Cara merawat laptop dengan benar agar awet tidak cepat rusak

Cara merawat laptop dengan benar agar awet tidak cepat rusak - Setiap orang yang memiliki laptop tentunya menginginkan laptopnya awet dan berumur panajang. Agar laptop awet tidak cepat rusak maka diperlukan perawatan secara benar. Kali ini saya akan bagikan beberapa cara merawat laptop dengan cara yang benar dengan tujuan agar laptop awet dan tidak cepat rusak. Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1–6 kg, tergantung pada ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Harga laptop sekarang bisa dibilang cukup terjangkau dan murah. Ketika kita membeli laptop perlu dilakukan perawatan agar komponen maupun bagian pada laptop tetap awet dan berumur lebih lama.
 Cara merawat laptop dengan benar agar awet tidak cepat rusak
Banyak dari arang yang jarang memperhatikan kondisi laptop yang mereka gunakan. Padahal, daya tahan laptop berbeda dengan PC yang cenderung kuat dan tahan lama. Bagaimana cara merawat laptop dengan baik ?

Jika diperhatikan hampir setiap saat kita menggunakan laptop untuk mengerjakan berbagai tugas seperti tugas sekolah maupun tugas kantor, tetapi jarang sekali kita merawatnya, apalagi bagi yang jurusan komputer bisa full dalam mengguanakan laptopnya setip harinya. Untuk merawat laptop agar awet dan berumur panjang silahkan mengikiti tips-tips dibawah ini :

1. Jangan Menggunakan Laptop di atas Kasur atau bantal

Apakah anda sering menggunakan laptop diatas kasur atau bantal ? Jika ia segera hentikan dan hindari untuk menggunakan laptop diatasa kasur atau bantal ini karena kasur dan bantal tidak bisa menyerap panas dari komputer anda. Menggunakan laptop di atas kasur menyebabkan panas dari laptop tidak keluar dengan sempurna sehingga laptop pun mengalami overheat.

2. Jangan terlalu sering menggunakan laptop untuk bermain game berat

Kebiasaan bermain game berat di laptop merupakan prilaku buruk dan inilah yang sering dilakukan oleh pemilik laptop. Jika laptop kita bukan laptop gaming maka hindari penggunaan terlalu lama dalam bermain game. Menggunakan laptop untuk bermain game berat dalam waktu yang lama dapat menyebabkan komponen di dalam laptop mengalami overheat. Hal lain yang bisa terjadi karena sering bermain gamin menyebabkan baterai laptop cepat low dan mengalami kebocoran.

3. Jauhkan laptop dari minuman atau benda cair

Menjauhkan minuman atau benda cait adalah salah satu cara merawat laptop hal ini karena minuman yang tumpah pada laptop dapat menyebabkan kerusakan pada hardware di dalamnya. Jika air tumpah ke laptop anda maka dapat merusak rangkaian elektronik. Gunakan keyboard protector agar dapat mencegah resiko masuknya cairan pada celah-celah keyboard laptop anda.

4. Janganlah Menyimpan Benda Di Atas Laptop Terlebih Benda Itu Sangatlah Berat
 
Saat Laptop terhimpit dengan benda berat maka benda tersebut memberikan tekanan terhadap LCD anda sehingga LCD laptop jadi rusak. Sinyal tanda rusaknya LCD awalannya dari timbulnya garis-garis seperti pada tv sampai apabila LCD telah rusak kronis jadi bakal mati keseluruhan. Jadi cermati laptop anda apakah saat ini terhimpit satu barang yang berat.
Hindari menaruh barang berat di atas laptop. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada layar laptop sekaligus komponen lainnya.

5. Bersihkan Layar Laptop secara Rutin

Bersihkan pula layar laptop anda dari debu-debu yang menempel secara rutin sehingga layar bersih dan terawat. Gunakan screen protector atau pelindung layar terlebih dahulu, guna melindungi layar laptop kesayangan anda dari goresan.

6. Bersihkan Optical Drive Laptop Anda

Bersihkan debu-debu yang menempel pada Optical Drive pada laptop anda secara rutin. Berhati-hatilah ketika memasukkan CD/ DVD pada Optical Drive karena lensa optik pada Optical Drive sangat rentan terhadap debu dan benda cair.

7. Jauhkan Laptop dari Jangkauan Anak Kecil

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan jauhkan laptop kesayangan anda dari jangkauan anak kecil. Jika anak kecil menggunakan laptop hendaknya dalam pengawasan. Anak kecil akan menganggap laptop kesayangan anda sebagai mainan sehingga anak kecil memperlakukan laptop anda seperti mainannnya.

