Tutorial PHP Pemula Bagian 5 : Cara Membuat Komentar di Kode PHP


Pada tutorial sebelumnya kita telah membahas bagaimana cara mengabungkan kode PHP ke kode HTML, dan pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana cara membuat komentar di kode PHP.

Cara membuat komentar di kode PHP 


Sebagai programmer yang baik dalam penulisan kode-kode PHP hendaknya memberikan keterangan atau komentar pada kode-kode penting di PHP agar orang lain dapat mudah memahami kode yang dibuat. Oleh karena itu tutorial ini akan menerangkan bagaimana cara memberikan komentar pada pemprograman PHP. Perlu diketahui ada beberapa jenis komentar dalam PHP yaitu :

  1. Komentar menggunakan gaya bahasa C 
  2. Komentar menggunakan gaya bahasa C++ 
  3. Komentar menggunakan gaya Unix Shell

Komentar berfungsi untuk memberikan informasi kepada orang lain yang membaca kode yang kita buat. Komentar dalam PHP tidak akan ditampilkan di layar browser karena webserver PHP akan mengabaikan komentar. Mari kita lihat jenis-jenis komentar pada PHP.

1. Komentar menggunakan gaya bahasa C


Dalam PHP kita bisa menggunakan jenis komentar yang ada pada bahasa C, Komentar ini digunakan untuk untuk memberikan komentar yang jumlah barisnya lebih dari pada satu atau komentar yang terdiri dari beberapa baris.

Komentar yang ada pada bahasa C ini juga berlaku pada bahasa pemrogaman PHP. Komentar jenis ini diawali dengan /* dan diakhiri dengan */ jadi semua kalimat yang terletak diantara /* dan */ ini dianggab sebagai komentar dan tidak akan tampil pada browser. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh dibawah ini :


Komentar jenis ini umumnya dipakai untuk membuat komentar panjang atau lebih dari satu baris. Pada contoh diatas kita membuat komentar lebih dari satu baris dan menggunakan komentar dengan gaya bahasa C.

2. Komentar menggunakan gaya bahasa C++


Jenis gaya bahasa C++ ini diperuntukan untuk memberikan komentar yang jumlah komentarnya hanya terdiri dari satu baris. Jenis komentar ini dibuat menggunankan double slash (//), dan merupakan jenis komentar yang paling banyak digunakan dalam pemrograman PHP. Untuk lebih jelas dalam membuat komentar dengan gaya bahasa C++ silahkan diperhatikan contoh dibawah ini :


Pada contoh diatas kita membuat komentar hanya satu baris maka digunakan komentar bergaya C++ yaitu menggunakan double slash (//). Jadi kalimat setelah // dianggab sebagai komentar dan tidak akan ditampilkan pada browser.

3. Komentar menggunakan gaya Unix Shell


Jenis komentar yang menggunakan gaya Unix Shell dibuat dengan cara membubuhkan tanda # di depan kalimat komentar. Untuk gaya Unix Shell ini jarang digunakan oleh para developer PHP di dunia, untuk alasannya saya berspekulasi bahwa para developer lebih senang menggunakan gaya bahasa C dan C++ karena karena bahasa ini biasanya juga dipelajari oleh para developer PHP atau Web. Sebagai contoh :


Jika diperhatikan jenis komentar ini mirip dengan kode unix shell pada linux.


Membuat komentar di PHP


Mari kita buat contoh ketiga komentar diatas di localhost. Silahkan anda ketikan kode dibawah ini mengunakan notepad++ atau editor milik anda  :


Silahkan simpan dengan nama memberikankomentar.php kemudian cek dibrowser anda.
localhost/bwphpdasar/memberikankomentar.php maka hasilnya adalah :
 
Cara membuat komentar di kode PHP

JJika dilihat dibrowser semua komentar tidak ditampilkan dibrowser karena PHP akan mengabaikan semua jenis komentar.


Sampai disini kita telah selesai membahas tentang cara penulisan komentar di PHP, Untuk tutorial selanjutnya kita akan membahas variabel yang ada di PHP, silahkan di simak  Tutorial PHP Pemula Bagian 6 : Pengenalan Variabel dan Cara Membuat Variabel di PHP

Demikanlah tutorial yang menjelaskan cara membuat komentar di Kode PHP semoga bermanfaat.
loading...




1 Response to "Tutorial PHP Pemula Bagian 5 : Cara Membuat Komentar di Kode PHP"

  1. SUKSES SELALU UNTUK BISA WEBSITE..
    SEMOGA MAKIN MEMBAWA MANFAAT BAGI PARA PEMBACANYA
    MAKIN JAYA DAN MAKIN SUKSES
    MAKIN OKE PUNYA DEH
    http://worldbalon.com/2015/12/27/balon-tepuk-balon-suporter/

    ReplyDelete