Tutorial PHP Pemula Bagian 11 : Pengenalan Tipe Data Array dan Cara Penulisan Array di PHP

Jika pada tutorial belajar PHP sebelumnya telah dibahas mengenai tipe data boolean maka pada tutorial ini akan membahas tentang pengenalan tipe data Array dan cara penulisan tipe data Array di dalam bahasa pemrograman PHP.


Pengertian Tipe Data Array di PHP


Pengertian Array adalah variabel yang menyimpan sekelompok nilai yang dapat didefinisikan berdasarkan posisinya (nomor 0 sebagai index pertama). Pada intinya array ini merupakan himpunan dari beberapa data yang disimpan di dalam sebuah variabel. Bilangan array sering disebut dengan bilangan berindex. Data yang ada di dalam array disebut dengan elemen array. Setiap elemen array dipisahkan dengan koma ( , ) kemudian data yang ada di dalam array disebut dengan elemen array.

Cara Penulisan Tipe Data Array di PHP


Dalam bahasa pemrograman PHP ada 3 cara penulisan array yang petama menggunakan konstruktor array PHP (array language construct) / array menggunakan key. Selanjutnya yang kedua adalah array tanpa menggunakan key dan yang ketiga adalah short syntax array.

1. Array language construct


Untuk penulisan array menggunakan konstruktor array PHP (array language construct) / array menggunakan key yaitu komponen array yang terdiri dari pasangan kunci (key) dan nilai (value). Key adalah penunjuk posisi dimana value disimpan.


Perhatikan pada kode diatas dimana php menggunakan tanda panah (=>) untuk memberikan nilai kepada key. Agar lebih jelas silahkan lihat contoh dibawah ini :


Jika di jalankan di browser hasilnya adalah :

Pengenalan Tipe Data Array dan Cara Penulisan Array di PHP

2. Array tanpa menggunakan key


Selanjutnya untuk penulisan array yang kedua adalah array tanpa key, dan key itu secara otomatis akan diurutkan dari nilai 0, 1, 2, dst. Perhatikan contoh dibawah ini :


Jika kita menjalankannya di browser maka hasilnya akan seperti di bawah ini :

Pengenalan Tipe Data Array dan Cara Penulisan Array di PHP

Pada contoh diatas saya memodifikasai dari contoh sebelumnya dan anda bisa melihatnya ketika saya memangil varibel $person[0] maka nilai yang keluar adalah Joko ini karena Joko adalah index pertama di array. Karena seperti penjelasan sebelumnya bahwa index array dimulai dengan angka 0.

3. Short syntax array


Selanjutnya PHP menyediakan cara yang lebih singkat dalam pembuatan array, atau disebut dengan 'short syntax array'. Untuk short syntax array hanya bisa digunakan pada PHP versi 5.4.x keatas.  Silahkan lihat contoh penggunaannya di bawah ini :


Bila dijalankan di browser maka hasilnya adalah sebagai berikut :

Pengenalan Tipe Data Array dan Cara Penulisan Array di PHP

Pada Short syntax array kita tidak perlu membuat keyword 'array', tapi langsung membuat tanda kurung siku. Dan, seperti biasa, index key array dimulai dari 0. Sehingga pemanggilan $pegawai[0] akan menampilkan "Doni", selanjutnya index ke 1 yaitu variabel $pegawai[1] maka yang tampil adalah "Agus" begitu seterusnya.

Untuk materi yang lebih lengkap dapat diihat pada situs resmi PHP yang menerangkan array di array documentation, Anda dapat menyimak penjelasan lengkap array di sana.

Pada tutorial belajar PHP pada kesempatan ini kita telah selesai membahas tipe data array dan cara penulisan array di PHP. Untuk tutorial selanjutnya akan membahas tentang pengenalan variabel, untuk itu silahkan dibaca : Tutorial PHP Pemula Bagian 12 : Pengenalan variabel dan cara pembuatannya di PHP.

Demikianlah penjelasan tentang tipe data array yang ada di PHP, semoga dapat membantu Anda dalam memahami tipe data array di PHP.  
loading...




0 Response to "Tutorial PHP Pemula Bagian 11 : Pengenalan Tipe Data Array dan Cara Penulisan Array di PHP"