12 Plugin yang wajib untuk meningkatkan kinerja Notepad ++

12 Plugin yang wajib untuk meningkatkan kinerja Notepad ++ : Bagi seorang developer web atau seseorang yang mempelajari cara membuat website tentunya membuatuhkan tools atau alat untuk editor kode web seperti HTML, PHP dan CSS. Banyak sekali editor kode web yang bisa digunakan baik itu yang berbayar maupun yang gratis. Salah satu tools gratis yang menjadi favorit para developer web adalah notepad++ .

Notepad ++ (notepad Plus Plus) adalah salah satu editor teks / kode yang paling populer untuk pengguna Windows. Software Ini benar-benar ringan dan handal, serta memiliki banyak fitur. Ada komunitas yang mengembangkan plugin dan telah menciptakan banyak plugin untuk membantu dalam meningkatkan kinerja Notepad ++.

Bagi para developer  ada beberapa plugin yang wajib di install di Notepad++ guna untuk meningkatkan kinerja dan membantu dalam pengcodingan. di Notepad++ . Tersedianya plugin pada notepad++ ini merupakan salah satu keunggulan editor web dibandingkan dengan editor lainya.

Notepad++ sangat cocok untuk anda yang berproversi sebagai developer website atau anda yang sedang mempelajari bahasa pemprogaman PHP, HTML, CSS, Javascript dan JQuery.


Cara Install Plugin di Notepad++


Untuk menambah plugin pada notepad++ kita harus menginstall plugin yang hampir semua plugin tersedia melalui Plugin Manager yang ada di Notepad ++. Untuk menginstall plugin di Notepad++ Anda harus tekoneksi dengan internet, dan berikut ini cara untuk install plugin pada notepad++ :

1. Pilih menu Plugins => Plugin Manager => Show Plugin Manager, 
2. Centang plugin yang akan diinstall  kemudian klik "Install". 

11 Plugin yang wajib untuk meningkatkan kinerja Notepad ++, Cara install plugin di Notepad++


Petunjuk tentang cara menginstall plugin pada Notepad++ secara lengkap dapat dilihat di wiki resmi.


12 Plugin Penting Pada Notepad++


Berikut ini adalah plugin - plugin penting yang harus Anda coba install pada Notepad++ guna untuk memudahkan dan meningkatakan kinerja editor notepad++ :
1. LightExplorer
2. AutoSave
3. NppFTP
4. JSON
5. JsMin
6. JsLint
7. TextFX
8. Compare
9. InsertLoremIpsum
11. TagsView
10. XML tool
12. RegEx Helper

Untuk lebih detai mengenai plugin-plugin yang disebutkan sebelumnya berikut adalah penjelasannya untuk Anda.


1. LightExplorer


Untuk plugin LightExplorer menembahkan jendela Windows Explorer di samping kiri editor sehingga anda dapat melihat folder explore di sebelah kiri halaman Notepat++. Plugin LightExplore sangat bermanfaat ketika anda mengedit banyak file di lokasi yang berbeda. Untuk merubah tampilah di notepad++ setelah LightExplorer terinstal pergi ke Plugins => Light Explorer dan centang Light Explorer atau cara cepatnya adalah Alt+A


2. AutoSave



AutoSave memungkinkan untuk menyimpan file secara otomatis berdasarkan jadwal waktu yang ditentukan  (default adalah 1 menit). dan / atau pada aplikasi kehilangan fokus. Anda bisa mengatur waktunya di menu Plugins->Autosave -Options


Anda bisa mensetting waktu untuk menyimpan dokumen secara otomatis dalam jangka waktu tertentu, pada contoh diatas saya mencoba mencoba auto save dengan waktu 1 menit, jadi dalam 1 menit kode yang diketikan akan secara otomatis disimpan.

3. NppFTP


Sebuah Klien FTP fitur lengkap dalam Notepad ++ dengan kemampuan untuk menyimpan file langsung ke server Anda.  Plugin NppFTP untuk mengedit file yang letaknya di server FTP. Anda dapat mengatur beberapa profil untuk server FTP yang berbeda dan baik terbuka / menyimpan file langsung ke server atau men-download salinan dan beban di Notepad ++. 

