Mempercepat windows 7 dengan mematikan service yang tidak digunakan

Mempercepat windows 7 dengan mematikan service yang tidak digunakan - Bagi pengguna windows 7 anda bisa mematikan service yang tidak diperlukan sehingga kinerja daripada windows 7 itu maksimal. Windows service adalah sebuah aplikasi yang berjalan dari proses booting pada sistem operasi Microsoft Windows. Windows service berjalan di belakang layar sehingga tetap meminta sumber daya komputer seperti memory, prosesor bahkan data internet. Windows service sendiri memiliki fungsi bermacam-macam, dari mulai service yang diperlukan agar komputer berjalan dengan normal seperti Themes, Windows Audio, Power, Installer dan lainnya. Service ini sifatnya critical atau jika dimatikan akan membuat sistem tidak stabil.Selain itu adapula service yang berhubungan dengan konektivitas, networking atau sharing, seperti bluetooth support services, printer (baca juga canggihnya printer 3D), WLAN auto config, Connection manager dan lain-lain. Adapula windows service yang sebenarnya tidak begitu penting dan hanya diperlukan sesekali bahkan tidak sama sekali seperti Application Experience. Dan jenis windows service terakhir adalah service yang dibuat oleh pihak ketiga seperti software antivirus atau aplikasi lainnya. Untuk mematikan windows services dapat dilakukan degan cara :
  • Pada windows 7: Tombol windows + R maka akan muncul  halama "Run" kemudaian ketikan "services.msc" (tanpa tanda petik)

  • Kemudian akan muncul halaman pengaturan service di windows, silahkan pilih windows services yang akan dimatikan dengan cara klik kanan kemudain pilih stop. Misal disini akan mamatikan windows update maka silahkan pilih Windows update -> Klik kanan -> Stop


Windows services yang bisa dimatikan di windows 7


1. Fax
Bagi anda yang jarang atau bahkan tidak pernah menggunakan FX sebaiknya service ini dimatikan. WinFax adalah software berbasis Windows yang diperuntukkan agar komputer yang dilengkapi dengan modem dial-up yang mendukung fax dapat berkomunikasi secara langsung dengan mesin fax konvensional ataupun komputer lainnya yang dilengkapi dengan modem dan software yang sama.

2. Remote Desktop Service
Fungsi dari remote desktop service adalah untuk mengijinkan orang lain untuk megakses komputer dari jarak jauh bisanya dignakan dalam team work. Jika komputer anda tidak menggunakan service ini sebaiknya dimatikan

3. Remote registry
Service ini digunakan untuk mengubah registry dari jarak jauh. Jika anda mematikan service ini maka anda akan sedikit lebih aman dari serangan virus komputer yang menginveksi komputer anda.

4. Secondary Logon
Service ini gunakan untuk melakukan log on alternatif ketika laptop/pc anda mengalami masalah. Namun pada kenyataannya jika komputer anda sistemnya kuat maka tidak akan terjadi masalah untuk dinonaktifkan

5. Smart Card
Service card ini digunakan untuk mengakses kartu yang dapat dibaca oleh komputer. Biasanya smart card dibutuhkan hanya oleh perusahaan-perusahaan besar. Jadi laptop anda tidak akan mengalami masalah jika service ini anda abaikan (disable).

6. System Event Notification Services
Bagi kebanyakan orang service ini dianggap tidak penting, kecuali bagi anda yang selalu bekerja dengan jaringan dan maintenance. 
7. Task Scheduler
Service ini dapat anda matikan jika anda tidak mau menjalankan "task" rutin
8. Windows Event Log
Jika anda tidak pernah berpikir detail seperti seorang administrator komputer, maka anda dapat menonaktifkan service ini. Fungsi even log yaitu merekam semua event (kejadian) pada pc/laptop. Anda dapat melihat event log ini melalui Start menu > Settings > Control Panel > System and Sucurity > Adminitrative Tool > double klik Event viewer.

