Tutorial PHP Pemula Bagian 15 : Variabel Global dan Variabel Local di PHP

Pada tutorial belajar PHP untuk pemula sebelumnya kita telah membahas tentang referensi di pemprograman php maka untuk tutorial kali ini akan membahas mengenai variabel global yang di gunakan di PHP dan juga variabel local di PHP

Variabel Global dan Local


Variabel  yang dideklarasikan di dalam fungsi akan bersifat local untuk fungsi tersebut. Dengan demikian variabel tersebut hanya akan dapat diakses oleh proses-proses yang yang terdapat pada fungsi-fungsi tersebut, termasuk nestes-function atau sub-fungsi. Sedangkan variabel yang ada di luar fungsi secara default akan dianggap sebagai variabel global. Untuk lebih jelasnya dalam memahami variabel global dan local silahkan lihat contoh dibawah ini :


Jika dijalankan pada browser maka hasilnya adalah sebagai berikut :

Variabel global dan variabel local di PHP

Selanjutnya silahkan Anda perhatikan kode yang ada di bawah ini :


Jika dijalankan pada browser maka hasilnya adalah sebagai berikut :

Variabel global dan variabel local di PHP

Pada tutorial belajar php kali ini kita telah selesai membahas materi variabel global dan variabel local yang ada di PHP dan untuk tutorial selanjutnya akan dibahas mengenai variabel statis yang ada di pemrograman PHP, untuk itu silahkan dibaca : Tutorial PHP Pemula Bagian 16 : Variabel statis di PHP.

Demikianlah ulasan mengenai variabel global dan variabel local yang ada di bahasa pemrograman PHP, semoga dapat membantu Anda dalam memahami materi variabel global dan variabel local di PHP.
loading...




0 Response to "Tutorial PHP Pemula Bagian 15 : Variabel Global dan Variabel Local di PHP"