4. JSON 


ViewerSebuah plugin sederhana untuk melihat JSON string . JSON Viewer menampilkan data json dalam format tree (pohon). Anda harus memblok teks lalu memilih Plugins => JSON Viewer => Format JSON. Aplikasi ini sangat dibutuhkan ketika membuat aplikasi web yang menggunakan  webservice atau API seperti Google Maps.  

5. JsMin


JsMi digunakan untukmeminified kode javascript (memperkecil ukuran kode javascript, karena kode dijadikan satu baris, menghilangkan tab atau spasi yg berlebih dsb), sehingga proses download file Javascript di internet akan lebih cepat dan efeknya loading web juga bertambah cepat.

Selain untuk melakukan ‘minified’, JsMin menyediakan fitur lain seperti JSFormat, untuk membuat kode javascript yang ter-minified menjadi kode yang rapi dan mudah terbaca. JSON Viewer untuk melihat file JSON dalam formata yang terstruktur dan lainnya.

6. JsLint


Bagi yang sering mengedit kode program Javascript, JsLint mungkin tidak asing lagi. Untuk mengecek validitass dan menjaga kualitas kode javascript, kita memeriksa sebuah dokumen/kode Javascript dengan JsLint, sehingga akan ditampilkan berbagai informasi bermanfaat untuk membuat kode menjadi lebih baik.Didalam plugins ini juga disertakan opsi apakah akan menggunakan JsLint atau JsHint, yang masing-masing mempunyai kelebihan dan keunggulan yang berbeda.

7. TextFX


TextFX secara default sudah ada sejak pertama kali anda menginstall notepad++. TextFX  menyediakan puluhan fungsi, silahkan lihat dan coba sendiri menunya. Beberapa fungsi yang cukup bermanfaat misalkan “insert date time”, “convert text to Upper/lower case”  dan  “Delete blankline”
.

8. Compare


Fungsinya dari plugin Compare adalah membandingkan file yang sedang anda edit dengan isi file yang terakhir kali disimpan. Sehingga kita dapat melacak perubahan isi file yang diedit.

9. InsertLoremIpsum


Ketika anda sedang membuat desain web dengan CSS, anda butuh data text yang banyak.  Isi text sendiri tidak penting karena yang kita tekankan  format tampilannya. Gunakan Plugin ini untuk membuat “Lorem ipsum” text. Saya jamin para desainer web akan membutuhkan plugin ini.

10. Preview HTML


Plugin yang wajib ada untuk Anda sedang belajar HTML adalah preview HTML, plugin ini akan menampilkan secara langsung hasil dari kode yang Anda ketikan tanpa harus buka melalui browser.


Dengan bantuan plugin ini kita dapat melihat langsung hasil tampilan kode HTML tanpa harus melalui browser. Tentunya plugin ini sangat berguna bagi Anda yang sedang menuliskan kode HTML karena akan lebih mudah ketika ingin melihat hasil dari kode HTML yang dibuat.

11. TagsView


Ketika kode program sangat panjang, untuk mencari sebuah fungsi atau procedure (method), terkadang cukup merepotkan. Untuk mempermudah pencarian fungsi, TagsView akan sangat membantu, karena daftar fungsi akan ditampilkan di sidebar (kanan/kiri) Editor notepad, dan bisa langsung dipilih untuk menuju baris tersebut.

12. RegEx Helper


Regular Expression merupakan teknik mengolah text yang sangat bermanfaat dan memudahkan ketika ingin mencari text tertentu dengan aturan khusus. Untuk mengecek sebuah kode RegEex ini di Notepad++, RegEx Helper akan sangat membantu, karena kita bisa mencoba dan hasilnya akan ditampilkan di Editor dengan tampilan dan informasi yang membantu.

Plugin di Notepad++ jumlahnya sangat banyak dan pada artike ini hanya menjelasakan 12 Plugin yang wajib untuk meningkatkan kinerja Notepad ++ karena plugin-plugin ini sangat sering digunakan dan dibutuhkan di editor Notepad++. Jika dirasa membutuhkan plugin-plugin lainnya silahkan diinstall di Notepad++ anda plugiin yang dibutuhkan.
loading...




0 Response to "12 Plugin yang wajib untuk meningkatkan kinerja Notepad ++"