Tutorial PHP Pemula Bagian 17 : Konstanta di PHP

Jika pada tutorial belajar PHP sebelumnya kita telah membahas tentang variabel statis di PHP maka pada tutorial kali ini akan membahas konstanta di PHP


Pengertian konstanta


Konstanta adalah suatu pengenal program yang digunakan untuk menyimpan nilai sederhana, sama halnya dengan variabel. Perbedaannya adalah sekali didefinisikan, nilai dari konstanta tidak dapat diubah lagi, sedangkan nilai dari variabel dapat dirubah kapan saja sesuai dengan kebutuhan. Pendefinisian nilai konstanta dilakukan dilakukan dengan menggunakan fungsi define() .

Kontanta merupakan nilai dari sebuah variabel yang nilainya tetap atau nilai dari variabel tersebut tidak akan berubah. Ada sedikit perbedaan dalam penulisan kontanta di dalam kode program php. Penulisan kontanta di php adalah : define("variabel',nilai);


Contoh konstanta di PHP


Untuk lebih bisa memahamin kontanta yang ada pada bahasa pemrograman PHP silahkan disimak contoh dibawah ini :


Jika dijalankan dibrowser maka hasilnya adalah sebagai berikut.

Tutorial Belajar PHP Pemula Tentang Konstanta di PHP

Pada contoh di atas nilai konstantan didefinisikan dengan fungsi
define(). Nah, dalam tanda kurung setelah define terdapat variabel NAMA_PERUSAHAAN yang nilainya konstanta atau tetap yaitu PT. Makmur Sentosa, jadi ketika variabel tersebut ditampilkan maka hasilnya adalah PT. Makmur Sentosa.

Sampai disini kita telah selesai membahas mengenai konstanta di PHP semoga dapat membantu anda dalam memahami konstanta di bahasa pemrograman PHP. Pembahasan selanjutnya akan mengulas tentang operator yang adal di PHP maka dari itu silahkan disimak artikel Tutorial PHP Pemula Bagian 18 : Pengertian Operator di PHP.

Demikianlah tutorial belajar PHP untuk pemula yang membahas konstanta dalam bahasa pemrograman PHP, semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam memahami konstanta di PHP.
loading...




0 Response to "Tutorial PHP Pemula Bagian 17 : Konstanta di PHP"