8. Jauhkan Makanan dari Laptop

Lebih berhati-hatilah ketika menaruh makanan atau sedang asyik ngemil di dekat laptop. Pastikan sisa makanan tidak berjatuhan pada celah-celah keyboard. Hal tersebut dapat mengganggu kinerja keyboard pada laptop.

9. Jauhkan Laptop dari Sinar Matahari

Hindari kontak langsung antara laptop kesayangan anda dengan sinar matahari. Dikarenakan beberapa komponen laptop rentan mengalami kerusakan jika terkena sinar matahari secara langsung.

10. Jangan Sembarangan Mengunduh Software dari Internet

Perlu diperhatikan bagi anda yang sering mendowload file atau software di internet agar berhati-hati dalam memilih file atau software yang akan didownload, ini karena banyak program jahat yang disisipkan di software-software di initernet.  Mengunduh software sembarangan dari internet dapat memperbesar kemungkinan serangan virus pada laptop.

11. Jangan Menggunakan Laptop Terlalu Lama

Laptop berbeda dengan komputer yang dapat bekerja selama 24 jam nonstop tanpa istirahat. Gunakan laptop seperlunya saja, jika tidak digunakan sebaiknya anda matikan laptop anda. Menggunakan laptop terlalu lama juga merupakan faktor yang membuat laptop mengalami overheat.

12. Perhatikan Suhu Laptop Anda

cara merawat laptopBanyak pemilik laptop yang tidak memperhatikan suhu pada laptop mereka. Padahal suhu yang tinggi merupakan salah satu penyebab overheat pada laptop.

13. Uninstal Program Yang Tak Bermanfaat/Tak Dipakai

JIka kita terlalu banyak menginstall program maka akan memakan ruang RAM dan Hardisk oleh karena itu unistall program yang tidak digunakan. Laptop yang terlalu memaksa kerja RAM dan Hardisk akan cepat panas dan menyebabkan overhead.

14. Jauhi Mengunakan Laptop Sampai Baterai kosong Hingga 0% 

Salah satu cara merawat laptop adalah dengan menghindari baterai hingga baterai kosong 0%, tentu hal semacam ini bakal memperpendek usia baterai. Jadi jika baterai laptop telah mendekati 0%. Sangatlah dianjurkan Pemakai laptop lakukan setting laptop mati saat baterai kosong mendekati 0%, setting dibagian Power Options. Jika pengecasan sudah 100% segera cabut carger laptop.

16. Jauhkan Benda-Benda Magnet Dari laptop 

Magnet sangat berpengaruh terhadap komponent-komponet laptop anda jadi hindari benda yang mengandung magnet kuat dari latop anda.

17. Jauhi Mengoperasikan Laptop Di Ruang Yang Bersuhu Panas. 

Mengoperasikan computer didalam Suhu ruang yang sangatlah panas bisa mengakibatkan kerusakan komponen-komponen laptop. Gunakan kipas pendingin (cooling pad)
mau mengunaakn latop didalam suhu ruang yang panas. Cooling pad ada yang terbagi dalam sebagian kipas kecil atau ada dengan juga rmodel 1 kipas besar. Memakai Kipas pendingin bisa menolong aliran hawa jadi baik untuk laptop.

18. Waktu Mengoperasikan, Upayakan Alas Laptop berupa Permukaan Yang Datar 

Saat Laptop dalam situasi menyala, salah satu komponen laptop yang berupa seperi piringan pada harddisk dalam keadaan berputar. Terlebih saat tengah buka aplikasi spesifik didalam laptop, jadi piringan itu makin keras berputar. Bila laptop dalam situasi posisi miring, piringan itu bisa tergores dengan komponen paling dekatnya dari harddisk, jadi sangatlah beresiko, yang bisa bikin rusaknya keseluruhan. Lebih bagus menggunakan kipas pendingin
(cooling pad).

19. Install Program antivirus komputer

Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga perangkat lunak perlindungan virus. Program ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan). Bagi anda yang membutuhkan referensi anti virus silahkan membaca artikel 11 daftar antivirus gratis dan terbaik untuk PC dan Laptop

Kesimpulan

Pada initinya cara merawat laptop adalah memperhatikan waktu pengguaan laptop anda, hindari hal-hal yang dapat merusak dan membahayakan laptop kesayangan kemudian berikan perawatan dan perhatian terhadap kondisi laptop anda. Dengan merawat laptop dengan baik dan benar maka diharapkan laptop bisa awet tidak cepat rusak dan mempunyai umur yang panjang.  .

Terima kasih telah menyimak artikel cara merawat laptop dengan benar agar awet tidak cepat rusak semoga bermanfaat bagi anda semua. Untuk perawatan baterai laptop agar awet dan tahan lama silahkan disimak artikel : Cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama
loading...




0 Response to "Cara merawat laptop dengan benar agar awet tidak cepat rusak "