduksi komputer generasi kedua adalah UNIVAC, IBM, BURROGHS, HONEYWELL, CDC (Control Data Corporation), NCR. Berikut ini adalah contoh mesin yang digunakan pada komputer generasi kedua IBM (IBM 1620, IBM 1401, IBM 7070, IBM 7080, IBM 7094), UNIVAC III, CDC 6600 Super dan CDC 7600, BURROGHS 5500, HONEYWELL 400, PDP 1 & 5
 

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Ketiga (1960)


sejarah perkembangan komputer
Komputer Generasi Ketiga

Sejarah Generasi Komputer Ketiga IBM System 360 Penemuan Integrated Circuits (IC) atau dikenal juga dengan microchips, membuka jalan untuk komputer generasi ketiga atau yang kita kenal dengan komputer sekarang ini. Berbentuk jauh lebih kecil dengan generasi komputer sebelumnya, dengan transistor yang lebih banyak dan dibenamkan ke dalam microchips tunggal. Dalam tahap perkembangannya, komputer generasi kedua masih bertahan.

Pertama munculnya minicomputer yang didasarkan pada kedua transistor dan microchips seperti IBM System/360. Komputer ini jauh lebih kecil dan lebih murah daripada generasi-generasi sebelumnya. Sejarah Komputer Generasi Ketiga dikenal sebagai mainframe komputer. Minicomputer dapat dilihat sebagai jembatan antara mainframe dan microcomputer sebagai proliferasi dalam perkembangan komputer.


Berikut ini adalah ciri-ciri komputer generasi ketiga :
  • Komponen elektronikanya dari Integrated Circuit (IC) yang berbentuk lempengan atau chip
  • Program dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language), yaitu: BASIC, FORTRAN, COBOL
  • Sudah menerapkan konsep multi processing dan dapat menjalankan program lebih dari satu multi programming dalam waktu yang bersamaan
  • Dapat berkomunikasi dengan peralatan lain untuk melakukan komunikasi data seperti telepon dengan komputer.
  • Sebagai titik awal fenomena mikrokomputer
  • Komputer menjadi lebih kecil dan lebih murah
  • Konsep ‘time sharing’ diperkenalkan 
Berikut ini adalah sifat-sifat dari komputer generasi ketiga :
  • Ukurannya lebih kecil dari komputer generasi kedua
  • Mulai mengenal Multi Programming dan Multi Processing
  • Adanya integrasi antara Software dan Hardware dalam Sistem Operasi
  • Prosesnya sangat cepat
  • Kapasitas untuk menyimpan data lebih besar.
  • Menggunakan teknologi small-and medium-scale integration

Adapun prabrik yang memproduksi komputer generasi ketiga adalah IBM, BURROGHS, HONEYWELL, NCR. Berikut ini adalah contoh mesin yang digunakan pada komputer generasi ketiga IBM S/360, UNIVAC 1108, PDP 8 & 11, HONEYWELL 200, RCA, SPECTRA 70.
 

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Keempat (1971)


sejarah perkembangan komputer
Komputer Generasi Kelima

Sejarah Komputer Generasi Keempat MikrokomputerMicrochips berbasis Central Processing Unit (CPU) pertama, terdiri dari beberapa microchips untuk komponen CPU yang berbeda. Dorongan untuk integrasi semakin besar dan miniasturisasi dipimpin menuju single-chip CPU, di mana semua komponen CPU yang diperlukan dimasukkan ke sebuah microchips tunggal yang disebut microprocessor. Microprocessor pertama yaitu Intel 4004. Munculnya microprocessor melahirkan evolusi dari microcomputer, bentuk yang akhirnya akan menjadi komputer pribadi yang kita kenal sekarang ini.


Berikut ini adalah ciri-ciri komputer genesari keempat :
  • Komponen elektronikanya dari miniaturisasi yang disebut LSI dan mulai memperkenalkan VLSI (Very Large Scale Integration) yang merupakan paduan dari IC dengan kapasitas rangkaian dapat mencapai 100.000 komponen tiap chip
  • Mulai dikembangkan suatu jaringan komputer lokal yang menggunakan ARCNET (Attach Research Computing Network)
  • Program dibuat dengan bahasa: BASIC, FORTRAN, COBOL, PASCAL
  • Telah menggunakan Metal Oxide Semiconductor (MOS) 
Berikut ini adalah sifat dari komputer genesari keempat :
  • Ukurannya relatif lebih kecil
  • Sudah menerapkan Multi Programming dan Multi Processing
  • Mengenal DataBase Management System (DBMS).

Adapun prabrik yang memproduksi komputer generasi  IBM, BURROGHS, HONEYWELL, INTEL. Berikut ini adalah mesin yang digunakan pada komputer generesai keempat IBM (IBM S/34, IBM S/36, IBM PC/AT & XT, IBM PS/2), HONEYWELL 700, BURROGHS 600, CRAY I, CYBER, PC Aplle II, COMMODORE PC ,INTEL i386 sampai dengan intel Pentium I, II, III, IV, Dual Core, Core 2 Duo, dan Quad Core.

Pada prinsipnya komputer bekerja menggunakan konsep IPO yaitu Input Proses Output.

Terima kasih telah menyimak artikel tentang sejarah perkembangan komputer yang dijelaskan dari generasi pertama sampai generasi keempat atau generasi sekarang, semoga dapat menambah wawasan anda dalam dunia komputer.
loading...




0 Response to "Sejarah Perkembangan Komputer Dari Generasi Pertama Sampai Sekarang"