Tutorial PHP Pemula Bagian 14 : Tutorial PHP Pemula Bagian 15 : Referensi variabel di PHP

Jika sebelumnya pada tutuorial belajar PHP untuk pemula kita telah membahas tentang Aturan Penamaan variabel di PHP maka untuk kesempatan kali ini kita akan membahas tentang referensi variabel di pemrograman PHP.


Referensi variabel di PHP


Referensi merupakan alias dari suatu variabel. Untuk membuat $hitam sebagai alias dari variabel $putih, diperlukan kode sebagai berikut :
$hitam =& $putih;
Melalui kode Tersebut nilai lama dari variabel $hitam akan hilang dan akan tertimpa oleh nilai yang disimpan dalam variabel $putih. Hal ini bisa terjadi karena variabel $hitam sekarang adalah nama lain dari atau alias dari variabel $putih

Sebagai contoh disini saya akan membuat variabel $hitam dengan nilai di dalamnya adalah "Warna hitam" kemudian variabel $hitam akan saya tampilkan dilayar browser, untuk kodenya adalah sebagai berikut :


Jika ditampilkan dalam browser maka hasilnya adalah sebagai berikut :



Pada layar browser akan tampil "Warna hitam" yang merupakan isi dari dari variabel $hitam. Selanjutnya perhatikan kode dibawah ini :


Jika ditampilkan dalam browser maka hasilnya adalah sebagai berikut :



Pada layar browser yang tampil adalah "Warna putih" yang merupakan hasil penampilan variabel $hitam, lalu kenapa yang ditampilkan menjadi "Warna putih" . Ini karena variabel $hitam telah mengalami referensi variabel yaitu nilainya ditimpa dengan variabel lain yaitu variabel $putih. Pada kode yang kedua ini terdapat kode $hitam =& $putih; ini artinya nilai variabel $hitam ditimpa dengan variabel $putih, nilainya variabel $hitam akan sama dengan variabel $putih. Nah, nilai dari variabel $putih ini adalah "Warna putih" , jadi nilai $hitam juga akan menjadi "Warna putih".

Sampai disini kita telah selesai membahas mengenai referensi variabel yang ada pada pemrograman PHP. Untuk selanjutnya akan membahas tentang variabel global dan variabel local oleh karena itu silahkan dibaca : Tutorial PHP Pemula Bagian 15 : Variabel global dan variabel local di PHP.

Demikianlah tutorial belajar PHP untuk pemula yang membahas referensi variabel dalam bahasa pemrograman PHP, semoga dapat membantu Anda dalam memahami referensi variabel di PHP.
loading...




0 Response to "Tutorial PHP Pemula Bagian 14 : Tutorial PHP Pemula Bagian 15 : Referensi variabel di PHP"