12 Cara mempercepat windows 8 / 8.1 pada laptop atau komputer

Cara mempercepat windows 8 pada laptop atau komputer  - Pengertian Windows 8 adalah nama dari versi terbaru dari Microsoft Windows, yaitu serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Jika kita menggunakan windows 8 bagaimana cara agar windows 8 yang kita gunakan bekerja secara makasimal dan cepat?

Secara default Windows 8 dibekali dengan banyak fitur ketika kita mengistallnya. Nah karena fitur-fitur fitur inilah windows yang kita gunakan banyak memakan memori RAM kita sehingga kinerja membuat laptop atau komputer kita lambat. Untuk bisa memaksimalkan dan mempercepat windows 8 ini kita bisa menonaktifkan fitu-fitu yang tidak digunakan, memaksimalkan memori RAM dan prosessor atau melakukan perawatan rutin pada windows 8 kita.

Perlu diketahui bahwa Windows 8 menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Kemudian Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh. Windows 8 ternyata ada kalanya tidak sepenuhnya cepat kinerja, disaat kita sudah banyak menginstall aplikasi-aplikasi yang terkadang bisa membuat windows menjadi lambat dan memperngaruhi kinerja windows 8 kita. 

Untuk sobat yang baru saja mau menginstall windows 8 perlu diketahui Kelebihan pada windows 8, yang cukup membuat kita sedikit tercengang dengan tampilan grafisnya dengan gaya metronya.Dalam operating system Windows 8 sobat juga harus tahu ternyata mempunyai banyak fitur terbaik dalam windows 8 yang sedikit berbeda dari versi sebelumnya yaitu windows 7. Dalam operating system windows 8 banyak sekali menyimpan pengaturan yang harus kita ketahui agar dapat bekerja dengan cepat dan optimal kinerjanya.

Berikut ini adalah cara mempercepat windows 8 pada laptop atau komputer anda agar kinerja laptop anda menjadi lebih cepat dan maksimal :

1. Pengaturan Program Startup


Pada task manager windows 8 ini kita dapat mematikan fungsi startup yang terkadang membuat komputer sobat menjadi sangat lambat. Dengan dimatikannya fungsi startup ini dapat mempercepat proses startup. Sobat dapat melihat tab startup kemudian matikan fitur aplikasi yang tidak perlu dijalankan saat startup.



2. Mematikan Fitur Animasi yang tidak Berguna

Untuk mendapatkan pengalaman yang lebih cantik saat menggunakan windows 8, sudah pasti beragam dampak cantik tersebut dihidupkan. namun, sobat telah tahu bila animasi layaknya itu bisa kurangi performa computer.Untuk mematikan sebagian animasi tersebut, sobat bisa tekan tombol windows untuk membuka start screen serta tulis adjust the appearance lantas klik settings. lantas, klik saja "adjust the appearance and performance of windows".



Ketika sobat menghimpit minimize serta maximize, animasinya dapat tampak. Dampak dari animasi tersebut berikan delay, hingga dapat memberatkan computer. Sobat dapat mematikan animasi tersebut dengan langkah menghilangkan sinyal centang di animate windows when minimizing and maximizing. serta juga, anda dapat mematikan animasi fade or slide menus into view serta juga fade or slide tooltips into view.


3. Periksa Aplikasi yang memakan banyak resource memory

Dengan adanya tampilan windows task manager yang baru, anda bisa lihat program mana saja yang mengonsumsi resource yang amat banyak. aplikasi yang mengonsumsi banyak resource mempunyai warna yang gelap, namun aplikasi yang sedkit makan resource warnanya dapat terang. task manager yang baru ini juga meringankan kita lihat program apa saja yang jalan.


4. Gunakan Antivirus Built-in Windows 8

Dari pada harus menggunakan antivirus dari vendor lain, lebih baik gunakan windows 8 yang telah ada antivirus dari microsoft, yakni windows defender. Windows defender juga sama juga dengan microsoft security essentials untuk windows xp, vista, serta 7. Karena antivirus dari vendor lain biasanya akan memakan banyak resource mempory dan mempengaruhi kinerja windows sobat.



5. Mengoptimalkan Kinerja Harddisk

Windows 8 terus berikan disk defragmenter untuk mempercepat kinerja windows 8. namun di windows 8, disk defragmenter beralih nama jadi optimize drives. Untuk dapat membuka optimize drives, sobat bisa klik tombol start lantas tulis defragment, klik settings serta tekan enter.



6. Mematikan Indexing Service

Indexing service di windows amatlah bermanfaat untuk mengindeks file yang ada di computer sobat. hingga, saat anda melacak file di windows, merasa amatlah cepat serta demikian gampang. indexing service juga menggunakan cpu time supaya fitur ini bisa jalan. hingga, mematikan fitur indexing ini, computer anda dapat lebih cepat.


