Tutorial PHP Pemula Bagian 9 : Pengenalan Tipe Data String dan Cara Penulisan String di PHP

Jika sebelumnya telah dijelaskan tipe data float di php maka pada tutorial kali ini akan dibahas mengenai tipe data string dan bagaimana cara penulisan tipe data string di dalam PHP


Pengertian Tipe Data String di Dalam PHP


Pada pemrograman PHP string adalah kumpulan dari karakter, bilangan, spasi, dan yang lainnya yang berada dalam tanda petik. Di bawah ini semuanya adalah contoh dari string. 
  • '9 Januari 2009'
  • '1.000.000'
  • "satu juta"
  • 'Belajar PHP'

Pada intinya tipe data string berisi text, kalimat, atau kumpulan karakter. Sebagai contoh "m", "saya suka koding" atau "2fTi*&x</->kL!" ketiga karakter yang berada pada tanda petik adalah string. Untuk besar tipe data string ini bisa mencapai 2GB (2147483647 bytes maksimum). String biasanya digunakan pada sebuah variabel yang ditulis dengan menggunakan double quote (" ") atau single quote(' ').

Dalam pemprogram PHP tipe data string merupakan adalah tipe data yang paling sering digunakan, dan memiliki banyak fitur yang disediakan PHP. Karakter yang didukung saat ini adalah 256 karakter ASCII dan Anda untuk melihat list karakter ASCII tersebut bisa mengunjungi pada website resminya di www.ascii-code.com.

Cara Penulisan Tipe Data String dalam PHP


Bahasa pemrograman PHP mempunyai 4 cara penulisan tipe data string. Keempat cara penulisan tipe data string di PHP adalah Single Quoted, Double Quoted, Heredoc, dan Nowdoc dan semuanya akan dibahas dalam dalam tutorial ini.

1. Cara Penulisan Tipe Data String dengan Single Quoted


Cara pertama untuk penulisan tipe data string di PHP adalah menggunakan single quoted atau tanda petik satu ('). 
Penulisan string menggunakan singgle quoted adalah dengan menambahkan tanda petik satu di awal dan di akhir kalimat. Penggunaan single qouted dalam pembuatan string di PHP merupakan cara paling simple dan paling mudah.

Misalkan kita mengharapkan ada tanda petik satu (') di dalam string maka untuk menulisnya kita harus mendahuluinya dengan karakter backslash (\), hal ini dimaksudkan agar tanda petik satu tidak dianggab sebagai penutup string. 

Jika dalam string terdapat tanda petik satu, maka kita harus mendahuluinya dengan karakter backslash (\) agar tidak dianggap sebagai penutup string. Nah, jika akan menulis tanda backslash (\) di dalam string dan menampilkannya di browser maka kita harus menulis backslash tersebut 2 kali (\\). Untuk lebih jelasnya silahkan kita lihat contoh dibawah ini :


Kode di atas jika ditampilkan pada browser maka hasilnya adalah seperti dibawah ini :


Perhatikan contoh diatas baik-baik terdapat karakter khusus seperti \n, kemudian \' untuk menampilkan tanda petik satu didalam string itu sendiri dan variabel yang dimulai dengan tanda dollar $ yang ditampilkan apa adanya karena statusnya sebagai string. Ketiga karakter khusus ini ditampilkan sebagai karakter aslinya ke dalam browser dan ditampilkan apa adanya.

2. Penulisan Tipe Data String dengan Double Quoted


Cara kedua dalam penulisan tipe data string dalam PHP adalah dengan menggunakan Double Quoted atau tanda petik dua ("). Walaupun seperti tidak ada perbedaan dengan menggunakan single quote, hasil yang di dapat akan sangat berbeda.Hal ini kerena dengan menggunakan double quoted, PHP akan memproses karakter-karakter khusus seperti carriage return (\n), dan karakter tab (\t) dan juga memproses setiap variabel (yang ditandai dengan tanda $ didepan kata).