9. Windows Update
Jika anda tidak ingin melakukan update windows berkala secara otomatis anda dapat mematikan service windows yang satu ini. Windows update biasanya cukup besar, ini akan membuat jatah paket internet anda cepat berkurang secara signifikan jika anda menggunakan paket internet tertentu.

10. Diagnostic Policy Service 
service ini hanya berguna mendiagnostik masalah umum komputer, lebih baik service dimatikan saja sedangkan untuk solusi permasalahan komputer dewasa ini dapat ditemukan dengan mudah dari internet.

12. Distributed Link Tracking Client 
Hanya dipakai jika komputer terhubung dalam jaringan saja jika tidak laptop atau komputer anda tidak terhubung degan jaringa silahkan dimatikan saja.

13. Function Discovery Resource Publication 
Sama halnya dengan service sebelumnya (network only) yaitu dipakai jika komputer terhubung dalam jaringan saja.

14. IP Helper 
Hanya dipakai dalam konektivitas tunnelling IPv6.

15. Offline Files 
Cara kerjanya seperti offline cache pada browser, lebih baik dimatikan saja.

16. Performance Logs & Alerts 
Hanya mencatat log performa komputer karena itu lebih baik dimatikan saja karena tidak seberapa dibutuhkan.

17. Print Spooler 
Jika komputer Anda tidak terhubung dengan printer atau tidak akan pakai printer dalam waktu dekat, maka lebih baik matikan saja service ini. Jika komputer anda selalu atau akan menggunakan printer service ini harus dihidupkan

18. Server
Sama dengan poin sebelumnya yaitu hanya dipakai jika komputer terhubung dalam jaringan saja

19. SSDP Discovery
Hanya dipakai dalam komputer dengan jaringan.

21. Windows Error Reporting Service 
Bertugas melaporkan program yang error dan membuat log saja. Jadi akan  memunculkan pesan error jika laptop anda jika laptop atau kompter mengalami masalah error yang krusial

22. Windows Image Acquisition (WIA) 
Jika komputer tidak terhubung dengan scanner atau kamera, disable saja. Tapi jika masih terhubung dengan scanner atau kamera maka service ini di enable atau di hidupkan.

23. Windows Search
Memproses file indexing untuk mempermudah pencarian file di komputer, namun karena proses indexingnya lama saya sarankan matikan saja servis ini. Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan software alternatif pencarian file windows yang lebih cepat dan lebih baik.

24. Windows Time 
Bertugas melakukan sinkronisasi waktu sistem dengan waktu internet secara otomatis, optional

25. Program Compatibility Assistant Service
Sesuai dengan namanya, hanya memantau kompatibilitas program.

Dari windows service yang disarankan untuk dimatikan sebaiknya dipertimbangkan dahulu apakah service yang akan dimatikan itu dipergunakan atau tidak. Jika jarang atau tidak dipergunakan dimatikan saja untuk untuk menghemat kinerja RAM dan prosesor komputer anda. Tetapi jika masih dipergunakan lebih baik di hidupkan saja serveice tersebut.
 
Setelah services windows yang tidak diperlukan dimatikan maka secara otamatis penggunaan RAM dan Procesor berkurang  Anda akan mendapatkan kinerja laptop/pc yang lebih cepat setelah anda mematikan beberapa service yang sebenarnya tidak anda perlukan.  Restart ulang pada laptop/pc anda. Dan rasakan bedanya setelah anda melakukan tweaking laptop/pc anda. Nah demikianlah artikel Mempercepat windows 7 dengan mematikan service yang tidak digunakan . Anda bisa membaca artikel lainnya yang berkenaan dengan mempercepat kinerja windows 7 silahkan baca :  Cara mempercepat kinerja windows 7

loading...




0 Response to "Mempercepat windows 7 dengan mematikan service yang tidak digunakan"