Sudah pasti, mematikan indexing, anda tidak dapat lakukan pencarian dengan cepat. bila anda kerap menggunakan search, anda baiknya janganlah mematikan fitur ini. matikan fitur ini cuma bila anda tidak dulu menggunakan search.


Untuk mematikan fungsi windows search, tekan tombol start, tulis service.msc serta tekan enter. Tujukan kebawah serta mencari windows search. klik kanan serta klik properties (lihat gambar)



Pada bagian startup, pastikan disabled. lantas, klik stop untuk menghentikan fiturnya. serta klik ok. (lihat gambar)


7. Menggunakan Fungsi Sleep

Untuk sobat yang baru menggunakan windows 8, barangkali anda bingung, bagaimana untuk lakukan shut down. janganlah cemas, dikarenakan saya juga dulu demikian waktu pertama kali menggunakan windows 8 ( hehehe ). namun, dari pada anda mematikan computer, baiknya anda sejak saat ini menggunakan sleep. didalam mode sleep, computer menggunakan sedikit tenaga untuk menaruh beragam program yang jalan. saat anda membuka laptop anda, maka windows dengan instan hidup kembali serta mengembalikan seluruh program yang anda buka pada mulanya.


Sobat bisa mendapatkan opsi sleep di power button pada windows charms. untuk membuka charms, tujukan mouse anda ke pojok kanan atas, lantas tujukan kursor mouse lagi kebawah. klik settings, lantas klik tombol power serta tentukan sleep. anda juga dapat kok menutup layar laptop anda untuk lakukan sleep.



8. Merubah Power Settings

Windows 8 menggunakan power plan agar bisa mengatur bagaimana power dipakai, sama layaknya versi windows pada mulanya. untuk membuka power plan, tekan tombol windows, tulis power plan, klik settings, serta tekan enter.

Dengan default, windows dapat menentukan power plan balanced. berarti windows dengan otomatis dapat kurangi kecepatan cpu saat program yang jalan di windows sedikit, atau tidak memberatkan. sudah pasti, perihal ini dapat menghemat power. bila anda tidak senang itu, anda dapat berpindah ke high performance. di mode ini, apa pun yang anda kerjakan, computer anda dapat berikan performa yang sangat tinggi.


Namun, mode ini tidaklah bagus. pakai high performance cuma bila anda tengah menggerakkan aplikasi yang berat atau anda tengah bermain game. bila anda cuma membuka microsoft office atau anda cuma membuka browser, menggunakan high performance hanya boros daya serta bisa mengakibatkan computer cepat panas.

Apa pun yang anda kerjakan, jangan sampai menggunakan mode power saver. mode ini cuma pas untuk anda yang pingin memperlama pemakaian computer. namun, performa computer dapat amat turun.



9. Scan dengan Anti Virus Secara Teratur

Windows 8 / 8.1 yang lemot seringkali juga disebabkan karena banyaknya virus atau malware yang menginfeksi sistem. Dengan kamu melakukan scan dengan Anti virus secara teratur, maka kamu dapat mencegah munculnya berbagai hal yang merugikan sistem seperti Virus, Malware, Trojan, Worm, dsb. Pastikan kamu rajin mengupdate antivirus dan rajin juga melakukan scan PC dengan antivirus.


10. Tidak Menggunakan Skin/Themes

Jika kamu suka menggunakan skin/tema untuk Windows, itu akan memakan resource memory kamu dan akan membuat perfoma Windows 8 / 8.1 menjadi lambat. Bahkan dalam beberapa kasus sering kali akan menimbulkan error pada system. Untuk itu jika kamu merupakan Perfoma Addict maka mungkin kamu akan berfikir untuk menguninstall software skin / theme yang sedang kamu gunakan saat ini.

11. Disable Hibernate
Jika kamu tidak menggunakan Hibernate, maka kamu bisa mendisablenya dengan cara buka Command prompt as admin, kemudian ketikan powercfg -h off > Enter. Dengan begitu dalam proses Shutdown akan menjadi lebih cepat karena kamu tidak perlu menunggu memory menyimpan file hiberfil.sys.


12. Menggunakan Software Optimizer

Kamu dapat menggunakan 3rd party software optimizer untuk mempercepat perfoma PC kamu, contoh disini WinPoin menggunakan CCleaner.



Bersihkan PC dari file-file sampah yang tidak perlu seperti cache, temporary files, dan sebagainya. Dengan begitu maka kamu akan membuat sistem lebih bersih dan kinerjanya lebih optimal.

loading...




0 Response to "12 Cara mempercepat windows 8 / 8.1 pada laptop atau komputer"