Tutorial PHP Pemula Bagian 12 : Pengenalan Variabel dan Cara Pembuatannya di PHP

Tutorial belajar PHP untuk pemula sebelumnya telah dibahas mengenai pengenalan tipe data array maka pada kesempatan kali ini akan membahas tentang pengenalan variabel di dalam bahasa pemrograman PHP dan akan dijelaskan pula bagaimana cara penulisan variabel.

Pengertian Variabel di PHP


Pengertian variabel adalah suatu pengenal didalam program yang mempresentasikan nilai atau data tertentu.  Dengan memasukan nilai ke dalam variabel , maka kita dapat mengacu pada variabel tersebut dari tempat lain dalam kode program tertentu. Variabel merupakan kode program yang digunakan untuk menampung nilai tertentu. Nilai yang disimpan di dalam variabel selanjutnya dapat dipindahkan ke dalam database, atau ditampilkan kembali ke pengguna.


Untuk nilai dari pada variabel dapat di isi dengan informasi yang diinginkan dan dapat dirubah nilainya pada saat kode program sedang berjalan. Sebuah variabel memiliki nama yang digunakan untuk mengakses nilai dari variabel itu. Jika anda memiliki pengetahuan dasar tentang bahasa pemrograman, tentunya tidak asing dengan istilah variabel. 

Cara Membuat Variabel di PHP


Dalam PHP variabel didefinisikan dengan cara membubuhkan tanda $ (karakter dollar) di depannya. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat variabel :
1. Tulis nama variabel yang akan dibuat
username
password
2. Tambahkan tanda $ di depan nama variabel tersebut
$username
$password
3. Gunakan tanda = (karakter sama dengan) setelah nama variabel untuk memasukan nilai literal ke variabel tersebut.
$username = "budiman"
$password = "demo123"
4. Memasukan nilai ke dalam variabel merupakan sebuah perintah oleh karena itu harus diakhiri dengan titik koma atau semicolon (;) .
$username = "budiman";
$password = "demo123";

Dalam PHP sebuah variabel tidak perlu di deklarasikan terlebih dahulu ini berbeda dengan bahsa pemprograman lainnya pada umumnya seperti bahsa C dan Java. Variabel di PHP juga dapat menyimpan nilai dari tipe data apapun, untuk lebih jelasnya silakan perhatikan contoh dibawah ini :


Jika dijalankan dibrowser maka hasilnya akan seperti dibawah ini :

Pengenalan variabel dan cara pembuatannya di PHP

Dari kode diatas maka dapat diketahui bawah :
  • Variabel $a menyimpan nilai string
  • Variabel $b menyimpan nilai  integer
  • Variabel $c menyimpan nilai floating-float
  • Variabel $d menyimpan nilai boolean
  • Variabel $detik_per_hari menyimpan nilai hasil perhintungan perkalian
  • Variabel $person menyimpan nilai array

Untuk tutorialb belajar PHP kali ini kita telah selesai membahas tentang pengenalan variabel dan cara pembuatannya di PHP. Untuk tutorial selanjutnya akan membahas tentang : Tutorial PHP Pemula Bagian 13 : Penamaan variabel di PHP.

Demikianlah pembahasa mengenai variabel yang ada di bahasa pemrograman PHP, semoga dapat membantu Anda dalam memahami variabel di PHP.
loading...




0 Response to "Tutorial PHP Pemula Bagian 12 : Pengenalan Variabel dan Cara Pembuatannya di PHP"