Untuk menampilkan karakter khusus seperti tanda petik ('), tanda dollar ($) dan tanda-tanda khusus lainnya, kita harus menggunakan backslash (\) ini
dikarenakan metode double quoted melakukan pemrosesan terlebih dahulu. Tabel dibawah ini menyajikan karakter khusus untuk  double quoted string: 

Cara
Penulisan String

Karakter
Yang Ditampilkan

\" 

Karakter Tanda petik dua

\n

Karakter Newline

\r

Karakter Carriage return

\t

Karakter Tab

\\

Karakter Backslash

\$

Karakter Dollar Sign

\{

Karakter Pembuka Kurung Kurawal

\}

Karakter Penutup Kurung Kurawal

\[

Karakter Pembuka Kurung Siku

\]

Karakter Penutup Kurung Kurawal

\0 sampai \777

Karakter ASCII menggunakan nilai oktal

\x0 sampai \xFF

Karakter ASCII menggunakan nilai heksadesimal
Untuk lebih memahami penggunaan double quoted string silahkan lihat contoh dibawah ini dan dilihat perbedaannya:


Bila dijalankan dibrowser maka hasilnya akan seperti :

Pengenalan Tipe Data String dan Cara Penulisan String di PHP

Untuk string yang menggunakan double quoted apabila di dalam string terdapat tanda petik satu (') maka tidak perlu diberikan blackslass \ . Sebaliknya jika dalam string tersebut terdapat tanda petik dua (") maka harus diberikan backslash. Pada $string5, tanda \n yang merupakan karakter khusus untuk baris baru, tapi karena kita menampilkannya di browser, karakter ini tidak akan terlihat, tetapi jika kita menulis hasil string ini kedalam sebuah file text, kalimat tersebut akan terdiri dari 2 baris

3. Penulisan Tipe Data String Dengan Heredoc


Cara ketiga untuk penulisan tipe data string menggunakan fitur PHP yang disebut heredoc. Fitur ini digunakan untuk membuat tipe data string yang dapat berisi beberapa baris kalimat. Dibandingkan dengan menggunakan single quote dan double quote, pembuatan string dengan heredoc tidak terlalu sering digunakan.

Silahkan dilihat
contoh penulisan tipe data string dengan heredoc dibawah ini:


Jika dibuka pada browser maka hasilnya adalah :

Pengenalan Tipe Data String dan Cara Penulisan String di PHP

Perhatikan contoh diatas, fitur Heredoc ditandai dengan tanda "<<<" untuk memulai string, lalu diikuti dengan karakter penanda akhir string. Dari contoh tersebut kata "end" pada awal string adalah penanda akhir string. Anda bebas mengganti kata “end” dengan kata atau karakter lain, sepanjang kata tersebut bisa dijamin tidak akan muncul didalam string. 


Setelah karakter penanda string, baris pertama setelahnya adalah awal dari string. String ini dapat mencakup beberapa baris, sampai ditemukan karakter penanda akhis string yang kita definisikan di awal (yaitu kata "end"). Setelah ditemukan karakter penanda akhir string, maka pendefenisian string berakhir.

Kemuadian perhatikan juga bahwa di dalam kalimat diatas, saya menggunakan karakter <br /> dan variabel $nilai. Seluruh karakter ini diproses oleh PHP, sehingga mirip dengan fitur double quoted string.


4. Penulisan Tipe Data String Dengan Nowdoc


Cara keempat untuk penulisan tipe data string didalam PHP yaitu dengan fitur Nowdoc. Fitur ini hampir sama dengan Heredoc, namun dengan pengecualian: karakter khusus dan variabel tidak akan diproses oleh PHP, atau mirip dengan single quoted string. Berikut adalah contoh penulisan tipe data string menggunakan metode Nowdoc:



Bila dijalankan pada browser maka hasilnya adalah :

Pengenalan Tipe Data String dan Cara Penulisan String di PHP

Jika dilihat sekilas, tidak ada perbedaan cara penulisan metode nowdoc dengan heredoc, namun perhatikan karakter penanda akhir string. Kali ini saya menggunakan karakter 'finish' sebagai penanda akhir string. Dan yang membedakannya dengan heredoc adalah, nowdoc menambahkan single quoted untuk karakter penanda akhir string. 

Saya menulis 'finish' (dengan tanda kutip satu) untuk mengawali string. Dari tampilan yang dihasilkan, nowdoc memproses string sama dengan single quoted string, dimana karakter khusus dan variabel tidak diproses sama sekali, sehingga dalam tampilan akhir anda dapat melihat tanda \n dan variabel $nilai ditulis sebagai string. 

Sampai disini kita telah selesai membahas pengenalan tipe data string di PHP dan cara penulisan string di PHP. Tutorial belajar PHP selanjutnya  akan membahas tipe data boolean, untuk itu silahkan disimak artikel  Tutorial PHP Pemula Bagian 10 : Pengenalan Tipe Data Boolean dan Cara Penulisan Boolean di PHP .

Demikianlah membahasan mengenai tipe data string dalam bahasa pemrograman PHP, semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam memahami materi tentang tipe data string pada PHP.

loading...




0 Response to "Tutorial PHP Pemula Bagian 9 : Pengenalan Tipe Data String dan Cara Penulisan String di PHP"